Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

thumbnail

Author : Admin Adventure

Article Date : 11/09/2023

Article Category : News

Apa saja sih perlengkapan traveling yang penting untuk dibawa? Perlengkapan yang penting untuk dibawa bagi setiap orang saat bepergian tentu saja dapat berbeda-beda, menyesuaikan kebutuhan masing-masing. Namun, ada beberapa perlengkapan traveling dasar yang wajib untuk kamu persiapkan, loh.

Beberapa perlengkapan standar yang umum untuk dipersiapkan pastinya seperti tas, koper, atau ransel untuk membawa barang, pakaian, dan sebagainya. Nah, selain perlengkapan standar ini, masih ada beberapa perlengkapan traveling yang berguna dan wajib untuk kamu persiapkan. Apa saja? Simak pembahasannya.

1. Travel Bag Organizer

Jaga koper atau tas kamu tetap rapi selama perjalanan dengan menggunakan travel bag organizer. Saat ini sudah banyak yang menjual organizer untuk menyimpan baju, topi, tas, dan perlengkapan lainnya selama bepergian.

Organizer ini akan membantu kamu untuk menjaga semua barang tetap rapi di dalam tas, sehingga lebih mudah untuk ditemukan dan dipakai. Selain itu, menggunakan travel bag organizer juga akan membuat proses packing lebih mudah dan hemat tempat, loh. Kamu bisa menyimpan barang sesuai jenisnya dalam kantong-kantong khusus yang praktis.

2. Pakaian dan Perlengkapan Pribadi

Sesuaikan pakaian dengan iklim dan aktivitas yang akan kamu lakukan. Pilih pakaian yang nyaman dan sesuai dengan budaya lokal jika perlu. Pastikan kamu membawa jumlah pakaian sesuai dengan durasi liburan. Hindari membawa barang terlalu banyak atau terlalu sedikit agar tidak kerepotan nantinya.

Jangan lupa juga untuk membawa pakaian dalam, kaos kaki, atau hijab. Walaupun sebagian besar penginapan sudah dilengkapi dengan perlengkapan mandi, kamu juga perlu mempersiapkan peralatan mandi pribadi sebagai cadangan seperti sabun, sampo, sikat gigi, pasta gigi, sabun muka, dan handuk.

3. Alat Komunikasi dan Elektronik

Ponsel menjadi alat komunikasi utama saat bepergian. Pastikan kamu membawa charger ponsel dan adaptor listrik yang sesuai dengan negara tujuan. Jika kamu bepergian ke negara dengan sistem listrik yang berbeda, jangan lupa untuk membawa juga konverter listrik agar proses charging berbagai alat komunikasi lebih mudah dan lancar.

Pertimbangkan juga untuk membawa power bank saat liburan. Sebab, smartphone atau gadget lainnya pasti tidak memiliki kapasitas baterai yang besar. Power bank akan sangat membantu saat gadget kehabisan baterai. Pilih power bank dengan kapasitas besar dan memiliki bentuk atau dimensi yang ramping supaya tidak memakan banyak tempat.

4. Paspor dan Dokumen Penting

Paspor adalah dokumen paling penting saat kamu bepergian ke destinasi internasional. Pastikan paspor kamu masih berlaku minimal enam bulan setelah tanggal rencana kepulangan. Selain itu, bawa dokumen lain seperti visa jika diperlukan untuk masuk ke negara tujuan, tiket perjalanan (baik fisik maupun elektronik), dan kartu identitas yang diperlukan.

Simpan semua dokumen penting pada tas penyimpanan khusus agar lebih rapi dan tidak hilang. Dengan menggunakan tempat dokumen, kamu bisa mengambil dokumen yang dibutuhkan dengan lebih cepat saat dibutuhkan.

5. Uang dan Kartu Pembayaran

Image source: wikipedia

Bawa sejumlah uang tunai dalam mata uang lokal untuk keperluan darurat, seperti jika kamu tiba di tempat yang tidak memiliki mesin ATM atau tidak menerima kartu kredit. Namun, hindari membawa terlalu banyak uang tunai. Selain itu, bawa kartu kredit atau debit yang dapat digunakan di negara tujuan. Pastikan untuk memberitahu bank kamu tentang rencana perjalanan internasional agar kartu kamu tidak diblokir karena adanya aktivitas mencurigakan.

