Influencer marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang paling sering digunakan di era digital ini. Influencer dianggap punya suara buat mempengaruhi audiensnya yang bisa jadi pelanggan baru dari sebuah brand. Hal ini tentunya bisa jadi peluang bagi bisnis buat memperluas target pelanggan sekaligus mempertahankan pelanggan yang udah ada.
Ada beberapa alasan kenapa influencer kerap dipercaya buat terlibat dalam strategi marketing sebuah brand. Mereka dianggap punya skill buat mempengaruhi audiens dan bikin review produk yang menarik calon pelanggan. Selain itu, strategi marketing ini juga cocok buat B2C atau business to consumer dan diproyeksinya bakal terus berkembang seiring makin canggihnya media sosial.
Walaupun kelihatannya simpel, influencer marketing tuh nggak segampang itu, Bro. Ada beberapa tips yang bisa lo ikuti biar strategi pemasaran ini bisa works dan sukses. Apa aja itu? Simak selengkapnya berikut ini, Superfriends.
Pastiin Siapa Target Audiens Lo
Sebelum mendalami influencer marketing, penting buat memahami siapa target audiens lo dulu. Lakuin riset menyeluruh buat mengidentifikasi demografi, minat, dan perilaku online mereka. Pengetahuan ini bakal ngebantu lo buat memilih influencer yang tepat sesuai dengan prefrensi audiesn lo dan bikin pesan dari konten yang dibuat bisa tersampaikan secara efektif.
Pilih Influencer yang Tepat
Memilih influencer yang tepat penting banget buat keberhasilan campaign lo. Beberapa hal yang harus lo pertimbangin yaitu relevansi, keaslian, engagement rate, dan keselarasan dengan brand value lo. Cari influencer yang punya hubungan baik dengan audiensnya dan bisa ikin konten yang sesuai sama pesan dan goals dari brand lo.
Dekati Influencer dengan Cara yang Tepat
Sama kayak nyari pacar, deketin influencer tuh juga nggak boleh dilakuin secara sembarangan, Superfriends. Pelajari dulu tentang konsep konten mereka biar lo nggak kosong-kosong banget pas mau ngajuin kontrak. Hargai juga waktu mereka karena bisa jadi mereka harus ngurus beberapa brand. Selain itu, tawarin benefit yang menarik kalau mereka mau berkolaborasi sama brand lo.
Bikin Pesan yang Menarik dalam Konten
Pemilihan influencer yang tepat juga harus didukung sama pesan dalam konten yang menarik. Yup, bikin pesan tersebut sesuai gaya bahasa yang sering dipakai sama influencer biar audiens merasa kalau konten tersebut merupakan review jujur. Selain itu, jangan halangi influencer yang mau nyesuaiin isi konten lo dengan gaya konten mereka, ya. Soalnya, mereka secara otomatis udah tau cara mempengaruhi audiensnya agar tertarik sama brand lo.
Bikin KPI dan Evaluasi Secara Berkala
Setelah bikin briefing buat konten, hal lain yang nggak kalah penting buat lo siapin yaitu system untuk mengelola dan melacak campaign secara efektif. Lo bisa bikin goals yang spesifik dan key performance indicator (KPI) buat ngukur keberhasilan campaign tersebut. Selain itu, evaluasi hasil tersebut secara berkala biar lo bisa bikin konsep yang lebih update lagi ke depannya.
Itu tadi beberapa tips yang bisa lo ikuti buat menerapkan influencer marketing. Ceritain di kolom komentar kalau lo pernah pakai strategi pemasaran ini dong, Superfriends. (arpd)
ARTICLE TERKINI
Source:Podium
0 Comments
Daftar dan Dapatkan Point Reward dari Superlive
Please choose one of our links :