Di era media sosial ini, KOL marketing jadi salah satu strategi pemasaran yang sering digunakan oleh bisnis atau perusahaan. Strategi ini merupakan format kolaborasi dengan influencer di bidang spesifik yang punya pengetahuan di bidang tersebut buat membantu lo ngepromosiin produk dengan imbalan uang, sampel produk, dan kompensasi lainnya.
Nah, kalau lo tertarik mengaplikasi KOL marketing di bisnis lo, simak nih cara menjalankan campaign-nya berikut ini, Superfriends.
Tentukan Tujuan
Kayak strategi pemasaran pada umumnya, lo harus nentuin tujuan buat menjalankan campaign pada KOL marketing, Bro. Beberapa tujuan yang ingin dicapai sama perusahaan atau brand yang pakai strategi ini yaitu pengin ningkatin brand awareness, ningkatin penjualan, dan mengarahkan audiens buat masuk ke website, media sosial, atau akun e-commerce brand tersebut. Kalau lo sendiri, kira-kira tujuan apa yang pengin lo capai?
Pilih Platform Media Sosial yang Tepat
KOL marketing tuh identik sama media sosial. Jadi, penting banget buat nentuin platform media sosial yang tepat sesuai sama tujuan dan format konten yang pengin dibuat. Beberapa platform yang sering dipakai buat media KOL marketing yaitu Instagram, TikTok, dan YouTube. Ketiga platform tersebut cocok buat lo yang pengin bikin konten video, kayak review produk, tutorial cara pemakaian, dan lain sebagainya.
Pilih KOL yang Relevan
Kalau mau menerapkan KOL marketing, jangan sampai lo salah pilih influencer yang mau lo ajak kerja sama, ya. Perlu dipahami kalau semua KOL merupakan influencer, tapi nggak semua influencer merupakan KOL. Soalnya, KOL harus punya pengetahuan atau pemahaman mendalan tentang industri yang spesifik. Bukan sekadar promosiin produknya aja, mereka harus bisa jelasin kelebihan dan kekurangan dari produk buat ningkatin kepercayaan konsumen pada brand lo.
Tentukan Format Kolaborasi yang Tepat
Ada enam cara yang bisa lo pakai salah satunya buat berkolaborasi bareng KOL, yaitu iklan, undangan ke acara launching produk, konten media sosial, review produk, dan brand mention. Bentuk kolaborasi tersebut harus lo sesuaiin sama tujuan yang mau lo capai dan format konten yang mau dibuat.
Ukur Keberhasilannya Campaign-nya
Setelah campaign di-publish di media sosial, hal penting yang harus lo lakuin yaitu mengukur performa atau keberhasilannya. Beberapa metrik standar yang harus lo perhatiin yaitu peningkatan jumlah followers, jangkauan postingan yang dipromosikan, jumlah klik, dan traffic dari KOL. Kalau performanya positif, lo mungkin bisa mempertimbangkan buat kolaborasi barenga KOL tersebut dalam jangka panjang atau bahkan jadiin dia sebagai brand ambassador lo.
Itu tadi beberapa cara buat menjalankan campaign pada KOL marketing. Tertarik sama strategi pemasaran yang satu ini, Superfriends? (arpd)
ARTICLE TERKINI
Source:Digital Marketers World
0 Comments
Daftar dan Dapatkan Point Reward dari Superlive
Please choose one of our links :