Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

thumbnail

Author : Admin Adventure

Article Date : 10/09/2023

Article Category : News

Nggak perlu jauh-jauh, kamu juga bisa loh merasakan liburan seperti di pulau pribadi yang nggak jauh dari Jakarta. Yap, kamu bisa mengunjungi Pulau Seribu. Pulau Seribu atau Kepulauan Seribu merupakan wilayah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang terdiri dari banyak pulau kecil. Pulau-pulau ini banyak yang sudah dikelola menjadi tempat wisata dengan penginapan dan berbagai fasilitas pendukung lainnya.

Apabila kamu tertarik untuk mengunjungi Pulau Seribu, kamu bisa menggunakan kapal dari Pelabuhan Muara Angke atau Pelabuhan Marina Ancol. Tarifnya mulai dari Rp65.000 hingga Rp375.000 tergantung jenis kapal dan kecepatan yang kamu pilih.

Nah, sekarang langsung aja yuk kita bahas kegiatan-kegiatan seru apa aja yang bisa kamu lakukan di Pulau Seribu. Check these out!

1. Wisata Ilmu Pengetahuan

Berlibur sambil belajar, kenapa nggak? Pulau Seribu menyimpan banyak spot menarik yang bisa menambah wawasan kamu tentang berbagai hal. Cocok banget nih untuk kamu yang datang bersama keluarga atau anak kecil. Selain berlibur, kamu juga bisa memperkenalkan hal baru kepada anak-anak maupun orang dewasa.

Ada apa saja sih wisata ilmu pengetahuan yang bisa kamu temui di Pulau Seribu? Berikut diantaranya.

  • Penangkaran penyu sisik dan penyu hijau: kamu bisa datang ke fasilitas penangkaran untuk melihat bagaimana penyu-penyu langka ini hidup dan berkembang biak.
  • Tumbuhan langka: Pulau Seribu menyimpan banyak tanaman langka seperti waru, butun, nyamplung, cangkudu, atau cemara laut. Bahkan, ada juga pohon langka yang sudah berusia ratusan tahun di Pulau Pari, loh.
  • Penangkaran hiu
  • Kawasan konservasi hutan mangrove

2. Wisata Bawah Laut 

Image source: review.bukalapak.com

Berkunjung ke Pulau Seribu, jangan sampai kelewatan keindahan bawah lautnya ya. Kamu bisa melihat keindahan alam bawah lautnya yang mempesona dengan snorkeling atau diving. Ada banyak pulau kosong yang menjadi favorit pada snorkeler atau diver, loh.

Terumbu karang dan biota laut di Pulau Seribu tidak kalah dari perairan lainnya di Indonesia. Kamu juga bisa menemukan ikan-ikan cantik dan hewan laut langka di kawasan ini, seperti penyu sisik dan penyu hijau.

3. Wisata Budaya

Tahu nggak sih, ternyata di Pulau Seribu juga ada beberapa pulau yang masih menyimpan sejarah dari bangsa Indonesia. Spot-spot ini juga memiliki keunikan tersendiri dengan latar belakang sejarah yang berbeda-beda.

Beberapa pulau yang masih memiliki bangunan bersejarah di antaranya seperti Pulau Onrust, Pulau Kelor, Pulau Kahyangan, atau Pulau Bidadari. Pasalnya, pulau-pulau ini pernah digunakan pada masa penjajahan Belanda dulu.

4. Wisata Privat

Image souce: allindonesiatourism.com

Sedang mencari destinasi bulan madu? Pulau Seribu juga cocok banget loh untuk menikmati bulan madu yang romantis dan berkesan. Selain bulan madu, kamu juga bisa menikmati liburan eksklusif bareng keluarga atau teman terdekat. Ada banyak pulau privat yang sudah dilengkapi dengan fasilitas mewah sesuai dengan kebutuhan. Kamu bisa merasakan fasilitas kapal selam, akuarium bawah laut, makan malam romantis, dan sebagainya.

5. Island Hopping

Image source: jetskisafarijakarta.com

Island hopping adalah salah satu aktivitas yang paling populer di Kepulauan Seribu. Island hopping merupakan  kegiatan berkeliling ke beberapa pulau dengan menggunakan perahu. Kamu bisa memilih untuk menyewa perahu sendiri atau mengikuti paket tur island hopping yang ditawarkan oleh banyak agen perjalanan.

Ada banyak pulau yang bisa kamu kunjungi saat island hopping di Kepulauan Seribu. Beberapa pulau yang paling populer antara lain Pulau Pari, Pulau Tidung, Pulau Pramuka, dan Pulau Untung Jawa. Setiap pulau memiliki pesonanya masing-masing. Pulau Pari terkenal dengan pantainya yang indah dan pasir putihnya yang lembut. Pulau Tidung terkenal dengan jembatan cintanya yang ikonik. Pulau Pramuka terkenal dengan kehidupan bawah lautnya yang kaya. Pulau Untung Jawa terkenal dengan wisata kulinernya yang beragam.

Island hopping bisa jadi cara yang efektif untuk menjelajahi Kepulauan Seribu dan menikmati keindahan alamnya. Kamu bisa mengunjungi beberapa pulau dalam satu hari dan merasakan pengalaman yang berbeda-beda di setiap pulaunya.

6. Water Sport

Buat kamu yang suka kegiatan yang memacu adrenalin, jangan sampai kelewatan untuk mencoba watersport di Pulau Seribu. Berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan.

  • Water Ski: Aktivitas yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan papan ski yang ditarik oleh perahu. Water Ski adalah aktivitas yang menyenangkan dan bisa membuat kamu berlatih keseimbangan.
  • Wakeboarding: Kegiatan ini mirip dengan water ski, tetapi papan wakeboard memiliki roda di bagian bawahnya sehingga kamu bisa berdiri di atas papan tanpa harus memegang tali.
  • Jet Ski: Mengendarai kendaraan air yang memiliki mesin jet yang kencang untuk mengitari pulau.
  • Parasailing: Menggunakan parasut yang ditarik oleh perahu, membuat kamu seperti merasakan terbang di atas air.
  • Sea kayaking: Menjelajahi perairan tenang di sekitar pulau menggunakan kayak.

7. Beach Camping