Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Sama-sama Tangguh Buat Adventure! Lo Pilih Motor Trail Atau Supermoto?

Perawakan motor ini memang 11-12 alias nggak kelihatan beda jauh. Namun kalau dilihat lebih jeli, perbedaan motor trail dan supermoto cukup signifikan lho.

Secara tampilan, keduanya sama-sama jangkung. Baik motor trail maupun supermoto bisa dibilang gahar banget buat menerabas medan sulit, mau itu lumpur, jalanan becek, atau mengaspal di jalan super mulus, dua motor ini bisa lo andalkan.

Tenaga dan torsinya nggak bikin lo ciut di jalan. Tapi memang kalau dari spesifikasi cukup jauh. Nih simak dulu ya bro, biar nggak bimbang mau pilih motor trail atau supermoto buat lo pakai berpetualang.

[readalso url=21416]

Perbedaan di Kaki-kaki

Perbedaan paling mendasar di dua motor ini yakni pada bagian kaki, seperti ban. Kalau untuk kuda besi supermoto itu menggunakan ban yang karakternya akrab sama jalanan aspal. Nah, kalau motor trail itu karakter bannya bercorak kotak-kotak menonjol. Tonjolan itu bisa menghasilkan cengkraman maksimal pada ban untuk trek berlumpur, pasir, atau kerikil. Jadi, kalau lo mau petualangan di jalan lumpur, ada baiknya lo pilihnya motor trail, bukan supermoto.

Selain itu, perbedaan yang bisa lo temukan juga tampak pada bagian pelek. Standarnya, motor trail bawaan pabrik itu sudah terpasang pelek ukuran 16 untuk bagian depan dan 19 pada bagian belakang. Tapi kalau lo mau bikin motor lebih gahar lagi di jalanan bertanah, bisa juga di modifikasi pakai pelek ukuran 18 untuk depan, terus bagian belakang dipasang pelek ukuran 21. Terus gimana kalau supermoto? Pelek supermoto memakai pelek ukuran 17 inci untuk depan belakang atau 16,5 inci untuk depan.

Oh iya satu lagi bro. Masih untuk urusan kaki, suspensi dua motor ini hampir sama. Artinya supermoto atau motor trail memiliki suspensi depan teleskopik bawaan yang bisa diatur.

[readalso url=21406]

Jenis Motor

Image source: seputarmotor.id

Untuk motor traik memiliki beberapa jenis, antara lain yang masuk dalam kategori keluarga yakni, dual sport, motard, enduro, motocross, dan adventure. Apa aja sih kelebihan dan kekurangannya dari empat tipe motor trail tadi?

Dual sport itu bisa digunakan di jalan raya, semi offroad, maupun offroad. Motor ini bisa dikendarai di jalan raya. Pokoknya syarat-syarat motor di jalan umum sudah terpasang sebagai spesifikasi motor seperti lampu utama, lampu belakang, sein, klakson, spion, speedometer, pelat nomor, hingga knalpot sesuai aturan emisi.

Kalau motard kerap disebut juga supermoto. Pada prinsipnya sama dengan dual sport tapi berbeda pada bagian kaki-kaki. Ukuran pelek depan dan belakang bisanya satu ukuran.

Kemudian untuk jenis enduro biasa digunakan sebagai kendaraan untuk menguji ketahanan. Motor ini punya transmisi hingga enam percepatan dan karakter ban kotak-kotak. Kalau lo pakai motor ini di jalan umum alias beraspal kurang cocok.

Lalu motocross bisa dibilang mirip dengan enduro, sama-sama tidak legal dikendarai di jalan raya. Motocross tidak memiliki bagian seperti lampu sein, lampu belakang, klakson, spion, termasuk lampu utama. Maklum sih, motor ini digunakan untuk balap di arena offroad.

Nah, kalau adventure itu motor yang didesain untuk perjalanan jarak jauh dengan kemampuan offroad yang plus-plus. Lo bisa tunggangi motor ini bukan cuma di hutan. Tapi juga bisa dipakai untuk melintasi antar negara. Kapasitas bahan bakarnya besar, bro!

Sedangkan supermoto jenisnya itu ada road race dan flat track. Nah, dari penjelasan di atas, bisa memudahkan lo untuk memilih mana yang cocok untuk petualangan. So, cermat memilihnya ya, bro!

 

Source: https://www.liputan6.com/otomotif/read/3151075/bingung-pilih-motor-trail-atau-supermoto-ini-perbedaannya

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Extreme #solo-traveling

Article Category : Extreme Action

Article Date : 07/04/2020

Superadventure
Superadventure
Admin Adventure
Penulis artikel petualangan outdoor dan ekstrem yang bawain kisah mendaki tebing, arung jeram, sampai menjelajah jalur off-road. Buat gue, petualangan itu lebih dari sekadar jalan-jalan, ini soal uji mental dan fisik. Tiap cerita gue kemas biar Superfriends kebawa sensasinya. Gue pengen lo yang baca ngerasa termotivasi buat keluar dari zona nyaman. Kalau lo suka tantangan alam, artikel di sini bakal bikin lo pengen langsung berangkat.

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Extreme Action

Tentang Highlining, Olahraga Ekstrem yang Menantang Maut

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Extreme Action

Tantangan Berat Gowes Sepeda dalam Kondisi Hujan

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Extreme Action

Atraksi Wisata Ekstrem yang Bisa Dilakukan di Wilayah Perairan

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Extreme Action

Tentang Zipline yang Populer di Kalangan Penggemar Olahraga Ekstrem

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /

Daftar dan Dapatkan Point Reward dari Superlive