Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi KOL. Image: Anna Shvets/Pexels

Author : Admin Adventure

Article Date : 24/08/2023

Article Category : News

Key opinion leader atau biasa disebut dengan KOL merupakan orang yang punya sudut pandang berbobot tentang pengetahuan atau pengalaman mereka di industri tertentu. Biasanya, KOL merupakan makro atau mega influencer yang punya banyak followers. Mereka diikuti karena punya insight yang mendalam di bidang spesifik, misalnya olahraga, kesehatan, kuliner, dan lain sebagainya.

 

Di era media sosial kayak sekarang ini, KOL sering dilibatin buat keperluan pemasaran atau promosi. Strategi ini disebut juga dengan KOL marketing. Kalau lo tertarik nerapin cara ini juga buat promosi produk dari brand lo, simak nih beberapa bentuk kolaborasi bareng KOL yang bisa lo lakukan.

 

Kirim Produk untuk Diulas

Ilustrasi KOL
Image: Kampus Production/Pexels

Format kolaborasi yang satu ini sering banget dilakuin sama brand buat kolaborasi bareng KOL. Mereka bakal ngirim produk ke KOL, kemudian KOL bakal bikin konten review berupa foto atau video. Selain itu, brand biasanya juga bakal bikin brief tentang apa aja yang harus disebutin dalam konten tersebut, seperti kelebihan, manfaat, dan nilai positif dari produk yang dipromosiin.

 

Kirim Produk Khusus atau Limited Edition

Kalau brand udah sering kerja sama bareng seorang KOL, biasanya mereka bakal ngirim produk khusus atau limited edition buat Si KOL. Misalnya, produk dengan foto KOL di kemasannya atau produk yang diformulasiin bareng Si KOL. Nah, buat bentuk kolaborasi ini, biasanya KOL nggak harus nge-review produk itu. Cukup mention brand tersebut di story atau postingan buat ngasih tau audiens kalau brand tersebut ngeluarin produk limited edition hasil kolaborasi bareng KOL tersebut.

 

Jadi Model Iklan

Ilustrasi KOL
Image: PNW Production/Pexels

Selain bikin konten sendiri, KOL juga bisa diminta buat jadi model iklan yang diproduksi langsung sama brand. Nggak cuma di media sosial, iklan tersebut bisa ditayangin di media lainnya, seperti TV dan Videotron. Biasanya, kolaborasi ini butuh kerja sama jangka panjang sesuai periode tayang yang diinginkan.

 

Hadir di Acara Offline

Bentuk kolaborasi lain dengan KOL yang bisa dilakuin yaitu ngundang KOL buat tampil di acara offline, seperti launching produk baru atau pembukaan store. Mengundang KOL di acara offline bisa jadi pilihan kalau lo pengin brand lo dikenali sama masyarakat secara langsung. Selain dihadiri masyarakat umum, lo juga bisa ngundang media buat ngeliput acara tersebut buat ningkatin eksposur.

 

Repost Postingan dari Akun Brand

Ilustrasi KOL
Image: Pixabay

Bentuk kolaborasi yang satu ini bisa dibilang yang paling simpel di antara lainnya. KOL cuma diminta buat nge-repost postingan dari akun brand. Tujuannya buat ningkatin engagement pada akun brand. Postingan yang di-repost biasanya merupakan konten yang memuat informasi penting seperti launching produk dan giveaway.

 

Kolaborasi di Live Streaming

Bentuk kolaborasi dengan KOL yang terhitung baru yaitu live streaming. Yup Superfriends, lo bisa ngajak KOL buat jadi host life streaming di platform media sosial atau e-commerce. Cara yang satu dinilai bisa ningkatin engagement karena audiens bisa langsung berinteraksi dengan KOL lewat kolom komentar. Selain itu, penjualan juga bisa meningkat karena KOL bakal nawarin dan menjual produk tersebut secara langsung lewat live streaming.

 

Itu tadi beberapa bentuk kolaborasi bareng KOL buat promosiin produk. Kira-kira, mana nih yang cocok buat bisnis lo, Superfriends? (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Bisnis Investasi #Marketing #Tips

Source:4hoteliers

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Selain Makanan Kekinian, Ini Oleh-oleh Tradisional Khas Jakarta yang Nggak Kalah Enak

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Rekomendasi Buff untuk Naik Gunung, Jadi Pelindung Wajah dari Panas dan Dingin

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Deretan Hal yang Sering Bikin Bule ‘Kaget’ saat Traveling ke Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Takut Naik Pesawat? Ini Tips yang Bisa Lo Lakukan untuk Mengatasinya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Punya Nama Sama, Ini Perbedaan Nasi Liwet dari Solo dan Sunda

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Serunya Bertualang di Gunung Merapi Naik Mobil Jeep, Ini Harganya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Liburan 2 Hari 1 Malam di Sleman, Ini Itinerary yang Bisa Lo Ikuti

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Kelebihan dan Kekurangan Liburan Pakai Jasa Agen Travel, Worth It Nggak Ya?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Manfaat Stargazing untuk Kesehatan Mental, Bisa Bikin Lebih Bahagia!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Apa Bedanya Lontong, Ketupat, dan Buras? Ini Jawabannya

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /