Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

thumbnail

Author : super

Article Date : 11/09/2023

Article Category : News

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki kekayaan alam yang luar biasa, salah satunya adalah gua. Gua-gua di Indonesia tersebar di berbagai wilayah, mulai dari Sabang sampai Merauke. Gua-gua ini memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran, serta memiliki keindahan dan keunikannya masing-masing. Tidak hanya memiliki keindahan alam, gua-gua ini juga memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi.

Mulai dari gua-gua dengan formasi batu kapur yang memukau hingga gua-gua bersejarah yang menyimpan cerita masa lalu, Indonesia menyimpan segudang fenomena alam menakjubkan yang menunggu untuk kamu eksplor. Nah, untuk kamu yang ingin melakukan susur gua, beberapa gua di bawah ini bisa jadi destinasi yang tepat.

1. Gua Pindul

Gua Pindul adalah salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Desa Gelaran, Kecamatan Bejiharjo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia. Gua ini dikenal karena keunikan stalaktit dan stalakmitnya serta kesempatan untuk melakukan aktivitas tubing (mengapung menggunakan ban dalam gua) di sungai bawah tanah yang mengalir di dalam gua tersebut.

Gua Pindul memiliki panjang sekitar 350 meter dan lebar sekitar 5-15 meter. Melintasi gua ini dengan menggunakan perahu karet atau ban dalam air, kamu dapat menikmati pemandangan stalaktit dan stalakmit yang menakjubkan di sepanjang dinding gua. Air yang mengalir dalam gua ini berwarna biru kehijauan, menciptakan suasana magis yang sangat khas.

Pemandu lokal akan menemani kamu saat melintasi gua, mulai dari memberikan penjelasan tentang formasi batu-batu dan sejarah gua. Selain keindahan alamnya, Gua Pindul juga memiliki cerita budaya yang dalam, mengingat gua ini memiliki makna penting bagi masyarakat setempat.

2. Gua Gong

Gua Gong, atau dikenal juga sebagai Gua Gong Pacitan, adalah salah satu gua alam yang menakjubkan yang terletak di Pacitan, Jawa Timur, Indonesia. Gua ini dianggap sebagai salah satu gua terindah dan terpanjang di Asia Tenggara. Nama "Gong" berasal dari bunyi yang tercipta saat mengetuk formasi batu di dalam gua, menghasilkan suara seperti bunyi gong.

Gua Gong memiliki panjang sekitar 1.300 meter dan memiliki berbagai formasi batu kapur yang spektakuler seperti stalaktit, stalakmit, dan helektit. Formasi-formasi ini terbentuk selama ribuan tahun akibat proses alami yang melibatkan pengendapan mineral dari air dan batuan.

 

Salah satu hal yang membuat Gua Gong begitu istimewa adalah keragaman karya seni alaminya. Kamu dapat menjumpai berbagai bentuk yang menyerupai pohon, hewan, atau benda-benda lainnya. Ada beberapa kamar dalam gua yang memiliki keunikan tersendiri, seperti "Kamar Kristal" yang memiliki formasi kristal yang indah.

Pemerintah dan pihak setempat terus berupaya untuk menjaga kelestarian Gua Gong, karena popularitasnya sebagai destinasi wisata yang menarik banyak kunjungan.

3. Gua Jatijajar

Gua Jatijajar terletak di kawasan pegunungan kapur yang membentang dari sisi selatan Kecamatan Gombong, Kebumen. Gua ini kerap menjadi objek wisata andalan Kebumen karena selalu ramai pengunjung, terutama di akhir pekan.

Menurut keterangan Dinas Pariwisata Kebumen, usia batuan di Gua Jatijajar sudah sangat tua. Maka dari itu, saat kamu masuk ke kawasan gua, kamu akan menemukan logo fosil dinosaurus seperti di dalam film. Selain itu, ada juga patung raksasa dinosaurus yang mengeluarkan air di mulut goa. Logo dan patung tersebut memang dibuat untuk menunjukkan usia gua yang sangat tua.

