Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi digitalisasi UMKM. Image: Nataliya Vaitkevich/Pexels

Author : Admin Adventure

Article Date : 30/09/2023

Article Category : News

Zaman sekarang udah serba maju, Bro. Mau pesen makan, tinggal buka HP. Mau pesen hotel, tinggal buka HP. Mau pesen tiket pesawat atau kereta, tinggak buka HP. Mau pesen ojek pun sekarang juga tinggal buka HP. Simpel banget nggak sih?

 

Semua itu nggak lepas dari kemajuan teknologi digital masa kini. Hal itu bikin banyak perusahaan berlomba buat ningkatin pelayanan mereka dengan mengadaptasi teknologi tersebut. Sayangnya, penggunaan teknologi kerap dianggap sebagai privelese buat bisnis skala besar aja. Sementara itu, masih banyak pelaku bisnis menengah ke bawah atau UMKM yang kurang aware sama penggunaan teknologi. Mereka masih menjual produk secara konvensional, sehingga bisnis mereka pun stuck di situ-situ aja.

 

Kalau lo punya bisnis UMKM, udah saatnya lo melek digital, Bro. Nggak usah denial kalau teknologi tuh cuma buat bisnis besar aja. Kalau masih nggak percaya, simak nih alasan kenapa digitalisasi tuh penting buat bisnis lo berikut ini.

 

Alasan UMKM Harus Go Digital

Ilustrasi digitalisasi UMKM
 Image: Nataliya Vaitkevich/Pexels

Sejak pandemi COVID-19 melanda dunia, hampir semua orang udah terbiasa sama dunia digital. Soalnya, mayoritas aktivitas sehari-hari dilakuin secara online, termasuk belanja dan beli makanan. Nah, ini jadi tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis menengah ke bawah, terutama dari kalangan yang nggak terbiasa sama penggunaan gadget.

 

Tenang, nggak ada kata terlambat buat mulai digitalisasi, Superfriends. Lo bisa mulai manfaatin dunia digital buat ngembangin UMKM lo. Tujuannya buat memperluas jangkauan pelanggan dan ningkatin keuntungan. Sebagai gambarannya, berikut ini detail laporan dari Cisco tentang perubahan bisnis menengah ke bawah di dunia digital.

 

- 72 persen usaha kecil mempercepat digitalisasi sejak pandemi COVID-19 dan kebutuhan buat mengoperasikan tenaga kerja jarak jauh atau berinteraksi sama pelanggan dengan lebih baik.

- Cuma 24 persen usaha kecil yang berada pada tahap transformasi digital paling maju.

- Cuma 4 persen usaha kecil yang berada dalam tahap digital native.

- Sekitar 26 persen usaha kecil cuma ngelakui sedikit atau bahkan nggak melakukan digitalisasi sama sekali.

 

Dari data tersebut, kira-kira lo termasuk yang 72 persen UMKM yang mau beradaptasi di dunia digital atau justru termasuk dalam 26 persen yang nggak berusaha buat digitalisasi nih, Superfriends?

 

Manfaat Digitalisasi buat UMKM

Ilustrasi UMKM
Image: Norma Mortenson/Pexels

Dengan mendigitalisasi UMKM lo, misalnya bikin akun media sosial atau open order secara online, pelanggan jadi lebih banyak terlibat dalam pengembangan bisnis lo. Mereka bisa nulis review dan kritik yang tentunya bisa jadi bahan evaluasi buat bisnis lo ke depannya. Selain itu, digitalisasi bisnis bisa jadi cara buat mengoptimalkan layanan. Lo bisa menerima pesanan dari luar daerah, terima request dari pelanggan secara detail, dan memudahkan pelanggan buat membeli produk lo.

 

Nggak cuma ngasih keuntungan secara materi aja, digitalisasi juga bisa bikin skill lo meningkat, Bro. Lo jadi terdorong buat belajar tentang pembuatan konten media sosial, menjual produk lewat e-commerce, dan belajar cara menggunakan aplikasi atau tools buat menunjang penjualan. Lo pun lebih siap buat ngembangin UMKM lo biar bisa naik level. (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#UMKM #Bisnis Investasi #Marketing

Source:Aircall, Singtel

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Lagi Ngetren di Luar Negeri, Apa Itu Dupe Destination?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Cara Mencuci dan Menyimpan Hammock, Jangan Sampai Salah!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Resmi Jadi Warisan Budaya Tak Benda UNESCO, Ini Ragam Jamu yang Wajib Lo Tau!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Kapan Waktu yang Tepat buat Rebranding Produk Lo? Ini Jawabannya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Nggak Mau Ribet Bikin Itinerary Perjalanan? Pakai ChatGPT Aja, Superfriends!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mencicipi Nasi Kikil Favorit Gus Dur di Jombang, Legendaris Sejak Puluhan Tahun

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mau Rebranding Produk? Ini Hal yang Harus Lo Pahami, Superfriends

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Prediksi Tren Traveling 2024, Ada Wisata Konser Sampai Liburan Ala Film

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Vegan Nggak Harus Mahal, Ini ‘Salad’ ala Indonesia yang Enak dan Bikin Kenyang

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Pulang Camping, Bersihkan Kompor Portabel Lo Pakai Cara Ini

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /