Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi cireng. Image: Andri Sutisna/Pexels

Author : Admin Adventure

Article Date : 07/08/2023

Article Category : News

Salah satu camilan yang populer saat ini yaitu camilan yang berbahan dasar tepung aci atau tepung tapioka. Awalnya, camilan ini cuma terkenal di daerah Jawa Barat, terutama Bandung dan sekitarnya. Namun, sekarang camilan berbahan aci udah menjamur di mana-mana.

 

Lo mungkin pernah bertanya-tanya, kenapa Bandung seakan jadi surganya camilan berbahan aci, ya? Ternyata ada jawaban ilmiahnya, Superfriends. Dalam sebuah artikel di web resmi Universitas Padjajaran, pada masa kolonial dulu, Jawa Barat merupakan kawasan produsen tepung tapioka terbesar di Indonesia. Kemudian, pada peralihan abad 19 ke 20, nama-nama camilan berbahan aci ini mulai bermunculan dengan awalan ‘ci’. Akhirnya, jenis camilan tersebut terkenal sampai sekarang, deh.

 

Lo mungkin udah tau beberapa jenis makanan berbahan aci, kayak cilok, cimol, cilung, dan lain sebagainya. Nah, buat yang belum tau, mending simak nih beberapa camilan berbahan aci khas Bandung yang populer berikut ini.

 

Cilok

Ilustrasi cilok
Image: Piknikdong

Cilok merupakan singkatan dari ‘aci dicolok’. Penamaan ini disesuaikan sama cara makannya, yaitu dicolok pakai lidi. Camilan ini bisa dibilang sebagai camilan berbahan aci paling terkenal di antara semua camilan berbahan aci yang lainnya, soalnya gampang banget ditemui di mana-mana, Bro. Cilok terbuat dari campuran tepung aci, lemak daging, dan kaldu ayam. Camilan ini biaanya disajikan bersama kecap dan sambel kacang. Bahkan, cilok juga punya versi kekiniannya, lho. Misalnya  aja cilok isi keju mozzarella dan isi jando atau lemak sapi.

 

Cimol

Cimol merupakan singkatan dari ‘aci digemol’. Kata ‘gemol’ punya arti dipilin sampai berbentuk bundar kecil. Awalnya, cimol cuma disajikan bersama bumbu tabur asin dan pedas. Namun, kini banyak pedagang yang memvariasikan rasanya, mulai dari balado, keju, barbeque, dan lain sebagainya. Nggak cuma itu, ada juga yang mengkreasikannya jadi cimol bojot, yaitu cimol yang diberi bumbu basah yang terbuat dari bubuk cabe dan bawang putih.

 

Cireng

Ilustrasi cireng
Image: Andri Sutisna/Pexels

Cireng merupakan singkatan dari ‘aci digoreng’. Biasanya, cireng sering dijual di abang-abang gorengan. Namun, kini udah banyak pedagang yang bikin inovasi cireng kekinian. Misalnya aja, dibentuk dengan cetakan, diisi dengan berbagai isian, dan dikemas dalam bentuk frozen. Inovasi ini bikin cireng jadi naik level, Bro.

 

Cilor atau Cimin

Dua nama ini merujuk ke makanan yang sama. Soalnya, ada orang yang nyebut cilor (aci telor), ada juga yang nyebut cimin (aci mini). Intinya sih, camilan ini terbuat dari aci yang berbentuk kotak-kecil kecil, kemudian digoreng bersama telur. Setelah matang, cilor atau cimin ini bahakl disampur sama bumbu tabur sesuai request lo, lalu diaduk sampai jadi kecil-kecil lagi. Cara bikinnya emang agak unik ya, dari awalnya berukuran kecil ujung-ujungnya dibikin kecil lagi, Namun, cilor atau cimin ini punya rasa gurih yang khas karena ada campuran telurnya.

 

Cilung

Cilung merupakan singkatan dari ‘aci digulung’. Makanan ini terbuat dari adonan aci yang cair yang digoreng di pan, lalu dicampur sampai telur. Buat penambah rasanya, adonan aci yang digoreng tadi ditambahin sama bumbu tabur dan saus sambel. Setelah metang, cilung pun digulung kayak telur gulung. Ada juga yang nyebut camilan ini dengan nama papeda karena teksturnya yang lengket dan kenyal, mirip sama papeda khas Papua.

 

Itu tadi beberapa camilan berbahan aci khas Bandung yang populer. Favorit lo yang mana nih, Superfriends? (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Kuliner #jawa-barat #Bandung

Source:Detik

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

GLAMPING BISA MENJADI ALTERNATIF ESCAPE, INI REKOMENDASINYA!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Surga Surfing di Kepulauan Mentawai, Patut Dicoba!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Keindahan Bawah Laut indonesia, Keajaiban Yang Wajib Kalian Jelajahi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mengenal Komunitas SIKSOROGO, Apa Itu?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Masih Asing Dengan Rock Climbing? Ini Sejarahnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Gak Perlu Jauh-Jauh! Ini 5 Wisata Perbatasan Indonesia dan Malaysia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

7 Alat Navigasi Penting yang Wajib Lo Bawa Saat Hiking

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

7 Teknik Mendayung saat Rafting, Hadapi Arus Gak Pake Panik!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

MITOS MEMANCING DI RANU KUMBOLO, APAKAH BENAR?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

FLANEL, DARI STELAN MENDAKI MENJADI FASHION SEHARI-HARI!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /