Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi rendang. Image: Wikipedia

Author : Admin Adventure

Article Date : 04/11/2023

Article Category : News

Ada banyak makanan Indonesia yang dipengaruhi budaya asing, salah satunya dari India. Yup, pada zaman dulu, pegadang India banyak yang datang ke Nusantara buat berdagang dan menyebarkan agama.

 

Selain itu, mereka juga mengenalkan rempah-rempah khas tanah India, seperti bawang bakung, ketumbar, jintan, dan jahe. Bahan-bahan itu pun digunakan penduduk Nusantara buat memasak dan bikin makanan yang terinspirasi dari kuliner India. Makanan tersebut akhirnya terkenal sampai saat ini. Bahkan, beberapa di antaranya ada yang jadi kuliner khas daerah, lho. Apa aja itu? Simak selengkapnya berikut ini, Superfriends.

 

Rendang

Ilustrasi rendang
Image: Wikipedia

Kalau makan di rumah makan Padang, rasanya kurang lengkap kalau nggak ambil lauk yang satu ini. Yup, apa lagi kalau bukan rendang. Siapa sangka, kuliner khas Sumatera Barat ini ternyata dipengaruhi oleh budaya India karena pakai jintan dan ketumbar sebagai bumbunya. Pada masa lalu, Sumatera juga sering disinggahi pedagang rempah-rempah dari India dan Gujarat. Nggak heran kalau kuliner Sumatera tuh selalu kaya akan rempahnya.

 

Gulai

Selain rendang, lauk lain yang jadi favorit di rumah makan padang yaitu gulai. Makanan berkuah kental ini juga mendapat pengaruh dari kuliner India, lho. Kuah gulai terinspirasi dari kuah kari khas India yang pekat dan berempah. Tambahan santan pada proses pembuatannya bikin rasa gulai makin gurih. Selain pakai daging sapi atau ayam seperti kari India, gulai di Indonesia juga punya isian yang beragam, seperti kikil, jeroan sapi, sampai kepala ikan.

 

Nasi Megono

Ilustrasi nasi megono
Image: Wikipedia

Nasi megono merupakan kuliner yang cukup terkenal di beberapa daerah di Jawa Tengah, seperti Pekalongan, Batang, dan Pemalang. Makanan ini terdiri dari urap nangka muda yang dicacah dan dimasak bersama parutan kelapa dan disajikan bareng tempe mendoan sebagai lauk pelengkapnya. Sebenarnya, ada beberapa versi tentang asal-usul nasi megono. Salah satunya dugaan kalau makanan ini berasal dari Kesultanan Mughal di India yang dibawa ke Indonesia.

 

Soto Betawi

Salah satu jenis soto yang populer di Indonesia yaitu soto Betawi. Usut punya usut, makanan khas Jakarta ini juga dipengaruhi oleh budaya India, lho. Hal itu bisa dilihat dari penggunaan ghee dalam proses pembuatannya. Ghee merupakan jenis mentega dari India yang sering dipakai pada masakah khas Asia Selatan. Kalau di Indonesia, ghee sering juga disebut dengan minyak samin. Bahan ini bikin soto Betawi jadi lebih gurih dan wangi.

 

 

Martabak Telur

Makanan yang satu ini sih pasti lo udah nggak asing lagi, Superfriends. Tidak lain dan tidak bukan yaitu martabak telur. Nama ‘martabak’ berasal dari kata ‘maharaj-ba’ yang berarti kue maharaja. Konon katanya, makanan ini dibawa oleh pemuda Jawa yang menikahi wanita India. Saat kembali ke kampung halamannya, pemuda tersebut pun memperkenalkan martabak telur ke masyarakat. Ia juga menyesuaikan resepnya dengan lidah orang Jawa, seperti ditambah daun bawang dan lain sebagainya. Sejak saat itu, martabak telur pun mulai menyebar ke berbagai daerah.

 

Itu tadi beberapa makanan Indonesia yang dipengaruhi budaya India. Mana yang jadi favorit lo, Superfriends? (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Kuliner #fakta unik #fact

Source:kumparan, Pergi Kuliner

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

GLAMPING BISA MENJADI ALTERNATIF ESCAPE, INI REKOMENDASINYA!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Surga Surfing di Kepulauan Mentawai, Patut Dicoba!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Keindahan Bawah Laut indonesia, Keajaiban Yang Wajib Kalian Jelajahi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mengenal Komunitas SIKSOROGO, Apa Itu?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Masih Asing Dengan Rock Climbing? Ini Sejarahnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Gak Perlu Jauh-Jauh! Ini 5 Wisata Perbatasan Indonesia dan Malaysia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

7 Alat Navigasi Penting yang Wajib Lo Bawa Saat Hiking

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

7 Teknik Mendayung saat Rafting, Hadapi Arus Gak Pake Panik!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

MITOS MEMANCING DI RANU KUMBOLO, APAKAH BENAR?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

FLANEL, DARI STELAN MENDAKI MENJADI FASHION SEHARI-HARI!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /