Kemajuan teknologi bisa ngasih dampak positif buat dunia bisnis. Nggak cuma di toko offline, sekarang lo bisa menjual produk lo ke luar kota sampai luar negeri cuma pakai bantuan e-commerce aja.
Yup, platform yang satu ini emang ngabantu bisnis banget, Bro. Menurut laporan e-Conomy SEA 2023, nilai transaksi bruto atau gross merchandise value (GMV) e-commerce di Indonesia tahun ini mencapai US$63 miliar. Jumlah tersebut diproyeksikan terus meningkat menjadi US$160 miliar pada tahun 2030, lho. Angka tersebut bisa jadi bukti kalau e-commerce bisa jadi tempat potensial buat meningkatkan penjualan. Bahkan, nggak sedikit pengusaha yang memilih menjual produknya full secara online tanpa membuat offline store buat menghemat pengeluaran.
Nah, kalau lo baru pertama kali terjun di dunia e-commerce, coba deh ikuti beberapa cara ini buat meningkatkan penjualan produk lo, Superfriends.
Pamerin Produk Terlaris Lo di Halaman Depan
Halaman depan akun e-commerce merupakan “wajah” dari bisnis lo. Kalau yang lo tampilkan produk yang biasa-biasa aja, bukan nggak mungkin calon pembeli bakal klik back dan mengurungkan niatnya buat lihat-lihat isi toko lo. Sebaliknya, foto produk best seller bisa jadi “senjata utama” buat menarik perhatian mereka, Bro. Calon pembeli bakal tertarik buat ngeklik produk tersebut dan baca deskripsi serta testimoni dari pembeli lainnya. Setelah itu, mereka pun bakal masukin produk tersebut ke keranjang atau bahkan langsung melakukan pembelian.
Tampilkan Testimoni
Selain foto produk best seller, tampilan halaman depan akun jualan lo bisa diisi juga dengan screenshot testimoni pelanggan. Review positif dari pelanggan lainnya secara nggak langsung bisa mempengaruhi seseorang buat melakukan pembelian, lho. Selain itu, ulasan tersebut juga bisa jadi bukti kalau bisnis dan produk lo udah diakusi secara sosial, jadi calon pelanggan pun nggak perlu ragu buat membeli produk di toko lo.
Kasih Gratis Ongkir dan Promo Lainnya
Udah bukan rahasia kalau kalau konsumen tuh paling doyan sama yang namanya promo, salah satunya gratis ongkos kirim atau ongkir. Menurut laporan dari Consumer Trends Report pada tahun 2022, sebanyak 66 persen konsumen pengin produk yang ia beli dikirim secara gratis. Selain gratis ongkir, lo juga bisa kasih promo lainnya yang menarik minat pelanggan, seperti cashback, diskon, hingga jaminan uang kembali kalau produk yang dibeli mengalami kerusakan selama pengiriman.
Jual Produk Limited Edition atau Special Edition
Menjual produk limited edition atau special edition bisa jadi trik buat meningkatkan penjualan di e-commerce lo, Superfriends. Apalagi, saat ini banyak orang yang FOMO alias fear of missing out yang nggak mau ketinggalan hal-hal baru, termasuk dalam hal berjalan. Trik ini bisa lo terapkan di fitur live streaming yang tersedia di beberapa platform e-commerce. Siapa yang paling cepet check out via live streaming, dia yang menang. Jumlah penonton live streaming lo bakal meningkat karena mereka nggak mau kehabisan produk lo yang spesial itu.
Imbangi dengan Social Media Marketing
Inget, Superfriends. E-commerce bukan satu-satunya platform yang bisa lo manfaatkan buat meningkatkan penjualan, ya. Lo juga harus mengimbanginya dengan menyusun strategi social media marketing yang tepat. Tujuannya agar audiens lo di media sosial terpancing buat membuka dan melakukan pembelian di akun e-commerce lo. Media sosial ini juga bisa jadi ruang buat meningkatkan awareness kalau lo lagi mengadakan promosi tertentu di e-commerce, sehingga jumlah kunjungan ke e-commerce lo pun bisa meroket.
Itu tadi beberapa tips yang bisa lo terapkan untuk meningkatkan penjualan di e-commerce. Kalai lo punya cara lain, share di kolom komentar yok, Superfriends. (arpd)
PERSONAL ARTICLE





ARTICLE TERKINI
Source:Upwork
Please choose one of our links :