Dinding Gua Jatijajar dihiasi oleh stalagtit, stalagmit, dan tiang kapur. Selain itu, ada pula beberapa sendang atau kolam di dalam gua yang menjadi sumber aliran sungai. Aliran air di sendang ini pun tidak pernah kering sepanjang tahun, loh.

4. Gua Giri Putri

Gua Giri Putri adalah salah satu situs suci dan wisata religi yang terletak di Desa Karang Boma, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Gua ini memiliki makna penting dalam kepercayaan Hindu di Pulau Lombok.

Gua ini kerap menjadi tempat ziarah dan meditasi bagi umat Hindu di Lombok dan sekitarnya. Gua yang terletak di sebuah tebing batu kapur yang menjulang ini dapat diakses melalui serangkaian tangga dan lorong sempit. Bagi para ziarah dan pengunjung, perjalanan ke Gua Giri Putri menjadi pengalaman spiritual sekaligus petualangan alam yang tak terlupakan.

Saat memasuki gua, kamu akan melihat berbagai ornamen dan patung-patung yang terkait dengan ajaran Hindu, seperti patung Ganesha dan lingga-yoni. Ada pula area meditasi dan sembahyang di dalam gua yang digunakan oleh para pengunjung untuk merenung dan beribadah.

Keunikan Gua Giri Putri tidak hanya terletak pada aspek keagamaan dan spiritualnya, tetapi juga pada pemandangan alam di sekitarnya. Dari gua ini, kamu dapat menikmati pemandangan laut yang indah dan hamparan perbukitan hijau yang mengelilinginya.

Gua Giri Putri menjadi tempat yang sangat penting selama perayaan keagamaan tertentu, seperti Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Saka) dan pesta Galungan. Pada waktu-waktu tersebut, gua ini dihiasi dengan berbagai hiasan dan perayaan keagamaan diadakan untuk merayakan momen-momen penting dalam kalender Hindu.

5. Gua Tabuhan

Image source: liputan6.com

Gua Tabuhan terletak di Kabupaten Pacitan, yang juga terkenal dengan sebutan Kota 1001 Gua. Gua yang satu ini memiliki keunikan pada batu yang dapat berbunyi seperti gamelan saat dipukul dengan tabuh. Hal inilah yang membuat gua ini dinamakan sebagai Gua Tabuhan.

Konon, Gua Tabuhan pernah menjadi tempat pertapaan Pangeran Diponegoro, sehingga dulu masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Gua Tapan. Ada banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang datang ke tempat ini untuk mendengarkan secara langsung keindahan gua serta mendengarkan tabuhan-tabuhan yang merdu.

Sudah siap mau kunjungi salah satu gua terbaik di Indonesia di atas? Ceritakan pengalamanmu di kolom komentar ya!

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#gunung-kidul #traveling #caving

Source:Superadventure

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Kenapa Warna Outdoor Gear Cerah? Lebih Dari Sekedar Gaya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Air Putih Pahlawan Tersembunyi di Balik Kesuksesan Pendakian

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Hindari Pacet Saat Mendaki Tips Jitu untuk Tetap Nyaman

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Keindahan Lapangan Sepak Bola Yang Ekstrim di Indonesia Tantangan Adrenalin Bagi Para Pecinta Sepak Bolalam yang Menanti di Sekitar Stadion Euro 2024

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tanda-tanda Penting di Gunung yang Wajib Diketahui

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Survival Mode: Mengapa Kita Memerlukannya?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Memasak di Gunung Tips dan Trik untuk Hidangan Lezat di Alam Bebas

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

RAFTING DI MUSIM HUJAN TERNYATA LEBIH MENANTANG!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Menjelajahi Surga Bawah Laut Keindahan dan Keajaiban Menyelam (Diving)

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Ombak Dahsyat Menanti Menjelajahi Spot Surfing Terbaik di Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /