Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi wedang uwuh. Image: Wikipedia

Author : Admin Adventure

Article Date : 05/12/2023

Article Category : News

Akhir-akhir ini, hujan mengguyur hampir seluruh kota di Indonesia. Awan mendung yang muncul dari pagi bikin sinar matahari terhalang dan suhu jadi lebih dingin. Alhasil, tubuh pun jadi gampang meriang dan nggak bisa beraktivitas normal, deh.

 

Kalau lagi musim hujan kayak sekarang ini, paling enak tuh nyeruput minuman tradisional khas Nusantara yang bisa biki badan hangat, Bro. Minuman tersebut juga terbuat dari rempah-rempah dan tanaman herbal, sehingga dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit.

 

Nggak cuma wedang jahe, masih banyak minuam tradisional Indonesia yang cocok banget diminum pada musim hujan. Apa aja itu? Yok, cari tau selengkapnya di sini, Superfriends.

 

Bir Pletok

Bir pletok
Image: Wikipedia

Buat lo yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, lo mungkin udah nggak asing sama minuman tradisional yang satu ini. Yup, apa lagi kalau bukan bir pletok. Minuman hangat khas Betawi ini terbuat dari jahe, cengkeh, biji pala, lada, kapulaga, sereh, kayu manis, daun pandan, daun jeruk, kayu secang, dan gula. Rasanya yang sedikit pedas dan aromanya yang kuat serta sedikit wangi bikin tubuh dan tenggorokan jadi hangat.

 

Bandrek

Bandrek
Image: Cookpad

Minuman ini jadi andalannya warga Sunda kalau lagi musim hujan nih, yaitu bandrek. Bahan-bahannya terdiri dari jahe merah, gula merah, sirih, kayu manis, cengkeh, sereh, dan daun pandan. Ada juga yang menambahkan daging kelapa dan susu kental manis biar rasanya makin mantap.

 

Bajigur

Bajigur
Image: Cookpad

Selain bandrek, minuman tradisional lain yang berasal dari Tanah Sunda yaitu bajigur. Sekilas, bandrek dan bajigur terlihat mirip karena sama-sama berwarna cokelat. Namun, kedua minuman tersebut punya perbedaan dari segi bahan. Bajigur terbuat dari gula aren, santan, sedikit jahe dan garam, serta daun pandan sebagai penambha aroma. Minuman ini biasanya dijual bersama berbagai jajanan hangat, seperti pisang rebus, kacang rebus, dan ubi rebus.

 

Wedang Kacang

Wedang kacang
Image: Cookpad

Nggak cuma kacang ijo aja yang bisa diolah jadi minuman hangat, ternyata kacang tanah juga bisa, lho. Di Magelang, Jawa Tengah, jenis kacang ini dibuat jadi wedang kacang. Kacang tanah yang udah dimasak sampai halus dicampur dengan ketan putih dan kuah santan yang manis. Perpaduan tekstur kacang dan ketan yang lembut serta aroma daun pandan dari kuahnya bikin lo makin ketagihan sama minuman ini, deh.

 

Wedang Uwuh

Wedang uwuh
Image: Wikipedia

Wedang uwuh ini kerap disebut dengan nama ‘wedang sampah’. Soalnya, ampas dari bahan rempah dan herbalnya dibiarkan tetep ada di dalam gelas, sehingga bikin isi minumannya jadi penuh kayak sampah. Walaupun sebutannya kurang bagus, wedang uwuh ini terbuat dari berbagai bahan yang berkhasiat buat tubuh lho, seperti jahe, cengkeh, kayu manis, biji pala, sereh, daun jeruk, gula batu, dan masih banyak lagi. Perpaduan rasa manis dan pedasnya bikin tubuh makin hangat dalam sekali seruputan.

 

Teh Talua

Teh talua
Image: Wikipedia

Teh talua atau teh telur merupakan minuman hangat khas Sumatera Barat yang terbuat dari teh dengan campuran gula, kuning telur ayam kampung, dan perasan jeruk nipis. Nggak cuma bisa menghangatkan tubuh, minuman ini juga dikonsumsi sebagai penambah stamina, lho. Selain itu, kuning telur yang dalam teh talua mengandung vitamin A, D, E, dan K yang baik untuk kesehatan.

 

Itu tadi beberapa minuman tradisional khas Indonesia yang cocok diminum pas musim hujan. Favorit lo yang mana nih, Superfriends? (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Kuliner #fakta unik #fact

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

10 Kegiatan Outdoor Seru dan Menantang, Cocok untuk Akhir Pekan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Newbie Wajib Tau! Ini Tips Wild Camping yang Wajib Lo Ikuti

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mengenal Trail Running, Peralatan & Rekomendasi Tempatnya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Rafting Ubud: Daya Tarik, Rekomendasi Tempat & Fasilitasnya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mengenal Trekking dan Rekomendasi Tempat Terbaiknya di Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Ragam Kuliner Khas Samarinda, Ada Pepes Kepiting Hingga Aneka Kudapan Manis

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Rekomendasi Trekking Pole yang Kokoh dan Tahan Lama, Harga Bersahabat!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Bukan Body Shaming, Ini Alasan Maskapai Penerbangan Timbang Berat Badan Penumpang

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Anti Cemas-cemas Club! Ini Tips Lawan Rasa Takut saat Solo Backpacking

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Serunya Wild Camping, Bertahan Hidup di Tengah Alam Liar yang Menantang

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /