Salah satu skill yang harus lo miliki sebagai business owner yaitu leadership. Yup, lo mungkin punya beberapa karyawan yang membantu lo buat mengembangkan bisnis, sehingga lo butuh skill set yang menunjang posisi lo sebagai leader.
Nah, kalau lo mau jadi pemimpin yang baik, ada rahasia yang harus lo tau, Bro. Hal ini berkaitan sama cara untuk meningkatkan leadership kemampuan lo. Apa aja itu? Simak selengkapnya berikut ini, Superfriends.
Inisiatif buat Belajar Hal Baru
Kebanyakan bos biasanya cuma ngasih pekerjaan ke karyawannya. Daripada nyuruh-nyuruh doang, coba deh sesekali lo turun lapangan buat belajar langsung tentang job desk karyawan itu, Bro. Inisiatif buat belajar hal baru ini bisa bikin lo berkembang jadi pebisnis yang lebih baik sekaligus bisa lebih dekat sama karyawan.
Jadi Pendengar yang Baik
Kemampuan komunikasi harus banget lo kuasai kalau lo mau jadi pebisnis yang baik. Namun, komunikasi ini nggak sekadar bisa ngomong, tapi juga bisa mendengarkan dan memberi feedback yang baik. Yup, sebagai pemimpin, lo mungkin sering dapat keluhan dari karyawan tentang pekerjaan mereka. Daripada marah-marah, lebih baik lo dengerin dulu dan kasih solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan mereka.
Motivasi Karyawan agar Lebih Berkembang
Masih berkaitan sama kemampuan komunikasi, penting banget bagi lo buat memotivasi karyawan agar mereka bisa berkembang jadi sosok yang lebih baik. Nggak sekadar berkata-kata, ada beberapa hal yang harus lo perhatikan dalam memotivasi mereka, yaitu cari tau apa yang dibutuhkan dan diharapkan oleh karyawan, menciptakan lingkungan kerja yang positif, memberi apresiasi, dan melibatkan mereka dalam proyek yang bikin mereka bisa berkembang.
Tau Cara Mendelegasikan Pekerjaan
Sebagai leader, salah satu tugas lo yaitu mendelegasikan atau ngasih pekerjaan pada karyawan. Namun, bukan berarti lo bisa semena-mena ya, Superfriends. Lo harus tau gimana cara mendelegasikan pekerjaan dengan baik, sehingga karyawan pun merasa dihargai. Misalnya, beri kesempatan karyawan untuk mengerjakan tugas tersebut dengan caranya sendiri, jangan terlalu ikut campur sama pekerjaan mereka, dan hindari ngasih kerjaan di luar jam kerja.
Atasi Masalah dengan Bijak
Dalam bisnis, permasalahan mungkin udah jadi makanan sehari-hari. Yup, ada aja masalah yang muncul, baik itu dari internal maupun eksternal. Sebagai pemiliki sekaligus pemimpin dalam bisnis tersebut, penting bagi lo untuk bijak dalam mengatasi masalah tersebut, Superfriends. Lo harus berani tegas pada orang yang salah dan membela pihak korban. Jika masalah tersebut muncul dari pihak luar, ajak karyawan untuk cari solusi sama-sama agar mereka merasa dibutuhkan.
Itu tadi beberapa cara yang bisa lo lakukan buat meningkatkan leadership skills lo. Tulis di kolom komentar kalau lo punya tips lainnya ya, Superfriends. (arpd)
ARTICLE TERKINI
Source:Investopedia
Please choose one of our links :