Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Gunung Leuser dan Carstenz Pyramid

Author : Admin Adventure

Article Date : 13/07/2022

Article Category : Places & Gears

Gunung Leuser dan Carstensz Pyramid tentu jadi dua gunung yang paling sulit dijelajahi di Indonesia. Gunung Leuser terletak di Provinsi Aceh, sedangkan Carstenz Pyramid terletak di timur Indonesia, tepatnya Provinsi Papua Tengah, Superfriends.

Gunung Everest di perbatasan Nepal dan Tibet (8.848 mdpl), Denali di Alaska (6.194 mdpl), Aconcagua di Argentina (6.962 mdpl) sampai Kilimanjaro di Tanzania (5.895 mdpl) memang jadi gunung yang terbilang sangat sulit untuk dijelajahi.

Tapi ternyata, di wilayah Indonesia juga ada dua gunung yang benar-sulit sulit didaki dan memerlukan persiapan yang benar-benar matang dan juga budget atau biaya yang nggak sedikit nih, Superfriends.

Tentunya tingkat kesulitan dari jalur dan trek pendakian dari dua gunung ini berbeda-beda. Bagi para pendaki yang sudah pernah menggapai puncak Gunung Leuser dan Carstenz Pyramid pasti sudah paham seberapa sulit untuk bisa mencapai puncaknya.

Dari dua puncak tersebut, kira-kira mana yang paling sulit dijelajahi, Gunung Leuser dan Carstenz Pyramid? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini, Superfriends!

Gunung Leuser, Aceh

Image source: instagram.com/rudi_kasriawandi

Mendaki gunung ini terbilang cukup sulit. Di mana jalurnya merupakan yang terpanjang di Indonesia, hutan tak tersentuh yang padat, sungai deras, bebatuan curam menjadi tantangan tersendiri. Namun bukan itu bahaya dan tantangan yang sesungguhnya, Superfriends.

Bahaya tersembunyi yang ada di gunung Leuser adalah terletak pada satwa liar. Jika lo tetap berada di jalur yang salah, ada kemungkinan bertemu ular, beruang, bahkan mungkin saja berpapasan dengan harimau.

Puncak Gunung Leuser dapat dicapai dalam waktu sekitar dua minggu. Gunung ini terletak di daerah yang relatif terpencil dan untuk mencapai titik awal pendaki harus beralih penerbangan di Aceh, Superfriends.

Gunung Leuser memiliki puncak tertinggi sekitar 3.381 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan kawasan di sekitarnya dijela sebagai salah satu taman nasional yang paling kaya dan juga terbesar di Indonesia.

Meskipun jalur pendakiannya sangat sulit, tapi menyusuri keindahan dan keragaman flora dan fauna di taman nasional ini pasti akan sangat berkesan dan menjadi pengalaman yang nggak akan bisa dilupakan seumur hidup, deh!

Taman nasional ini memiliki ekosistem alami, mulai dari pantai sampai area pegunungan tinggi dan dikelilingi oleh hutan tropis yang lebat dan subur. Saat ini taman nasional ini dikelola dengan menggunakan sistem zonasi untuk tujuan ilmu pengetauan, penelitian, pendidikan, dan juga untuk menunjang kegiatan pariwisata.

Carstensz Pyramid, Papua

Image source: instagram.com/penjelajah.nusantara_

Gunung Carstensz Pyramid merupakan atapnya Indonesia alias gunung tertinggi di negeri ini. Dengan ketinggiannya yang mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut (mdpl) membuat puncak gunung ini diselimuti salju.

Gunung yang terletak di Papua ini masuk ke dalam salah satu dari tujuh gunung tertinggi di dunia. Siapa sih yang nggak ingin ke gunung ini? Kalangan pendaki lokal maupun mancanegara selalu punya angan-angan menjejakkan kaki di puncak ini, Superfriends.

Puncak Jayawijaya atau Gunung Cartenz, telah menjadi cawan suci para petualang gunung, dengan Puncak Carstensz Pyramid merupakan sorotan yang tak boleh dilewatkan. Daerah ini memiliki formasi batuan yang menakjubkan dan beberapa danau yang terkadang tampak mengambang di atas awan.

Jika ingin melihat salju di khatulistiwa, lo harus mencadangkan banyak stamina dan membebaskan dua minggu penuh untuk ekspedisi. Durasi ini estimasi perjalanan pulang-pergi dari basecamp ke Puncak Carstenz ya Superfriends, bukan dari tempat tinggal masing-masing.

Nah, untuk mencapai puncaknya sangat sulit dengan tingkat resiko yang tinggi. Nggak semua pendaki mampu mencapai puncak ini, karena membutuhkan perjuangan yang nggak main-main. Buat pemula nggak disarankan naik gunung ini karena terlalu berbahaya.

Sebenarnya bukan nggak mungkin untuk pendaki pemula, tapi nggak direkomendasikan karena sangat riskan dan nyawa taruhannya. Well, perbanyak pengalaman dulu deh mendingan sebelum menjajal treknya Carstensz Pyramid nih, Superfriends.

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Hiking #Wilderness #Beginner #Extreme #Urban Places

Source:https://www.pendakicantik.com/gunung-leuser-dan-gunung-pyramid-dua-gunung-yang-sulit-di-daki/

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Places & Gears

Traveling ke Makassar, Ini Destinasi Wisata Kuliner yang Bisa Lo Kunjungi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Explore Kepulauan Mergui, Hidden Gem di Myanmar yang Asri dan Sunyi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Pendaki Newbie Wajib Tau! Ini Gunung di Jawa Tengah yang Cocok buat Lo

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Intip Semarang Contemporary Art Gallery, Destinasi Wisata Seni yang Estetik

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Rekomendasi Destinasi Wisata di Baturraden Banyumas, Ada Air Terjun Hingga Telaga

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Rekomendasi Wisata Kuliner di Manado, Ada Bubur Tinutuan hingga Kedai Es Legendaris

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Explore Tubbataha Reef, Surga Lautan Tersembunyi di Filipina yang Mempesona

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Deretan Gunung di Jawa Timur yang Cocok buat Pendaki Pemula, Gak Sampai 2.000 Mdpl

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Rekomendasi Museum di Semarang, Cocok Jadi Tujuan Urban Adventure

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Healing di Rawa Pening, Destinasi Wisata di Semarang yang Tenang dan Syahdu

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /