Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

5 Jenis Sepeda Gunung yang Harus Lo Ketahui Agar Sesuai Kebutuhan, Nih!

Author :

Article Date : 12/12/2018

Article Category : Gear

Sepedahan di atas aspal atau jalan yang datar-datar saja mungkin dinilai nyaman dan aman bagi sebagian orang. Tapi, tidak sama sekali untuk para petualang.

Para petualang, khususnya para penggila sepeda gunung yang membutuhkan trek-trek ‘gila’ dan kadang tidak masuk diakal, tentu membutuhkan juga sepeda-sepeda yang mumpuni untuk melewati segala halang rintang yang ada di trek.

[readalso url=19244]

Mountain Bike, atau biasanya sepeda gunung yang digunakan para petualang, mempunyai spek sendiri-sendiri, lho. Spesifikasi sepeda gunung tersebut biasanya juga tergantung kebutuhan dan trek-trek yang akan dilewati.

Nah, bahasan kali ini – setidaknya ada lima jenis mtb yang bisa lo ketahui dan bisa lo cocokan dengan segala kebutuhan lo saat bersepeda serta trek dan kondisi jalur yang mungkin akan sering lo lewati.

Cross Country Mountain Bikes

5 Jenis Sepeda Gunung yang Harus Lo Ketahui Agar Sesuai Kebutuhan, Nih! credit photo: gearpatrol.com

Mountain Bike yang satu ini cukup berbeda dengan yang lainnya. Perbedaan ini jelas terlihat di kebutuhan si penunggangnya yang butuh kenyamanan saat goes sepeda tersebut. Cross Country Mountain Bike biasanya melewati jarak-jarak yang cukup jauh.

Jarak cukup jauh tersebut belum termasuk halang rintang yang ada di jalur tersebut. Oleh karena itu, Cross Country Mountain Bikes juga mempunyai dua jenis sepeda gunung lainnya. Pertama XC Race Bike – yang dibutuhkan oleh mereka yang butuh kecepatan tinggi untuk memenangkan balapan.

Kedua, XC Trail Bikes adalah sepeda gunung yang digunakan untuk Cross Country namun mementingkan ketahanan sepeda serta kenyamanan pengendara. Cukup berbeda jauh dengan jenis sebelumnya, suspensi yang ada di sepeda gunung jenis ini tentu menjadi faktor utama yang membuat sepeda ini tetap nyaman walau melintasi jarak yang cukup jauh serta rintangan yang bervariasi.

Enduro Mountain Bikes

5 Jenis Sepeda Gunung yang Harus Lo Ketahui Agar Sesuai Kebutuhan, Nih! credit photo: gearpatrol.com

Cukup mirip dan mempunyai kesamaan yang banyak, namun yang jelas Enduro Mountain Bike mempunyai frame atau bingkai sepeda yang jauh lebih kuat dari pada Cross Country Bike. Selain bingkai yang kuat, suspensi yang lebih nyaman dari pada yang lain.

Sepeda gunung enduro ini biasanya digunakan lebih lama dari pengendara Cross Country bike. Biasanya jarak yang ditempuh oleh pengendara sepeda gunung enduro juga lebih jauh. Oleh karena itu, walaupun bingkai sepeda lebih kuat dan suspensi depan serta tengah yang mumpuni, sepeda ini tetap ringan.

Nah, jika Cross Country Mountain Bikes dan Enduro Mountain Bikes digabungkan – maka akan terbentuk salah satu jenis lain dari sepeda gunung lainnya, yaitu Downhill Mountain Bikes!

Downhill Mountain Bikes

5 Jenis Sepeda Gunung yang Harus Lo Ketahui Agar Sesuai Kebutuhan, Nih! credit photo: dirtmountainbike.com

Sepeda gunung satu ini di desain untuk para pengendara yang akan downhill dan cepat serta melewati berbagai tantangan serta lompatan-lompatan berbahaya. Oleh karena itu, desain dari sepeda downhill ini tetap akan mengutamakan bingkai yang super kuat, suspensi yang mumpuni serta bobot sepeda yang ringan untuk bisa dibawa ke mana-mana.

Walau tidak murah, namun sepeda jenis downhill ini akan membuat petualangan lo menembus trek apapun pasti bisa. Namun, sepeda ini hanya untuk menuruni trek ya, sepeda ini tidak begitu nyaman untuk menanjak.

Freeride Mountain Bikes

5 Jenis Sepeda Gunung yang Harus Lo Ketahui Agar Sesuai Kebutuhan, Nih! credit photo: youtube.com

Nah, kalau yang ini juga cukup mirip dengan sepeda downhill. Bedanya, Freeride Mountain Bikes ini mempunyai bobot yang ringan untuk kelas sepeda gunung. Hal ini dikarenakan oleh bingkainya yang dibuat lebih fleksibel dari pada bingkai sepeda gunung lainnya.

Secara spesifikasi, Freeride Bikes ada di tengah-tengah dari downhill bike dan XC bikes. Sepeda gunung ini benar-benar dibuat untuk para pengendara yang senang melompat tinggi dan bergerak dengan bebas. Oleh karena itu, Freeride Bikes lebih ringan dari pada yang lain.

Dirt Jump Bikes

5 Jenis Sepeda Gunung yang Harus Lo Ketahui Agar Sesuai Kebutuhan, Nih! credit photo: gtbicylces.com

Dirt Jump Bikes ini adalah gabungan dari Freeride Bikes dan BMX – tidak heran jika sepeda ini tidak begitu fasih untuk diajak ke trek-trek di alam bebas. Trek yang bisa dilewati oleh Dirt Jump Bikes sekarang ini biasanya lebih ke urban track.

Urban track biasanya lebih cenderung terkenal dengan rintangan-rintangan yang dibuat oleh manusia. Walau begitu, Dirt Jump Bikes juga punya DNA seperti motorcross, lho. Jadi, bisa lo gunakan juga untuk melewati gundukan tanah yang tinggi seperti motorcross.

Sepeda ini tentu mempunyai bingkai kuat serta ringan dan suspensi terbaik karena bisa digunakan untuk atraksi di udara dan mendarat ke tanah lagi dengan kecepatan tinggi. Oleh karena itu, sepeda gunung satu ini dibuat sedemikian rupa.

[readalso url=19250]

Wah bagaimana nih bro? Buat lo yang sudah berencana untuk mempunyai sepeda gunung, kira-kira jenis yang mana nih yang sesuai dengan kebutuhan lo? Kalau sudah ada, lo bisa beli yang sudah jadi atau custom sendiri saja, lho!

 

Source

Feature Image - vitalmtb.com

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #downhill #Extreme #Offroad Adventure #solo-backpacker #solo-traveling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Gear

Ini Waktu yang Tepat Buat Ganti Sepatu Gunung

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Gear

Kenalin Teknologi Helm Sepeda Terbaik, Udah Punya?

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Gear

Cara Cek Suspensi Mobil Buat Perjalanan Jauh

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Gear

Jangan Asal Pilih Wireless Earbuds Buat Olahraga, Ini Caranya!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Gear

Celana Kargo, Bawahan Paling Simple Buat Traveling dan Mendaki

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Gear

Rekomendasi Style Anti Monoton Buat Para Pendaki Tangguh!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Gear

Ciri-ciri Tas Gunung Murah Tapi Kualitasnya Sempurna

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Gear

Cara Merawat Gear Diving Biar Awet dan Terjaga Kualitasnya

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Gear

Kenali Teknik Penggunaan Equalizing dan Anchor Pada Panjat Tebing

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Gear

Cara Memilih Jaket Windbreaker Buat yang Suka Sepedaan

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /