Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi tidur. Image: Andrea Piacquadio/Pexels

Author : Admin Adventure

Article Date : 22/11/2023

Article Category : News

Bukan kerja keras, apalagi kerja lembur bagai kuda. Rahasia suskes para pebisnis justru sering meluangkan waktu buat istirahat. Kok bisa?

 

Ibaratnya nih kayak cheetah, hewan tercepat di dunia yang bisa berlari dengan kecepatan 80 - 130 km/jam saat berburu. Pas lagi nggak berburu, ia menghabiskan waktunya buat beristirahat sembari mengisi tenaganya. Nah, sama halnya dengan pebisnis. Setelah bekerja seharian, sisa waktu yang lo punya sebisa mungkin lo manfaatkan untuk beristirahat. Jangan pegang kerjaan lagi, apalagi iseng ngehubungin karyawan malem-malem buat ngerjain sesuatu.

 

Nah, buat penjelasan lebih lanjut, lo bisa bisa simak detailnya berikut ini, Superfriends.

 

Kesibukan Jadi Penyebab Masalah Kesehatan Mental

Ilustrasi stres
Image: karolina grabowska/Pexels

Sebagai pebisnis, lo mungkin berpikir kalau cara sukses tercepat adalah kerja lebih dari 12 jam per hari. Lo bangun pagi buta dan tidur larut malam demi mengerjakan berbagai hal yang berkaitan sama bisnis lo. Padahal, tanpa lo sadari, hal itu bisa memicu masalah kesehatan mental di kemudian hari, lho.

 

“Tekanan emosional akibat kesibukan berlebihan bermanifestasi sebagai kesulitan, ketidaksabaran dan mudah tersinggung, kesulitan mendapatkan tidur yang cukup, serta kelelahan mental dan fisik,” jelas Joseph Bienvenu, psikiater dan direktur Klinik Gangguan Kecematan di Rumah Sakit Johns Hopkins, sebagaimana dikutip dari Entrepreneur.

 

Sebenarnya, sah-sah aja kalau lo sibuk ngurus bisnis, Superfriends. Namun, pastikan kesibukan lo tersebut merupakan aktivitas yang bermanfaat, nggak sekadar ngisi waktu luang dengan mengerjakan sesuatu yang mungkin nggak terlalu penting. Selain itu, kesibukan tersebut juga sebaiknya secukupnya aja. Masa iya 24 jam dalam sehari mau lo pakai buat kerja terus?

 

Luangkan Waktu buat Beristirahat

Ilustrasi tidur
Image: Andrea Piacquadio/Pexels

Kesibukan lo dalam berbisnis tanpa sadar merampas waktu lo buat menikmati kehidupan, seperti main, jalan-jalan, berhubungan dengan orang lain, hingga istirahat. Namun, beberapa orang yang udah terlanjur gila kerja mungkin kesulitan mengatur waktu buat beristirahat. Mereka bahkan merasa istirahat tuh bagian dari kemalasan. Kalau lo merasakan hal itu, lo bisa mulai dari langkah kecil, Superfriends. Misalnya, catat jam-jam berapa aja lo sibuk. Nah, di luar jam tersebut, lo bisa manfaatkan buat istirahat atau sekadar santai sejenak.

 

Nggak sekadar menjauhkan lo dari pekerjaan, istirahat punya banyak manfaat yang membantu lo dalam berbisnis. Dengan istirahat teratur, lo bisa mencegah burnout saat mengambil keputusan, mengembalikan motivasi dalam berbisnis, meningkatkan produktivitas dan kreativitas, serta memperkuat ingatan. Dalam jangka panjang, istirahat bisa bikin lo lebih sehat dan sejahtera.

 

Selain istirahat, lo mungkin juga bisa meluangkan waktu buat refleksi diri. Beberapa pebisnis sukses sering melakukan cara ini, seperti Bill Gates hingga Mark Zuckerberg. Mereka punya waktu khusus buat membaca, mengevaluasi diri, dan melakukan aktivitas lain yang bikin mereka lebih rileks. Nggak sedikit juga pebisnis yang offline dari internet dan gadget selama seharian penuh agar mereka bisa membangun daya kreatif secara alami.

 

Nah, itu tadi penjelasan kenapa istirahat bisa jadi rahasia sukses pebisnis kelas dunia. Yok, luangin waktu buat istirahat demi kesehatan agar lo bisa terus ngurus bisnis dalam jangka panjang, Superfriends. (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Tips #Bisnis Investasi #Entrepreneurship

Source:Entrepreneur

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Masih Asing Dengan Rock Climbing? Ini Sejarahnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Gak Perlu Jauh-Jauh! Ini 5 Wisata Perbatasan Indonesia dan Malaysia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

7 Alat Navigasi Penting yang Wajib Lo Bawa Saat Hiking

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

7 Teknik Mendayung saat Rafting, Hadapi Arus Gak Pake Panik!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

MITOS MEMANCING DI RANU KUMBOLO, APAKAH BENAR?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

FLANEL, DARI STELAN MENDAKI MENJADI FASHION SEHARI-HARI!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

KENAPA OMBAK PANTAI SELATAN INDONESIA COCOK UNTUK SURFING?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Soto Kudus, Soto Unik Menggunakan Daging Kerbau

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

VIRALNYA SEPATU SALOMON ANAK SKENA!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

SURFING AMAN, PENTING UNTUK BISA BERENANG!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /