Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

david-marcu-8TJbrQGKFyU-unsplash

Author : Admin Adventure

Article Date : 09/05/2024

Article Category : News

Ketika akan mendaki gunung, selain kondisi fisik yang prima, peralatan merupakan hal utama yang harus dipersiapkan. Peralatan wajib yang harus dibawa untuk menunjang aktivitas mendaki gunung memang sangat banyak. Apalagi ditambah dengan perlengkapan pribadi yang terkadang nggak sedikit.

Hal itu terkadang membuat pendaki melewatkan beberapa perlengkapan yang dianggap sepele, tetapi sebenarnya kalau tidak dibawa akan bikin repot sendiri. Nah, penasaran apa saja perlengkapan pendakian yang sering dilupakan tapi sebenarnya penting? Berikut adalah 5 barang tersebut

  • Buff atau masker kain 

Buff atau masker kain sebenarnya barang penting loh saat mendaki gunung. Apalagi saat musim kemarau, jalur pendakian akan sangat berdebu dan bisa mengganggu pernapasan. Kalau kamu tidak menggunakan buff, perjalanan kamu akan terganggu karena banyak debu berterbangan yang bisa saja membuat sesak napas.

Saat mendaki gunung yang masih memiliki aktivitas vulkanik, buff atau masker kain juga menjadi barang yang wajib dibawa dan digunakan. Supaya terlindung dari asam sulfatara atau zat belerang yang sangat menyengat.

Masker kain atau buff ada berbagai macam jenisnya, kamu bisa memilih yang minimalis tapi multifungsi. Seperti masker kain persegi atau buff yang bisa dipakai penutup kepala ataupun penahan keringat.

 

 

  • Tas Slempang Outdoor

Barang yang kedua adalah tas slempang. Pasti kamu akan bertanya, ngapain sih bawa tas slempang segala, kan udah bawa carrier? Eits, tas slempang sangat berguna loh saat dibawa mendaki gunung.

Tas slempang berguna untuk menyimpan barang-barang penting seperti handphone, dompet, powerbank, kamera, obat-obatan pribadi, dan perlengkapan lain yang suatu saat kamu butuhkan dan perlu mengambilnya dengan cepat. Namun, jika kamu tidak membawa tas selempang, kamu harus berhenti berjalan saat trekking untuk membongkar carrier dan mencari barang-barang tersebut.

Jadi repot sendiri kan? Oleh karena itu, bawalah tas selempang agar kamu mudah mengambil barang-barang penting di tas yang kamu selempangkan di depan badan kamu. Tapi pilihnya tas slempang outdoor ya, dan yang tidak terlalu besar, supaya lebih praktis dan tidak mudah rusak.

  • Sunblock/sunscreen

Kebanyakan pendaki laki-laki pasti mengira barang ini tidak penting dan diperuntukkan hanya untuk perempuan. Padahal di era pendidihan bumi seperti ini, radiasi sinar matahari yang meningkat bisa saja meningkatkan risiko kulit terbakar.Kalau kamu tidak membawa sunblock atau sunscreen, kulit kamu menjadi tidak terlindungi dari paparan sinar matahari, sehingga bisa saja kulit kamu merah-merah atau bahkan gosong. Jika sudah begitu, repot juga nantinya kalau mau foto di puncak, kamu jadi kurang percaya diri.

Meskipun terkadang setelah mendaki, kulit menjadi gelap itu tidak bisa dihindari, setidaknya memakai sunblock atau sunscreen bisa meminalkan resiko agar kulit tidak gosong. Kamu bisa memilih sunblock atau sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Sebaiknya pilihlah yang mengandung lebih dari SPF 30.

  • Daypack kecil/Running Vest

Udah bawa carrier, terus tas selempang, masih juga harus bawa daypack kecil atau running vest? Yup daypack atau running vest meskipun dianggap sepele dan tidak perlu dibawa, tetapi sebenarnya barang ini bisa mempermudah kamu ketika summit lho.

Saat summit, supaya lebih ringan, para pendaki biasanya akan meninggalkan barang-barangnya di camp dan memilih mendaki ke puncak hanya membawa air minum saja. Padahal selain air minum, ketika summit kamu perlu membawa P3K, jas hujan, camilan, dan barang penting lainnya yang tidak mungkin kamu tinggalkan di tenda, karena riskan akan kehilangan.

 

 

  • Kantong plastik

Barang ini memang terkesan sepele dan bisa didapat dengan mudah. Namun, saat mendaki gunung tidak membawa barang ini, kamu akan sedikit kerepotan kala turun hujan. Yup, kantong plastik, meskipun kecil dan ringan tetapi multifungsi.

Saat mendaki gunung pada musim penghujan, kantong plastik sangat berguna untuk membungkus perlengkapan kamu supaya tidak basah. Selain itu, kantong plastik juga bisa digunakan untuk membungkus pakaian kotor agar aroma dari pakaian kotor tidak menyebar.

Fungsi lainnya dari kantong plastik adalah bisa digunakan untuk menampung sampah selama pendakian agar tidak tercecer. Dari ketiga fungsi kantong plastik tersebut, pasti kamu akan repot jika tidak membawanya, serta kamu akan kesulitan mencari alternatif lain pengganti kantong plastik.

Itulah barang-barang sederhana yang dianggap sepele, tetapi ternyata penting untuk dibawa ketika mendaki gunung. Saat lupa membawanya, pendakian jadi terasa lebih ribet dan repot.

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Hiking #Beginner #Tips

Source:KOMPASIANA

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Gak Perlu Jauh-Jauh! Ini 5 Wisata Perbatasan Indonesia dan Malaysia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

7 Alat Navigasi Penting yang Wajib Lo Bawa Saat Hiking

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

7 Teknik Mendayung saat Rafting, Hadapi Arus Gak Pake Panik!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

MITOS MEMANCING DI RANU KUMBOLO, APAKAH BENAR?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

FLANEL, DARI STELAN MENDAKI MENJADI FASHION SEHARI-HARI!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

KENAPA OMBAK PANTAI SELATAN INDONESIA COCOK UNTUK SURFING?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Soto Kudus, Soto Unik Menggunakan Daging Kerbau

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

VIRALNYA SEPATU SALOMON ANAK SKENA!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

SURFING AMAN, PENTING UNTUK BISA BERENANG!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

YANG SUKA ADVENTURE DI ALAM TERBUKA DAN DAERAH PELOSOK SEKARANG SUDAH BISA INTERNETAN!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /