Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

membuat api

Author : Admin Adventure

Article Date : 08/02/2023

Article Category : News

Lo suka kegiatan petualangan atau menjelajah hutan? Jika benar begitu, seharusnya tahu metode lensa membuat api tanpa korek api. Namun, wajar saat lo masih dalam level pemula dan tak mengetahuinya. Berikut pembahasan lengkap tentang bagaimana cara membuat api dengan metode lensa tanpa perlu menyiapkan korek api:

Botol Air dan Kertas

Image source: survivalalam.blogspot.com

Metode lensa membuat api yang pertama adalah lo bisa memanfaatkan botol air dan kertas. Pastikan botol plastik sudah lo isi dengan air. Selain itu, perhatikan juga bagian botol harus halus, bulat, dan bening.

Selanjutnya sediakan juga 3 lembar kertas yang memiliki tinta warna hitam di dalamnya. Makin gelap kertas, lebih baik karena memiliki daya serap panas lebih tinggi. Jika tidak menemukan botol plastik, lo juga bisa menggantinya dengan balon atau plastik bening. Untuk langkah-langkahnya adalah:

●  Lipas kertas dan letakkan bagian hitam atau yang bertinta ada pada posisi atas. Bagian ini akan berfungsi sebagai platform dan spot paling menjadi fokus pada panas matahari

●  2 kertas yang lain lo sobek menjadi 2, masing-masing potongan silahkan lipat lagi menjadi 2 bagian

●  Pakai tepi cembung botol air sebagai kaca pembesar untuk membiaskan cahaya matahari

●  Fokuskan cahaya dari botol ke bagian hitam kertas. Geser botol untuk menemukan titik tepat arah sinar matahari terkonsentrasi. Lakukan pemfokusan sampai asap api mulai muncul

●  Jika sudah ada lubang membara pada kertas, masukkan pada 4 kertas yang sudah lo lipat tadi supaya api dapat menyebar. Lakukan proses yang sama dengan 3 kertas yang lain. Dari sana, lo bisa mendapatkan banyak asap sekaligus

●  Tiuplah ke dalam bara api atau ayun-ayunkan bara api sampai api akhirnya bisa menyala dengan sempurna

Lensa

Image source: kotakpengetahuan.blogspot.com

Lo juga bisa pakai lensa untuk mengaplikasikan metode pembuatan api di alam liar. Lalu lensa apa saja yang dapat lo pakai? Di sini lo gunakan saja lensa dari kaca pembesar, kacamata, atau lensa teropong.

Untuk menghasilkan api, lo juga boleh menambahkan lensa dengan sedikit air. Cara membuat api dengan alat ini sangat mudah. Tinggal fokuskan sinar matahari dari lensa ke sumbu, seperti halnya serasah hutan yang benar-benar kering untuk menciptakan asap.

Metode Lensa Membuat Api dengan Es