Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi lintah. Image: Theresa McGee/Pixabay

Author : Admin Adventure

Article Date : 06/08/2023

Article Category : News

Beraktivitas di alam bebas umumnya nggak jauh sama berbagai gangguan yang mungkin nggak muncul di kehidupan. Misalnya aja pas lagi di gunung, lo bisa ketemu sama hewan yang bisa ganggu aktivitas hiking atau camping lo Walaupun nggak mengancam nyawa, kehadiran hewan tersebut bisa bikin lo nggak nyaman selama berada di gunung.

 

Terus, gimana sih cara mengusir hewan-hewan tersebut? Simak nih cara mengusir hewan pengganggu di gunung berikut ini.

 

Ular

Ilustrasi ular
Image: Rey Movida/Pixabay

Salah satu hewan yang sering banget ditemui sama pendaki adalah ular, mulai dari yang kecil hingga yang berukuran besar. Sebenernya, ular itu nggak bakal ganggu lo kalau mereka nggak merasa terancam, Superfriends. Namun, kalau lo camping di gunung, lo bisa semprotin parfum ke tenda karena ular nggak suka sama sesuatu yang beraroma kuat dan menyengat.

 

Oh iya, anggapan kalau garam bisa ngusir ular itu mitos ya, Bro. Soalnya, ular punya kulit yang dilindungi sama sisik, sehingga garam nggak bakal ngaruh ke kulitnya.

 

Babi Hutan

Beberapa gunung di Indonesia jadi habitat babi hutan, misalnya Gunung Cikuray dan Gunung Ciremai di Jawa Barat. Nah, buat mencegah gangguan dari babi hutan saat lo mendaki di gunung tersebut, pastiin lo menyimpan bekal makanan dengan baik Selain itu, jangan buang sisa makanan sembarangan, terutama di area sekitar tempat lo camping. Soalnya, babi hutan punya penciuman yang tajam. Mereka bisa aja nyamperin lo karena aroma makanan itu, Bro.

 

Lintah

Ilustrasi lintah
Image: Theresa McGee/Pixabay

Hewan yang satu ini bisa dibilang kecil-kecil cabe rawit. Gimana nggak, mereka bisa menghisap darah lo dalam satu gigitan aja, Bro. Yup, apa lagi kalau bukan lintah. Hewan kecil ini emang suka tinggal di daerah lembap, salah satunya di gunung.

 

Kalau lo ketemu atau nggak sengaja digigit sama lintah, jangan langsung dicabut karena itu bakal bikin darah lo mengucur. Sebaiknya, siram lintah yang lagi gigit itu dengan air garam atau minyak kayu putih biar dia lepas dengan sendirnya. Lo juga bisa siram lintah tersebut dengan campuran air dan puntung rokok yang masih ada apinya.

 

Nyamuk

Nggak cuma di rumah aja, nyamuk pun bisa jadi musuh pas lo lagi hiking atau camping di gunung, Bro. Biar nggak digigit nyamuk, lo bisa bawa krim anti nyamuk saat di gunung. Selain itu, pastiin tenda tertutup rapat pada malam hari biar nyamuk nggak masuk, ya.

 

Lebah

Satu lagi hewan yang bisa mengganggu pendaki yaitu lebah. Sebenernya, serangga kecil ini tuh nggak bakal ganggu lo kalau lo nggak ganggu dia juga, Bro. Namun, terkadang lebah juga suka terbang ngikutin orang yang punya aroma kuat, entah dari parfum maupun makanan. Untuk itu, sebaiknya jangan pakai parfum kebanyakan kalau naik gunung. Selain itu, kalau lo bawa bekal makanan yang beraroma manis, simpan di wadah tertutup biar aromanya nggak memancing lebah buat datang.

 

Itu tadi beberapa cara yang bisa lo lakuin buat ngusir hewan pengganggu di gunung. Kalau lo punya cara lain, share di kolom komentar, ya! (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Hiking #Tips

Source:Girinesia

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

GLAMPING BISA MENJADI ALTERNATIF ESCAPE, INI REKOMENDASINYA!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Surga Surfing di Kepulauan Mentawai, Patut Dicoba!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Keindahan Bawah Laut indonesia, Keajaiban Yang Wajib Kalian Jelajahi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mengenal Komunitas SIKSOROGO, Apa Itu?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Masih Asing Dengan Rock Climbing? Ini Sejarahnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Gak Perlu Jauh-Jauh! Ini 5 Wisata Perbatasan Indonesia dan Malaysia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

7 Alat Navigasi Penting yang Wajib Lo Bawa Saat Hiking

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

7 Teknik Mendayung saat Rafting, Hadapi Arus Gak Pake Panik!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

MITOS MEMANCING DI RANU KUMBOLO, APAKAH BENAR?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

FLANEL, DARI STELAN MENDAKI MENJADI FASHION SEHARI-HARI!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /