Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi presentasi pitch deck. Image: Diva Plavalaguna/Pexels

Author : Admin Adventure

Article Date : 05/07/2023

Article Category : News

Salah satu cara biar bisa dapetin dana dari investor adalah dengan ngelakuin presentasi pitch deck. Dikutip dari Forbes, pitch deck adalah presentasi yang dilakukan pengusaha saat mencari pendanaan dari investor.

Pitch deck umumnya terdiri dari 19 slide yang berisi beberapa topik penting biar presentasi lo terlihat lengkap dan menarik di mata investor. Apa saja itu?

1. Latar Belakang Masalah

Ilustrasi bikin pitch deck
Image:Pixabay

Bisnis biasanya dibangun dari keresahan pemiliknya atau masalah yang berada di sekitarnya. Dari masalah itulah, muncul peluang buat menyelesaikannya lewat sebuah usaha. Sebaiknya lo fokus di satu masalah aja agar arah langkah bisnis lo jelas. Kalau masalah ini berhasil bikin investor tertarik, ada kemungkinan sekitar 20 persen buat dapetin pendanaan. Wah, baru slide 1 aja udah berhasil nih, Bro!

2. Solusi

Setiap ada masalah pasti ada solusinya. Nah, setelah tadi lo jelasin tentang latar belakang masalah bisnis lo, saatnya lo bikin solusi dari permasalahan tersebut. Namun, perlu dicatat bahwa solusi tersebut harus ringkas dan jelas. Jangan bikin solusi yang bertele-tele karena bakal bikin bisnis lo terkesan nggak fokus nyelesaiin masalah tersebut.

3. Pasar

Ilustrasi bisnis
Image: Pixabay

Setelah bikin solusi dari latar belakang masalah, saatnya lo jelasin peluang pasar dari bisnis lo. Makin besar pasar dari produk lo, makin besar juga kemungkinan pendanaan yang lo dapatkan dari investor. Tunjukkan pula grafik tentang pertumbuhan pasar tersebut dari waktu ke waktu biar investor makin yakin buat ngasih suntikan dana pada bisnis lo.

4. Produk

Nah, di bagian ini, saatnya lo pamerin produk lo, baik itu barang maupun jasa. Jelasin juga setiap detail dari produk tersebut, mulai dari keunggulan hingga kekurangannya yang bisa dikembangin lagi. Lo juga bisa jelasin berapa jumlah produk yang berhasil lo jual dan gimana testimoni pelanggan terkait produk tersebut.

5. Traksi

Ilustrasi pitch deck
Image: StartupStockPhotos/Pixabay

Traksi itu maksudnya pertumbuhan bisnis dari bulan ke bulan, misalnya dari segi pendapatan, penjualan produk, dan lain sebagainya. Kalau bisnis mengalami pertumbuhan yang cukup stabil tiap bulannya, nggak nutup kemungkinan investor bakal tertarik buat ngedanai bisnis lo.

6. Tim

Setelah pamer produk dan tren kenaikan dari bisnis lo, di bagian ini saatnya lo ngenalin tim di balik layar yang berhasil ngembangin usaha tersebut. Kalau tim lo besar, cukup kenalin leader dari setiap divisi yang ada. Jelasin apa job desk dari masing-masing divisi dan seperti apa kontribusi mereka untuk kemajuan bisnis.

7. Persaingan

Ilustrasi bisnis
Image: PIxabay

Persaingan di dunia bisnis merupakan hal yang wajar, Superfriends. Nah, dalam pitch deck, nggak masalah kalau lo mau nyebutin perusahaan atau bisnis lain yang jadi saingan lo. Jelasin perbandingan antara bisnis lo dan bisnis mereka, mulai dari kelebihan, kekurangan, hingga perkembangan dari waktu ke waktu. Meski begitu, hindari ngejelek-jelekin bisnis lawan karena itu bisa bikin investor jadi ilfil sama lo, Bro.

8. Keuangan

Di bagian ini, jelasin tentang proyeksi keuangan dari bisnis lo di masa depan, misalnya tiga atau lima tahun. Paparkan tentang berapa modal yang lo butuhin dan berapa keuntungan yang mungkin akan didapat. Jangan ngelebih-lebihin angkanya karena hal itu justru bisa bikin investor ragu sama bisnis lo.

9. Ekspektasi Dana yang Ingin Didapatkan

Nah, di bagian akhir ini, saatnya lo jelasin berapa ekspektasi dana yang pengin lo dapetin buat bisnis lo. Perlu diperhatiin bahwa sebaiknya lo memberikan angka dalam jumlah range, bukan angka fix. Misalnya, kalau lo pengin dapat dana Rp 500 juta, lo bisa tulis ekspektasi di angka Rp 300 – 500 juta.

Soalnya, investor biasanya udah punya batasan berapa banyak modal yang bisa diberikan pada sebuah bisnis. Kalau lo langsung ngasih angka fix, ada kemungkin investor bakal kabur karena merasa angkanya kurang cocok sama budget-nya.

Nah, itu tadi cara bikin pitch deck yang baik berdasarkan isi presentasinya. Kalau lo pengin nguji apakah pitch deck lo udah bener atau belum, lo bisa nih coba daftar Superadventure Superpreneur 2023. Di kompetisi bisnis ini, nakal ada sesi pitching di depan juri untuk proses seleksi di tingkat regional dan nasional. Nggak sekadar nguji seberapa baik pitch deck lo, lo juga punya peluang untuk dapat relasi baru dan dapat hadiah jutaan rupiah kalau lolos ke 10 besar nasional.

Buruan daftar di superpreneur.superlive.id ya, Superfriends! (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Entrepreneurship #Bisnis Investasi #Tips

Source:Forbes

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Gear Esensial Sepeda Roadbike Yang Wajib Lo Punya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tempat Wisata Non Mainstream Di Jogja, Pernah Coba?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Pengen Mencoba Backpacking Sendirian, Ini Yang Wajib Diperhatikan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

MAKANAN WAJIB UNTUK PENDAKI YANG AMAN UNTUK PERUT!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

GLAMPING BISA MENJADI ALTERNATIF ESCAPE, INI REKOMENDASINYA!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Surga Surfing di Kepulauan Mentawai, Patut Dicoba!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Keindahan Bawah Laut indonesia, Keajaiban Yang Wajib Kalian Jelajahi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mengenal Komunitas SIKSOROGO, Apa Itu?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Masih Asing Dengan Rock Climbing? Ini Sejarahnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Gak Perlu Jauh-Jauh! Ini 5 Wisata Perbatasan Indonesia dan Malaysia

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /