Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

anaman obat

Author : Admin Adventure

Article Date : 28/05/2023

Article Category : News

Luka luar memang sulit banget dihindari nih Superfriends, apalagi kalau lo hobi melakukan kegiatan luar ruangan dan olahraga ekstrem. Tapi tenang, karena di Indonesia ada banyak tanaman obat yang ampuh buat pertolongan pertama kalau mengalami luka luar. Apa saja tanaman-tanaman obat ini? Sila simak ulasan selengkapnya berikut ini, Superfriends!

Para pencinta kegiatan luar ruangan dan olahraga ekstrem mulai dari bersepeda, mendaki gunung, trail running, parkour sampai skateboard pasti sudah pernah merasakan yang namanya luka luar atau luka pada bagian kulit. Benar apa betul, Superfriends?

Luka jenis ini memang bisa sembuh dengan sendirinya, tapi biasanya bakal membutuhkan waktu yang lumayan lama. Kalau lo orang yang nggak sabaran dan pengin sembuh dengan cara yang aman, berarti lo bisa gunakan tanaman obat yang gampang ditemui, Superfriends.

Selain itu, tanaman-tanaman ini bisa juga digunakan sebagai pertolongan pertama, lho. Biar bisa lebih paham sikon nantinya, mending pahami dulu beberapa tanaman obat buat pertolongan pertama kalau mengalami luka luar berikut ini, Superfriends!

Lidah Buaya

Image source: elements.envato.com/sommai

Selain buat perawatan wajah dan rambut, ternyata lidah buaya juga bisa buat mengobati luka luar lho, Superfriends. Yup, tanaman ini memang dikenal sebagai tanaman serbaguna. Kandungan Vitamin B6 pada lidah buaya berperan mengobati rasa sakit dan menciptakan antibodi buat melindungi sistem kekebalan tubuh.

Lidah buaya juga disebut-sebut memiliki sejumlah senyawa aktif yang bisa mencegah masuknya bakteri, Superfriends. Bahkan, daunnya pun mengandung zat antibakteri, antijamur, dan antivirus yang bisa mencegah perkembangan luka jadi infeksi.

Cara menggunakannya pun gampang banget nih, Superfriends. Pertama, lo bisa ambil beberapa batang lidah buaya. Setelah itu, potong dan belah. Ambil lendirnya lalu tempelkan pada daerah kulit yang luka.

Bentuk gelnya ini merupakan obat topikal buat mengobati luka bakar dan mempercepat penyembuhan luka. Karena lidah buaya adalah anti-inflamasi alami yang meningkatkan sirkulasi darah. Ia juga memiliki sifat antibakteri yang bisa menghentikan pertumbuhan bakteri lho, Superfriends.

Batang Daun Talas

Image source: elements.envato.com/wirestock

Tanaman obat buat pertolongan kalau mengalami luka luar yang selanjutnya yaitu ada batang daun talas nih, Superfriends. Tanaman talas memang dikenal kaya akan senyawa flavonoid yang bersifat antibakteri.

Senyawa ini bisa membantu proses penyembuhan luka luar, dengan cara mencegah kulit terinfeksi bakteri, Superfriends. Batang daun talas pun memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu buat meredakan rasa nyeri akibat luka.

Senyawa tanin yang ada pada daun talas juga dipercaya bisa menunjang penyembuhan luka dengan cara membuat pori-pori kulit mengecil, sehingga meminimalisasi pendarahan. Cara menggunakannya pun gampang banget, petik beberapa daun talas, lalu tempelkan getahnya pada area yang terluka dan diamkan beberapa saat ya, Superfriends!

Daun Binahong

Image source: shutterstock.com/Adheamir

Selanjutnya, yaitu ada daun binahong yang mengandung antiseptik dan bisa menyembuhkan luka secara cepat nih, Superfriends. Selain itu, di dalam tanaman menjalar ini juga terdapat anti-inflamasi yang bisa membantu mengurangi bengkak dan memar akibat luka.

Buat menggunakannya, lo bisa ambil beberapa helai daun binahong, lalu tumbuk sampai halus. Kemudian, tempelkan pada area kulit yang terluka dan diamkan beberapa saat ya, Superfriends!

Cocor Bebek

Image source: shutterstock.com/nnattalli

Selain bisa digunakan sebagai koleksi tanaman hias, daun cocor bebek ternyata juga bisa digunakan sebagai pengganti antiseptik lho, Superfriends. Pasalnya, cocor bebek ini mengandung anti-inflamasi dan antibakteri yang bisa menyembuhkan luka kulit luar.

Buat menggunakannya, lo bisa ambil beberapa helai daun cocor bebek, lalu tumbuk sampai halus. Kemudian, campur dengan air secukupnya, lalu tempel pada area luka. Diamkan beberapa jam sampai mengering ya, Superfriends!

Nah, itulah beberapa tanaman obat buat pertolongan pertama kalau mengalami luka luar. Lo pernah punya pengalaman apa terkait tanaman-tanaman obat tersebut? Atau, masih ada tanaman obat yang belum masuk dalam daftar di atas? Ceritakan di kolom komentar ya, Superfriends!

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Trending #Wilderness

Source:https://www.brilio.net/kesehatan/7-tanaman-obat-ampuh-sembuhkan-luka-luar-mudah-ditemukan-210304n.html#

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Traveling ke Bali, Ini Deretan Etika yang Wajib Lo Patuhi!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Deretan Aktivitas Menantang yang Bisa Lo Lakukan di Baturraden Adventure Forest

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Bandung, dari Tradisional hingga Kekinian

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Deretan Jenis Buff yang Wajib Lo Ketahui, Jangan Sampai Salah Pilih!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Bali Masuk dalam Jajaran Destinasi Wisata Paling Murah Meriah di Dunia 2024

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mau Naik Gunung Lewat Open Trip? Simak Tips Ini Dulu, Superfriends!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Road Trip Lewat Jalur Selatan? Ini 5 Wisata Alam Wajib Lo Kunjungi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Misteri Goa Pindul: Jejak-Jejak Gaib di Balik Keindahan Alam

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Memahami Grading Arus Rafting: Seberapa Sulitnya Perjalanan Lo?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Lawang Sewu: Eksplorasi Mitos Bangunan Bersejarah Semarang

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /