Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi pull-up. Image: Mike González/Pexels

Author : Admin Adventure

Article Date : 28/02/2024

Article Category : News

Sebelum hiking, penting banget buat mempersiapkan tubuh agar kuat saat menanjak dan menuruni gunung. Salah satunya dengan olahraga. Namun, olahraga yang dilakukan juga nggak bisa sembarangan, Cuy. Lo bisa fokus pada latihan atau workout yang bertujuan untuk meningkatkan kekuatan.

 

Salah satu workout yang bisa lo lakukan sebelum mendaki yaitu latihan untuk meningkatkan mobilitas otot. Mobilitas berkaitan pada kemudahan pergerakan sendi untuk mengurangi risiko cedera atau kram. Latihan ini biasanya melibatkan gerakan tangan dan kaki, sehingga kekuatannya pun bisa meningkat dengan maksimal.

 

Ada beberapa gerakan workout yang bisa lo praktikkan di rumah untuk meningkatkan mobilitas otot. Apa aja itu? Simak selengkapnya berikut ini, Superfriends.

 

Angkat Barbel di Atas Kepala Sambil Squat

Overhead Kettlebell Holds with Squat Touch
Image: Men's Journal

Gerakan pertama, angkat barbel di tangan kanan dengan berat 2 – 3,5 kg ke atas kepala. Lakukan gerakan squat dengan tangan kiri mengulur ke depan untuk menjaga keseimbangan. Pastikan tangan yang memegang barbel tetap berada di atas selama squat. Lakukan gerakan ini 8 – 10 kali hitungan dengan tiga kali set. Setelah itu, gentian tangan sebaliknya.

 

Frontal Plane Scapular Raises

 

 

Frontal Plane Scapular Raises
Image: YouTube/Elite Physique Training

Berdirilah dengan kaki dibuka selebar bahu, lutut sedikit ditekuk, dan punggung tegak. Pegang barbel seberat 1 – 2 kg di masing-masing tangan. Luruskan tangan ke bawah, lalu rentangkan tangan lurus sebahu. Lakukan gerakan ini 8 – 10 kali hitungan dengan tiga kali set.

 

Active Bar Hang

 Image: Mike González/Pexels

Lakukan pull-up dengan kedua tangan lebih lebar dari bahu. Menggantunglah dengan posisi otot leher dan bahu rileks. Rasakan tulang rusuk dan tulang belakang lo melebar. Tahan beberapa saat selama tangan lo masih kuat sambil berhitung berapa detik lo bisa bertahan. Kalau udah nggak bisa tahan, hitungan detik itulah yang jadi batas minimal lo melakukan gerakan tersebut.

 

Selain menggantung tanpa bergerak, lo juga bisa melakukan beberapa gerakan sembari pull-up, seperti memutar tulang belakang atau putar pinggul ke kiri dan kanan. Lakukan gerakan tersebut sesuai dengan hitungan detik lo tadi.

 

Charleston

Charleston
Image: Backpacker

Ambil posisi berdiri. Maju selangkah dengan kaki kiri, lalu membungkuklah sambil menyentuh tanah sampai ke tanah. Saat kembali berdiri tegak, ayunkan kaki kanan ke depan setinggi pinggul sambil mencondongkan tubuh ke depan. Lalukan gerakan ini sebanyak 10 hitungan dengan tiga kali set. Setelah itu, gantian ke kaki dan tangan sisi lainnya.

 

Drinking Birds

Drinking birds
Image: Experience Life - LifeTime.Life

Berdirilah dengan kaki rapat. Tekuk pinggul, tapi pastikan tulang belakang dan kaki kanan lo tetap lurus. Angkat kaki kiri ke belakang hingga lurus. Untuk tangan, lo bisa letakkan di sisi tubuh, mengulurkannya ke depan, atau mengangkatnya untuk menjaga keseimbangan. Lakukan sebanyak 12 kali hitungan dengan tiga kali set, lalu gentian kaki sebaliknya.

 

Itu tadi beberapa gerakan yang bisa lo praktikkan untuk meningkatkan mobilitas otot. Selamat mencoba, Superfriends. (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Tips #Hiking #Beginner

Source:Backpacker

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Nikmati Malam dengan Stargazing, Aktivitas Memandangi Bintang di Langit

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Jangan Asal Pakai! Ini Perbedaan Matras Camping dan Yoga yang Wajib Lo Ketahui

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

One Day Trip di Bantul, Ini Itinerary yang Bisa Jadi Panduan Lo

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Jadi Kurang Semangat setelah Liburan? Mungkin Lo Mengalami Post-Vacation Blues!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Perbedaan Makanan Berkuah Santan Khas Nusantara: Gulai, Kari, Opor, dan Tongseng

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Cara Bersihkan Matras Camping dengan Tepat, Pendaki Wajib Tau!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Catat! Ini Tips Cegah Ngantuk saat Road Trip

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Deretan Ide Traveling Sambil Olahraga di Bali, Bisa Yoga hingga Surfing

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Rekomendasi Matras Camping yang Nyaman, Harga Mulai dari 40 Ribuan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Libur Panjang Lebaran, Ini Tips yang Wajib Lo Ikuti biar Tetap Sehat

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /