Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi olahraga. Image: kinkate/Pixabay

Author : Admin Adventure

Article Date : 07/07/2023

Article Category : News

Naik gunung itu nggak sekadar aktivitas buat seneng-seneng aja, Bro. Diperlukan kekuatan fisik yang baik biar lo nggak gampang kecapekan waktu mendaki.

Nah, itulah kenapa disarankan untuk rutin latihan fisik beberapa minggu sebelum naik gunung untuk meningkatkan kekuatan fisik dan daya tahan tubuh. Selain itu, latihan fisik juga bertujuan untuk menjaga keseimbangan tubuh pas mendaki biar lo nggak gampang sempoyongan.

Terus, latihan fisik apa aja sih yang harus dilakuin sebelum naik gunung? Yuk, simak penjelasannya berikut ini, Superfriends?

Lompat Squat

Ilustrasi squat
Image: ketut subiyanto/Pexels

Lompat squat bisa ngasih efek yang sangat baik ke seluruh otot kaki yang akan banyak bergerak waktu mendaki nanti. Lakukan squat sebanyak 15 – 20 kali rutin setiap harinya supaya efeknya lebih cepat terasa.

Hip Roll

Hip roll merupakan latihan yang fokus pada otot bagian pinggul. Cara ngelakuinnya yaitu sebagai berikut.

1. Posisikan tangan memegang pinggul dan berdiri dengan kaki kiri aja,

2. Condongkan tubuh ke depan dengan tumpuan di pinggul,

3. Jaga punggung tetap lurus sambil mengangkat kaki kanan ke belakang,

4. Putar atau dorong pinggul ke belakang searah dengan kaki kanan yang terangkat. Lakukan gerakan ke depan dan ke belakang,

5. Jaga tubuh tetap seimbang saat ngelakuin geraka tersebut. Kalau kesulitan, lo bisa pegangan kursi atau benda lain di sekitar lo,

6. Ulangi 10 – 15 kali gerakan.

Step Up

Ilustrasi step up
Image: cottonbro studio/Pexels

Latihan step up ini cukup gampang untuk dilakuin. Lo cukup naik-turun satu anak tangga sebanyak 15 kali dengan gerakan maju-mundur. Tujuannya buat ngebangun kekuatan dan daya tahan otot bagian pinggul dan bokong.

Heel Down

Latihan heel down hampir sama seperti step up. Bedanya, cuma satu kaki aja yang naik-turun dari satu anak tangga. Caranya yaitu sebagai berikut.

1. Berdirilah di atas anak tangga dengan kaki kanan menapak dan kaki kiri melayang,

2. Lakukan gerakan naik-turun pada kaki kiri yang melayang sebanyak 15 kali,

3. Ulangi gerakan yang sama pada kaki sebaliknya.

Overheard Press Squat Curl

Ilustrasi overheard press squat curl
Image: ketut subiyanto/Pexels

Latihan yang satu ini menggabungkan antara squat dengan angkat beban. Jadi, lo butuh dumbel ringan untuk ngelakuin gerakan overheard press squat curl. Tujuan gerakan ini yaitu untuk melatih otot tubuh bagian bawah sambil angkat beban ringan dengan cepat untuk membangun kekuatan tangan. 

Side Plank dengan Latihan Angkat Kaki

Latihan yang satu ini mungkin agak sulit, ya. Lo harus ngelakuin plank dengan satu tangan dan tubuh menghadap samping. Terus, angkat kaki yang berlawanan dengan tangan yang lo gunain untuk plank. Misalnya, kalau lo plank dengan tangan kanan, berarti kaki yang diangat sebelah kiri. Lakukan latihan ini masing-masing 10 kali pada bagian yang berbeda.

Hip Clock

Gerakan terakhir yang bisa lo lakukan untuk latihan fisik sebelum naik gunung yaitu hip clock. Caranya gampang banget kok.

1. Berdiri dengan posisi kaki seimbang dan sedikit terbuka,

2. Gerakkan salah satu kaki searah jarum jam 3, 6, 9, dan 12 dengan kaki lainnya menahan beban tubuh.

3. Setiap kaki bergerak sesuai arah jarum jam, kembalikan kaki terlebih dahulu keposisi semula. Misalnya, setelah dari angka 3, kembalikan kaki ke posisi semula, kemudian baru gerakkan lagi ke angka 6.

4. Lakukan 5 – 8 gerakan pada masing-masing kaki.

Itu tadi tujuh latihan fisik yang wajib lo lakuin sebelum naik gunung. Disarankan untuk ngelakuinnya selama 8 minggu sebelum hari H mendaki biar kekuatan tubuh lo bisa terbentuk dengan optimal. Selamat mencoba, Superfriends! (arpd)

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Hiking #Tips #Urban Action

Source:Rei

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Selain Makanan Kekinian, Ini Oleh-oleh Tradisional Khas Jakarta yang Nggak Kalah Enak

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Rekomendasi Buff untuk Naik Gunung, Jadi Pelindung Wajah dari Panas dan Dingin

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Deretan Hal yang Sering Bikin Bule ‘Kaget’ saat Traveling ke Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Takut Naik Pesawat? Ini Tips yang Bisa Lo Lakukan untuk Mengatasinya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Punya Nama Sama, Ini Perbedaan Nasi Liwet dari Solo dan Sunda

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Serunya Bertualang di Gunung Merapi Naik Mobil Jeep, Ini Harganya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Liburan 2 Hari 1 Malam di Sleman, Ini Itinerary yang Bisa Lo Ikuti

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Kelebihan dan Kekurangan Liburan Pakai Jasa Agen Travel, Worth It Nggak Ya?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Manfaat Stargazing untuk Kesehatan Mental, Bisa Bikin Lebih Bahagia!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Apa Bedanya Lontong, Ketupat, dan Buras? Ini Jawabannya

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /