Key opinion leader atau biasa disebut dengan KOL merupakan orang yang punya sudut pandang berbobot tentang pengetahuan atau pengalaman mereka di industri tertentu. Biasanya, KOL merupakan makro atau mega influencer yang punya banyak followers. Mereka diikuti karena punya insight yang mendalam di bidang spesifik, misalnya olahraga, kesehatan, kuliner, dan lain sebagainya.
Di era media sosial kayak sekarang ini, KOL sering dilibatin buat keperluan pemasaran atau promosi. Strategi ini disebut juga dengan KOL marketing. Kalau lo tertarik nerapin cara ini juga buat promosi produk dari brand lo, simak nih beberapa bentuk kolaborasi bareng KOL yang bisa lo lakukan.
Kirim Produk untuk Diulas
Format kolaborasi yang satu ini sering banget dilakuin sama brand buat kolaborasi bareng KOL. Mereka bakal ngirim produk ke KOL, kemudian KOL bakal bikin konten review berupa foto atau video. Selain itu, brand biasanya juga bakal bikin brief tentang apa aja yang harus disebutin dalam konten tersebut, seperti kelebihan, manfaat, dan nilai positif dari produk yang dipromosiin.
Kirim Produk Khusus atau Limited Edition
Kalau brand udah sering kerja sama bareng seorang KOL, biasanya mereka bakal ngirim produk khusus atau limited edition buat Si KOL. Misalnya, produk dengan foto KOL di kemasannya atau produk yang diformulasiin bareng Si KOL. Nah, buat bentuk kolaborasi ini, biasanya KOL nggak harus nge-review produk itu. Cukup mention brand tersebut di story atau postingan buat ngasih tau audiens kalau brand tersebut ngeluarin produk limited edition hasil kolaborasi bareng KOL tersebut.
Jadi Model Iklan
Selain bikin konten sendiri, KOL juga bisa diminta buat jadi model iklan yang diproduksi langsung sama brand. Nggak cuma di media sosial, iklan tersebut bisa ditayangin di media lainnya, seperti TV dan Videotron. Biasanya, kolaborasi ini butuh kerja sama jangka panjang sesuai periode tayang yang diinginkan.
Hadir di Acara Offline
Bentuk kolaborasi lain dengan KOL yang bisa dilakuin yaitu ngundang KOL buat tampil di acara offline, seperti launching produk baru atau pembukaan store. Mengundang KOL di acara offline bisa jadi pilihan kalau lo pengin brand lo dikenali sama masyarakat secara langsung. Selain dihadiri masyarakat umum, lo juga bisa ngundang media buat ngeliput acara tersebut buat ningkatin eksposur.
Repost Postingan dari Akun Brand
Bentuk kolaborasi yang satu ini bisa dibilang yang paling simpel di antara lainnya. KOL cuma diminta buat nge-repost postingan dari akun brand. Tujuannya buat ningkatin engagement pada akun brand. Postingan yang di-repost biasanya merupakan konten yang memuat informasi penting seperti launching produk dan giveaway.
Kolaborasi di Live Streaming
Bentuk kolaborasi dengan KOL yang terhitung baru yaitu live streaming. Yup Superfriends, lo bisa ngajak KOL buat jadi host life streaming di platform media sosial atau e-commerce. Cara yang satu dinilai bisa ningkatin engagement karena audiens bisa langsung berinteraksi dengan KOL lewat kolom komentar. Selain itu, penjualan juga bisa meningkat karena KOL bakal nawarin dan menjual produk tersebut secara langsung lewat live streaming.
Itu tadi beberapa bentuk kolaborasi bareng KOL buat promosiin produk. Kira-kira, mana nih yang cocok buat bisnis lo, Superfriends? (arpd)
ARTICLE TERKINI
Source:4hoteliers
1 Comments
Daftar dan Dapatkan Point Reward dari Superlive
RAJIN SILALAHI
21/03/2025 at 05:45 AM