Perawakan motor ini memang 11-12 alias nggak kelihatan beda jauh. Namun kalau dilihat lebih jeli, perbedaan motor trail dan supermoto cukup signifikan lho.
Secara tampilan, keduanya sama-sama jangkung. Baik motor trail maupun supermoto bisa dibilang gahar banget buat menerabas medan sulit, mau itu lumpur, jalanan becek, atau mengaspal di jalan super mulus, dua motor ini bisa lo andalkan.
Tenaga dan torsinya nggak bikin lo ciut di jalan. Tapi memang kalau dari spesifikasi cukup jauh. Nih simak dulu ya bro, biar nggak bimbang mau pilih motor trail atau supermoto buat lo pakai berpetualang.
[readalso url=21416]
Perbedaan di Kaki-kaki

Perbedaan paling mendasar di dua motor ini yakni pada bagian kaki, seperti ban. Kalau untuk kuda besi supermoto itu menggunakan ban yang karakternya akrab sama jalanan aspal. Nah, kalau motor trail itu karakter bannya bercorak kotak-kotak menonjol. Tonjolan itu bisa menghasilkan cengkraman maksimal pada ban untuk trek berlumpur, pasir, atau kerikil. Jadi, kalau lo mau petualangan di jalan lumpur, ada baiknya lo pilihnya motor trail, bukan supermoto.
Selain itu, perbedaan yang bisa lo temukan juga tampak pada bagian pelek. Standarnya, motor trail bawaan pabrik itu sudah terpasang pelek ukuran 16 untuk bagian depan dan 19 pada bagian belakang. Tapi kalau lo mau bikin motor lebih gahar lagi di jalanan bertanah, bisa juga di modifikasi pakai pelek ukuran 18 untuk depan, terus bagian belakang dipasang pelek ukuran 21. Terus gimana kalau supermoto? Pelek supermoto memakai pelek ukuran 17 inci untuk depan belakang atau 16,5 inci untuk depan.
Oh iya satu lagi bro. Masih untuk urusan kaki, suspensi dua motor ini hampir sama. Artinya supermoto atau motor trail memiliki suspensi depan teleskopik bawaan yang bisa diatur.
[readalso url=21406]
Jenis Motor

Image source: seputarmotor.id
Untuk motor traik memiliki beberapa jenis, antara lain yang masuk dalam kategori keluarga yakni, dual sport, motard, enduro, motocross, dan adventure. Apa aja sih kelebihan dan kekurangannya dari empat tipe motor trail tadi?
Dual sport itu bisa digunakan di jalan raya, semi offroad, maupun offroad. Motor ini bisa dikendarai di jalan raya. Pokoknya syarat-syarat motor di jalan umum sudah terpasang sebagai spesifikasi motor seperti lampu utama, lampu belakang, sein, klakson, spion, speedometer, pelat nomor, hingga knalpot sesuai aturan emisi.
Kalau motard kerap disebut juga supermoto. Pada prinsipnya sama dengan dual sport tapi berbeda pada bagian kaki-kaki. Ukuran pelek depan dan belakang bisanya satu ukuran.
Kemudian untuk jenis enduro biasa digunakan sebagai kendaraan untuk menguji ketahanan. Motor ini punya transmisi hingga enam percepatan dan karakter ban kotak-kotak. Kalau lo pakai motor ini di jalan umum alias beraspal kurang cocok.
Lalu motocross bisa dibilang mirip dengan enduro, sama-sama tidak legal dikendarai di jalan raya. Motocross tidak memiliki bagian seperti lampu sein, lampu belakang, klakson, spion, termasuk lampu utama. Maklum sih, motor ini digunakan untuk balap di arena offroad.
Nah, kalau adventure itu motor yang didesain untuk perjalanan jarak jauh dengan kemampuan offroad yang plus-plus. Lo bisa tunggangi motor ini bukan cuma di hutan. Tapi juga bisa dipakai untuk melintasi antar negara. Kapasitas bahan bakarnya besar, bro!
Sedangkan supermoto jenisnya itu ada road race dan flat track. Nah, dari penjelasan di atas, bisa memudahkan lo untuk memilih mana yang cocok untuk petualangan. So, cermat memilihnya ya, bro!
Source: https://www.liputan6.com/otomotif/read/3151075/bingung-pilih-motor-trail-atau-supermoto-ini-perbedaannya
ARTICLE TERKINI
Article Category : Extreme Action
Article Date : 07/04/2020
0 Comments
Daftar dan Dapatkan Point Reward dari Superlive
Please choose one of our links :