Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Adventure

Article Date : 28/12/2023

Article Category : News

Gimana sih biasanya lo menikmati espresso? Sekadar diseduh dan diteguk hingga habis? Hmm, kayaknya lo belum tahu nih cara yang paling tepat untuk menikmati espresso supaya rasanya semakin nikmat. Lahir di Italia, espresso bisa lo nikmati dengan cara khas dari negara tersebut loh, Superfriends.

Emang ada cara tersendiri untuk menikmati espresso? Ada, Bro! Bahkan, sekarang lo bisa menikmati espresso nggak hanya dalam bentuk minuman, tetapi juga dalam bentuk rokok. Penasaran nggak sih gimana cara menikmati espresso yang paling optimal?

Langsung aja kita bahas, cara tepat menikmati espresso biar rasanya semakin sedap serta alternatif menikmati espresso dalam bentuk rokok. Check it out!

1. Putar Cangkir Perlahan

Sebetulnya, cara minum espresso adalah dengan langsung diteguk habis pada tegukan pertama setelah espresso disajikan. Cara ini disebut dengan single shot. Namun, ternyata ada cara lain menikmati espresso, yaitu jangan langsung diseruput sampai habis. Nikmati espresso secara perlahan sambil lo putar-putar cangkirnya sedikit.

Cara memutar-mutar cangkir espresso ini bisa membuat aroma espresso yang ada di dalam cangkir lebih keluar. Bisa dibilang cara minum ini mirip seperti meminum wine, yang diputar-putar dulu sedikit baru dinikmati. FYI, setiap gelas espresso memiliki aroma tersendiri tergantung pada jenis biji kopi yang digunakan. Nah, sayang banget kalau lo melewatkan aroma espresso yang khas ini dalam sekali teguk saja.

2. Menyeruput Sampai Berbunyi

Nggak seperti minum air putih atau minuman lainnya yang langsung diteguk, menikmati espresso yang paling nikmat itu adalah dengan cara diseruput pelan-pelan sampai berbunyi “slurp”. Kenapa harus kayak gitu? Nah, cara ini bertujuan agar lidah lo bisa lebih maksimal dalam mengecap rasa espresso, mulai dari base, notes, hingga after taste.

Menyeruput espresso perlahan-lahan hingga berbunyi “slurp” bakal membantu lo mengetahui dan menjelaskan rasanya seperti apa. Mungkin lo bisa merasakan rasa seperti lemon atau cocoa almond tergantung pada jenis biji kopi yang digunakan.

3. Minum Air Mineral Dingin

Biasanya, kalau lo memesan espresso di kedai-kedai kopi, mereka akan memberikan lo segelas air mineral dingin bersamaan dengan gelas espresso yang lo pesan. Fungsi dari air putih ini adalah untuk menetralisir indra perasa lo supaya lo bisa terus menikmati setiap cita rasa yang ada di cangkir tersebut dari awal sampai akhir. Air mineral ini akan mencuci langit-langit mulut lo di setiap tegukannya, sehingga lo bisa merasakan rasa asli dari tiap teguk espresso yang lo minum.

4. Camilan Manis sebagai Pendamping

Untuk benar-benar merasakan semua rasa dari secangkir espresso, biasanya lo harus meminumnya dalam 3 kali tegukan. Di tegukan yang pertama lo bakal merasakan rasa yang paling kuat. Kemudian, di tegukan kedua lo akan merasakan komposisi dan kandungan espresso, dan terakhir adalah yang paling manis.

Nah, untuk menetralisir rasa pahit dari espresso, kafe-kafe di Italia kadang juga menyajikan espresso dengan sepotong camilan manis seperti cokelat. Espresso yang pahit akan lebih menyatu di dalam mulut saat dinikmati bersama cokelat, cake, atau brownies. Lo bisa makan dulu cemilannya dan kemudian seruput espressonya. Rasa di mulut nggak akan pahit karena sudah ada rasa manis dari cemilannya.

5. Espresso dalam Rokok

Nggak hanya dalam bentuk minuman, sekarang lo juga bisa menikmati espresso dalam bentuk rokok. Yup, Djarum baru saja mengeluarkan varian baru Djarum Super Espresso yang unik banget. Dengan perpaduan antara antara tembakau, cengkeh dan citarasa espresso, lo bisa menikmati espresso dalam bentuk yang berbeda.

Inovasi baru dari Djarum ini cocok banget buat lo yang suka menikmati espresso sambil ngerokok. Keduanya kini tergabung dalam satu produk yang lebih praktis. Nikmati rokok Djarum Super Espresso secara perlahan untuk merasakan keunikan rasanya.

So, itu dia Superfriends beberapa cara menikmati espresso yang paling pas. Mulai dari menikmati minumannya hingga rokok dengan rasa espresso, semua bisa lo coba sesuai dengan keinginan. Kalau lo kira-kira tertarik coba rokok espresso baru dari Djarum Super Espresso nggak?

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Tips #eksplorasi-kopi

Source:Superadventure

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

KOMPOSISI TIM YANG BISA IKUTAN ADVENTURE RACE!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Sweeper Si Penutup Barisan yang Punya Tanggung Jawab Besar

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Suka Naik Gunung Harus Tahu SIMAKSI!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Bikin Campervan Murah Sendiri? Bisa Kok!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mau Jadi Master Tahan Nafas Saat Diving? Ini Dia Tipsnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tetap Hangat dan Nyaman Saat Kehujanan di Gunung

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Arung Jeram: Petualangan Seru dengan Berbagai Tingkat Kesulitan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

GEAR YANG HARUS KALIAN SIAPKAN UNTUK ADVENTURE RACE!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Macam- Macam Tools Descending untuk Keamanan dan Kenyamanann

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

3 Tips Jitu untuk Menguasai Teknik Rappelling Dasar

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /