Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Jembatan Ampera. Image: senjakelabu29/Pixabay

Author : Admin Adventure

Article Date : 23/03/2024

Article Category : News

Palembang merupakan salah satu kota di Pulau Sumatra yang sering dikunjungi wisatawan. Selain terkenal dengan pempeknya, ibu kota Sumatra Selatan ini juga punya berbagai destinasi wisata yang seru buat lo explore.

 

Ada banyak aktivitas yang bisa lo lakukan di Palembang, seperti mencoba berbagai jenis pempek dengan rasa otentik, mengunjungi destinasi wisata budaya, dan bersantai sambil menikmati pemandangan Jembatan Ampera. Cuma dalam waktu 2 hari 1 malam aja, lo udah bisa merasakan pengalaman itu, Superfriends. Simak itinerary-nya berikut ini.

 

Hari Pertama di Palembang

1. Jakabaring Sport City

Jakabaring Sport City
Image: Google Maps/Dian Purnomo

Memulai hari pertama di Palembang, bolehlah tipis-tipis olahraga buat persiapan jalan-jalan lebih jauh. Nah, lo bisa mampir ke Jakabaring Sport City (JSC) yang pernah jadi venue SEA Games 2011 dan Asian Games 2018. Ada banyak venue cabang olahraga di kompleks JSC, seperti aquatic, atletik, panahan, softball, hingga venue dayung yang baru ditambahkan saat Asian Games.

 

Selain jadi tempat olahraga, JSC kini juga jadi tujuan wisata di Palembang, lho. Nggak sedikit wisatawan yang mampir ke sini buat olahraga atau melihat para atlet yang lagi latihan. Lo juga bisa main bowling di sini, Cuy.

 

2. Tuan Kentang

Tuan Kentang
Image: Instagram/@pariwisata.palembang

Sekitar 7 km dari JSC, ada Tuan Kentang ang merupakan kampung perajin kain tradisional di Palembang. Lo bisa melihat proses produksi berbagai jenis kain di sini, mulia dari kain songket, tajung, hingga jumputan. Semua kain tersebut diproses dengan alat tenun bukan mesin, lho. Hasilnya tampak cantik karena dibuat sama tangan manusia secara langsung. Kain-kain tersebut dijual di Griya Kain Tuan Kentang dengan harga mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

 

3. Makan Pempek di Pasar Ilir 16

Pempek Pasar Ilir 16 Palembang
Image: Google Maps/putri mulyasari

Udah jauh-jauh ke Palembang, nggak afdol rasanya kalau nggak makan pempek sepuasnya. Kalau lo mau makan pempek sembari menikmati vibes kedaerahan Palembang, lo bisa datang ke Pasar Ilir 16 yang nggak jauh dari Jembatan Ampera, Superfriends.

 

Ada banyak pedagang pempek yang duduk berjejer rapi dan menyajikan pempeknya langsung di hadapan pembeli, sehingga pembeli pun bisa ambil pempek sesuka hati. Jenis pempeknya pun beragam, mulai dari pempek adaan, pempek telur, pempek lenjer, pempek kapal selam, hingga pempek kulit. Harganya cuma Rp1.000 aja per bjinya, Cuy. Untuk sistem belinya, lo bisa ambil dulu yang lo mau, abis itu lo bilang ke pedagangnya tadi udah ambil berapa. Baru deh bayar sesuai jumlah yang lo ambil. Harus jujur, ya!

 

5. Menikmati Senja dan Makan Malam di Jembatan Ampera

Jembatan Ampera
Image: senjakelabu29/Pixabay

Setelah istirahat dan mandi di hotel, saatnya melanjutkan perjalanan lo lagi, Superfriends. Pada sore hari, paling enak menikmati senja di dekat Sungai Musi dan Jembatan Ampera. Sungai Musi merupakan sungai terpanjang di Sumatra dengan panjang mencapai 750 km. Lo bisa menyusuri sungai ini dengan naik waterbus atau ketek, semacam perahu tradisional.