6. Peralatan Kesehatan dan Obat-obatan

Selain obat-obatan pribadi, bawa juga peralatan kesehatan dasar seperti plester, obat luka, antiseptik, dan obat pereda rasa sakit. Jika kamu memiliki kondisi medis tertentu, pastikan kamu membawa cukup stok obat yang dibutuhkan. Bawa resep dokter jika diperlukan, terutama untuk obat-obatan yang termasuk golongan tertentu.

7. Bantal Leher

Agar kamu bisa beristirahat dan tidur lebih nyaman selama di perjalanan, kamu bisa membawa travelling pillow atau bantal leher. Perlengkapan yang satu ini akan sangat membantu untuk tidur di pesawat, kereta, atau bis. Jenis bantal leher pun beragam, mulai dari bantal leher dua layer, bantal leher dengan penutup kepala, hingga inflatable yang hemat tempat. Harganya juga cukup terjangkau dan biasanya sudah satu paket dengan penutup mata dan telinga.

8. Gembok Tas atau Koper

Gembok atau kunci koper akan membantu melindungi barang-barang berharga dalam bagasi kamu. Fungsinya tentu saja untuk menjaga barang-barangmu lebih aman selama bepergian. Apalagi saat naik pesawat, kopermu akan diletakkan di bagasi yang jauh dari pengawasan. Untuk mengantisipasi orang jahil yang suka membuka koper, kamu perlu menggunakan gembok dan kunci.

9. Travel Adaptor

Bagi kamu yang akan bepergian ke luar negeri, travel adaptor jadi barang yang wajib untuk kamu bawa. Travel adaptor adalah perangkat yang digunakan untuk mengubah format colokan listrik dari satu jenis ke jenis lainnya. Hal ini diperlukan karena setiap negara memiliki standar colokan dan tegangan listrik yang berbeda-beda. Misalnya, colokan di Amerika Serikat memiliki format yang berbeda dengan colokan di Eropa atau Asia.

Travel adaptor biasanya memiliki beberapa jenis soket dan pegangan yang dapat disesuaikan agar sesuai dengan berbagai tipe colokan di berbagai negara. Beberapa model travel adaptor juga dilengkapi dengan fitur pengisian daya USB, yang memungkinkan kamu untuk mengisi daya perangkat menggunakan kabel USB tanpa perlu mengubah colokan.

10. Alat Sholat

Untuk yang beragama Islam, jangan lupa untuk membawa perlengkapan sholat sendiri. Saat ini sudah banyak dijual mukena, sajadah, atau sarung travel friendly yang berukuran mungil dan mudah untuk dimasukkan ke dalam tas.

Nah, setelah melihat daftar perlengkapan traveling di atas, kamu sudah siap nih untuk mulai packing. Selamat berlibur ya!

 

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Backpacker #Tips

Source:Superadventure

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Dari Cara Main Hingga Perlengkapan, Ini Yang Harus Kalian Ketahui Tentang Olahraga Kayak

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Mengenal Drift Diving, Sensasi Menyelam Mengikuti Arus Laut

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

5 Air Terjun di Jawa Timur yang Paling Indah dan Wajib Dikunjungi

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Kenalan dengan Hitchhiking, Cara Traveling Hemat Budget

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Sport Climbing, Jenis Panjat Tebing yang Bisa Dilakukan di Indoor dan Outdoor

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Backpacker Hemat Petualangan Seru dengan Budget Minim

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

9 hal yang perlu diperhatikan saat akan membeli sepatu hiking

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

6 Cara Ampuh Menghindari Mabuk Laut di Perjalanan, Traveler Wajib Tahu!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Berani Lihat Gunung Anak Krakatau dari Dekat? Ikuti Panduan Traveling Ini, Bro!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Trik Main Sepeda Gunung yang Seru dan Menantang

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /