Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi KOL. Image: Anna Shvets/Pexels

Key opinion leader atau biasa disebut dengan KOL merupakan orang yang punya sudut pandang berbobot tentang pengetahuan atau pengalaman mereka di industri tertentu. Biasanya, KOL merupakan makro atau mega influencer yang punya banyak followers. Mereka diikuti karena punya insight yang mendalam di bidang spesifik, misalnya olahraga, kesehatan, kuliner, dan lain sebagainya.

 

Di era media sosial kayak sekarang ini, KOL sering dilibatin buat keperluan pemasaran atau promosi. Strategi ini disebut juga dengan KOL marketing. Kalau lo tertarik nerapin cara ini juga buat promosi produk dari brand lo, simak nih beberapa bentuk kolaborasi bareng KOL yang bisa lo lakukan.

 

Kirim Produk untuk Diulas

Ilustrasi KOL
Image: Kampus Production/Pexels

Format kolaborasi yang satu ini sering banget dilakuin sama brand buat kolaborasi bareng KOL. Mereka bakal ngirim produk ke KOL, kemudian KOL bakal bikin konten review berupa foto atau video. Selain itu, brand biasanya juga bakal bikin brief tentang apa aja yang harus disebutin dalam konten tersebut, seperti kelebihan, manfaat, dan nilai positif dari produk yang dipromosiin.

 

Kirim Produk Khusus atau Limited Edition

Kalau brand udah sering kerja sama bareng seorang KOL, biasanya mereka bakal ngirim produk khusus atau limited edition buat Si KOL. Misalnya, produk dengan foto KOL di kemasannya atau produk yang diformulasiin bareng Si KOL. Nah, buat bentuk kolaborasi ini, biasanya KOL nggak harus nge-review produk itu. Cukup mention brand tersebut di story atau postingan buat ngasih tau audiens kalau brand tersebut ngeluarin produk limited edition hasil kolaborasi bareng KOL tersebut.

 

Jadi Model Iklan

Ilustrasi KOL
Image: PNW Production/Pexels

Selain bikin konten sendiri, KOL juga bisa diminta buat jadi model iklan yang diproduksi langsung sama brand. Nggak cuma di media sosial, iklan tersebut bisa ditayangin di media lainnya, seperti TV dan Videotron. Biasanya, kolaborasi ini butuh kerja sama jangka panjang sesuai periode tayang yang diinginkan.

 

Hadir di Acara Offline

Bentuk kolaborasi lain dengan KOL yang bisa dilakuin yaitu ngundang KOL buat tampil di acara offline, seperti launching produk baru atau pembukaan store. Mengundang KOL di acara offline bisa jadi pilihan kalau lo pengin brand lo dikenali sama masyarakat secara langsung. Selain dihadiri masyarakat umum, lo juga bisa ngundang media buat ngeliput acara tersebut buat ningkatin eksposur.

 

Repost Postingan dari Akun Brand

Ilustrasi KOL
Image: Pixabay

Bentuk kolaborasi yang satu ini bisa dibilang yang paling simpel di antara lainnya. KOL cuma diminta buat nge-repost postingan dari akun brand. Tujuannya buat ningkatin engagement pada akun brand. Postingan yang di-repost biasanya merupakan konten yang memuat informasi penting seperti launching produk dan giveaway.

 

Kolaborasi di Live Streaming

Bentuk kolaborasi dengan KOL yang terhitung baru yaitu live streaming. Yup Superfriends, lo bisa ngajak KOL buat jadi host life streaming di platform media sosial atau e-commerce. Cara yang satu dinilai bisa ningkatin engagement karena audiens bisa langsung berinteraksi dengan KOL lewat kolom komentar. Selain itu, penjualan juga bisa meningkat karena KOL bakal nawarin dan menjual produk tersebut secara langsung lewat live streaming.

 

Itu tadi beberapa bentuk kolaborasi bareng KOL buat promosiin produk. Kira-kira, mana nih yang cocok buat bisnis lo, Superfriends? (arpd)

ARTICLE TERKINI

Author : Admin Adventure

Article Date : 24/08/2023

Article Category : News

Tags:

#Bisnis Investasi #Marketing #Tips

Source:4hoteliers

1 Comments

Comment
RAJIN SILALAHI

RAJIN SILALAHI

21/03/2025 at 05:45 AM

Nice
Other Related Article
image article
News

7 Danau Terbesar di Dunia dan Sejarahnya yang Menakjubkan

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

5 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik, Harga Bervariasi!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Tips Memilih Jaket Snowboard, Nyaman dan Aman!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

5 Event Lari Marathon di Indonesia yang Wajib Dicoba

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Tips Pilih Ukuran Tas Gunung, Nyaman dan Sesuai Kebutuhan

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

5 Tempat Bungee Jumping di Bali yang Bikin Adrenalin Meledak

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Kelebihan Tenda Geodesic: Kuat, Nyaman, dan Unik untuk Camping

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

7 Wisata Menantang di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Itinerary: Arti, Cara Membuat, dan Contohnya

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Pilihan Kompor Camping yang Ringan dan Praktis untuk Mendaki

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /

Daftar dan Dapatkan Point Reward dari Superlive