 

Selanjutnya, lo bisa duduk-duduk di tepian sungai sembari menikmati panorama matahari tenggelam. Saat malam hari, ada banyak pedagang makanan di sekitar Sungai Musi dan Jembatan Ampera. Jadi, lo bisa sekalian makan malam, deh.

 

Hari Kedua di Palembang

1. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak
Image: Wikimedia Commons/fitri agung

Hari kedua di Palembang, destinasi wisata pertama yang bisa lo kunjungi yaitu Benteng Kuto Besak. Bangunan ini dulunya merupakan pusat pemerintahan Kesultanan Palembang pada abad ke-18. Dibangun pada tahun 1780, arsitektur Benteng Kuto Besak masih tampak terjaga. Benteng ini ada di sebelah tenggara Sungai Musi, tepatnya di Jalan Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Palembang.

 

2. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro
Image: Instagram/@luminorhotelpalembang

Sekitar 30 menit dari Benteng Kuto Besak, ada Pulau Kemaro yang sayang buat lo lewatkan, Superfriends. Pulau hasil endapan Sungai Musi ini terkenal dengan pagoda 9 lantai yang berdampingan dengan sebuah klenteng. Pagoda tersebut dibangun pada tahun 2006, sedangkan klenteng bernama Klenteng Hok Tjing Rio atau Klengteng Kuan Im udah ada sejak tahun 1962.

 

Untuk menuju pulau ini, lo harus naik perahu dari Dermaga Benteng Kuto Besak. Tarifnya berkisar antara Rp50 ribu – 150 ribu untuk pulang pergi.

 

3. Makan Siang di Rumah Makan Terapung

Ilustrasi pindang patin
Ilustrasi pindang patin. Image: YouTube/Ceceromed Kitchen

Setelah puas jalan-jalan, saatnya mengisi perut yang keroncongan dengan makan siang di rumah makan terapung. Sesuai namanya, rumah makan tersebut bentuknya seperti kapal dan mengapung di Sungai Musi. Ada beberapa pilihan rumah makan yang berjejer rapi di tepi sungai. Menu yang disediakan kebanyakan merupakan ikan hasil tangkapan dari sungai, Ada pindang patin, pindang gabus, ikan bakar, brengkes tempoyak patin, dan masih banyak lagi. Harganya mulai dari Rp20 ribu.

 

4. Belanja Oleh-oleh di Pempek Candy

Ilustrasi pempek
Ilustrasi pempek. Image: Faiz Dila/Pixabay

Untuk menutup perjalanan explore Palembang, lo bisa belanja pempek sebagai oleh-oleh. Salah satu pusat pempek yang bisa lo pilih yaitu Pempek Candy. Rumah makan dan toko oleh-oleh pempek ini udah cukup terkenal di kalangan wisatawan, jadi nggak perlu diragukan lagi kualitasnya. Ada berbagai paket oleh-oleh pempek dengan harga mulai dari Rp100 ribu.

 

Itu tadi itinerary Palembang 2 hari 1 malam yang bisa lo jadikan panduan. Selanjutnya, mau explore mana lagi nih, Superfriends? (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#itinerary #traveling #Destinasi Wisata

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

KOMPOSISI TIM YANG BISA IKUTAN ADVENTURE RACE!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Sweeper Si Penutup Barisan yang Punya Tanggung Jawab Besar

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Suka Naik Gunung Harus Tahu SIMAKSI!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Bikin Campervan Murah Sendiri? Bisa Kok!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mau Jadi Master Tahan Nafas Saat Diving? Ini Dia Tipsnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tetap Hangat dan Nyaman Saat Kehujanan di Gunung

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Arung Jeram: Petualangan Seru dengan Berbagai Tingkat Kesulitan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

GEAR YANG HARUS KALIAN SIAPKAN UNTUK ADVENTURE RACE!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Macam- Macam Tools Descending untuk Keamanan dan Kenyamanann

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

3 Tips Jitu untuk Menguasai Teknik Rappelling Dasar

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /