Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi wisata pegunungan. Image: Pixabay

Author : Admin Adventure

Article Date : 10/02/2024

Article Category : News

Pariwisata merupakan industri yang cukup “seksi” di bidang perekonomian. Walaupun bukan kebutuhan primer, aktivitas ini sering jadi prioritas orang sebagai self-reward atas pencapaiannya. Di sisi lain, hal tersebut juga memberikan dampak positif pada perekonomian negara melalui pemasukan dan pajak pariwisata.

 

Jangan cuma jalan-jalan aja, Cuy. Lo juga harus tau jenis-jenis wisata menurut Organisasi Pariwisata PBB atau UN WTO. Terdapat tiga kelompok besar pariwisata di dunia, yaitu domestik, inbound, dan outbound. Ketiganya lalu terbagi lagi menjadi delapan jenis. Apa aja itu? Simak selengkapnya di sini, Superfriends.

 

Wisata Bisnis

Ilustrasi wisata bisnis
Image: andrea piacquadio/Pexels

Kerap dianggap sebagai aktivitas profesional, ternyata perjalanan bisnis juga termasuk jenis pariwisata, lho. Perjalanan tersebut biasanya dilakukan untuk ketemu klien atau mitra bisnis, menghadiri acara yang berkaitan sama bisnis, dan kunjungan ke perusahaan lain. Setelah semua urusan pekerjaan selesai, biasanya para pebisnis tersebut akan memperpanjang perjalanannya buat jalan-jalan di kota atau negara yang mereka kunjungi.

 

Wisata Rekreasi

Jenis wisata yang satu ini cukup diketahui banyak orang karena sering dilakukan. Secara sederhana, aktivitas ini diartikan sebagai wisata yang dilakukan saat waktu luang dengan tujuan untuk bersantai atau bersenang-senang. Wisata rekreasi terbagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu wisata petualangan, ekowisata, wisata budaya, wisata perkotaan, dan masih banyak lagi.

 

Wisata Belanja

Ilustrasi wisata belanja
Image: bdcbethebest/Pixabay

Siapa bilang belanja cuma menghabiskan duit? Buat sebagian orang, belanja juga merupakan bentuk traveling, lho. Nggak cuma di kalangan wanita, wisata belanja juga sering dilakukan sama para pria. Mereka biasanya traveling ke kota atau negara tertentu buat beli barang yang bisa dikoleksi, seperti jam tangan, sepatu, jaket, dan lain sebagainya.

 

Wisata Budaya

Jenis wisata yang satu ini cukup umum dilakukan di Indonesia. Yup, apa lagi kalau bukan wisata budaya. Hampir setiap daerah punya kebudayaan khas yang jadi daya tarik pariwisata. Bali salah satunya. Selain punya pantai yang keren dan tempat hiburan yang beragam, Pulau Dewata juga menawarkan destinasi wisata yang berkaitan sama budayanya, seperti Pura Tanah Lot, Desa Panglipuran, Tari Kecak Garuda Wisnu Kencana, dan lain sebagainya.

 

Wisata Pedesaan

Ilustrasi wisata pedesaan
Image: Pixabay

Selain wisata budaya, Indonesia juga mengembangkan wisata pedesaan sebagai keunggulannya. Jenis wisata ini menawarkan pengalaman traveling ke tempat yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan. Nggak sekadar traveling, wisatawan juga diajak untuk mencoba gaya hidup dan aktivitas yang sering dilakukan warga desa. Pengalaman tersebut bisa lo rasakan dengan berkunjung ke desa wisata yang ada di berbagai daerah di Indonesia.

 

Wisata Olahraga

Buat lo yang ngaku sporty, kurang lengkap kalau belum coba wisata olahraga. Jenis pariwisata ini menawarkan pengalaman mencoba berbagai aktivitas outdoor yang melibatkan gerak fisik, seperti arung jeram, surfing, diving, dan lain sebagainya. Selain itu, perjalanan untuk nonton acara olahraga besar juga termasuk wisata olahraga, seperti Olimpiade dan Piala Dunia.

 

Wisata Pegunungan

Ilustrasi wisata pegunungan
Image: Pixabay

Nggak sekadar mendaki, ada banyak aktivitas seru lain yang bisa lo lakukan di gunung atau dataran tinggi, seperti camping, main sepeda gunung, main motocross, hingga rock climbing. Nah, aktivitas tersebut termasuk dalam kelompok wisata pegunungan, Superfriends. Hampir semua aktivitas seru bisa lo lakukan di gunung Indonesia, kecuali ski salju yang cuma aja di daerah bersalju.

 

Wisata Perkotaan

Wisata perkotaan bisa dibilang sebagai jenis wisata yang cukup kekinian, Cuy. Dalam jenis wisata ini, lo bisa mengunjungi berbagai tempat keren di area urban, seperti taman, galeri, museum, kafe, hingga landmark yang ada di kota tersebut. Selain itu, wisata perkotaan juga termasuk jenis wisata yang bisa dilakukan siapa, mulai dari backpacker yang low budget sampai turis mode hedon.

 

Itu tadi jenis wisata menurut Organisasi Pariwisata Dunia. Mana nih yang lo banget, Superfriends? (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#traveling #Destinasi Wisata #urban traveling

Source:Travel Perk

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Soto Kudus, Soto Unik Menggunakan Daging Kerbau

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

VIRALNYA SEPATU SALOMON ANAK SKENA!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

SURFING AMAN, PENTING UNTUK BISA BERENANG!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

YANG SUKA ADVENTURE DI ALAM TERBUKA DAN DAERAH PELOSOK SEKARANG SUDAH BISA INTERNETAN!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

PENTING KENALI MASALAH KEAMANAN SAAT MENYELAM!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Kisah Pendakian Pertama ke Everest Yang Melegenda!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Suku Bajo, Aquaman dari Indonesia!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Suka tantangan? Inilah 5 Spot Paralayang Terbaik di Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Menyelami Kesenian Suku Osing: Kearifan Lokal Banyuwangi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

RAHASIA SUKU SHERPA BISA KUAT MENGHADAPI CUACA EKSTREM!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /