Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

5 Upacara Adat di Bali Menarik yang Ga Bisa Lo Lewatkan Begitu Saja, Nih!

Author :

Article Date : 06/11/2018

Article Category : Wilderness

Kalau bicara soal spot petualangan dan berbagai fasilitas yang ada di Bali – memang mungkin tidak ada habisnya. Pulau Dewata Bali – jelas sudah terkenal seantero dunia kalau pulau yang ada di Indonesia ini memang mempunyai segala keindahan alam yang luar biasa.

Segala keindahan alam yang luar biasa tersebut pun didukung oleh berbagai fasilitas yang memadai. Sebut saja seperti beach club, bar, pub dan deretan pantai-pantai yang menawan dengan berbagai fasilitas memadai tentu siap untuk memanjakan lo di sana.

[readalso url=19063]

Nah, selain hal-hal menarik yang sudah disebutkan di atas sebelumnya, Pulau Bali juga terkenal dengan berbagai upacara adat yang menarik. Percaya atau tidak, trend ‘sebuah rasa penasaran’ dengan upacara adat di Bali adalah salah satu trend yang dibawa oleh para petualang mancanegara.

Maklum, di tempat mereka berasal tentu tidak ada upacara adat yang digelar seperti yang ada di Bali. Oleh karena itu, wajar jika mereka sangat antusias mengikuti prosesi dan upacara adat tersebut. Hal ini kemudian menular ke petualang Indonesia juga, yang notabenenya mereka masih muda, atau petualang millennial.

Mereka pun juga ikut trend tersebut, mendatangi berbagai upacara adat di Bali, melihat bagaimana upacara tersebut berlangsung, dan tentu – berusaha mendapatkan momen-momen magis untuk direkam di peralatan fotografi mereka.

Nah, buat lo yang juga semakin penasaran dengan berbagai upacara adat di Bali, sila simak bahasan kali ini yang akan mengulas setidaknya lima upacara adat di Bali yang bisa lo saksikan langsung dan tentu ini diburu oleh berbagai petualang dari mancanegara!

Upacara Adat di Bali – Ngaben

5 Upacara Adat di Bali Menarik yang Ga Bisa Lo Lewatkan Begitu Saja, Nih! credit photo: balikami.com

Ngaben adalah salah satu upacara adat di Bali yang ditunggu oleh banyak petualang karena sakral dan berbagai aksi di dalamnya. Perlu lo ketahui nih bro, kalau Ngaben adalah upacara pembakaran jenazah yang dilakukan untuk menyempurnakan jenazah.

Upacara ini dilakukan jika ada orang yang meninggal baik secara langsung atau tidak. Biasanya masyarakat Bali dengan tingkat perekonomian mereka yang cukup tinggi, bisa melakukan Ngaben ini dalam kurun waktu 3-7 hari saja. Ngaben jenis ini disebut Ngaben Sawa Wedana.

Ngaben jenis lainnya yang sering dilakukan di Bali juga adalah Ngaben Asti Wedana. Di Ngaben ini, jenazah yang telah dikubur terlebih dahulu, kemudian digali lagi yang selanjutnya dibakar hanyalah tulangnya saja.

Tentu, untuk menunggu sang jenazah hanya tinggal tulang saja memakan waktu yang cukup lama. Upacara Ngaben di Bali tidak bisa diprediksi. Jika lo beruntung, upacara Ngaben yang besar – karena sang keluarga berasal dari keluarga ningrat, tentu upacara tersebut bisa membuat lo terkagum-kagum.

Upacara Adat di Bali – Melasti

5 Upacara Adat di Bali Menarik yang Ga Bisa Lo Lewatkan Begitu Saja, Nih! credit photo: simomot.com

Melasti adalah upacara besar yang biasanya digelar rutin tiap tahunnya. Biasanya, tiga hari menjelang perayaan Nyepi, penduduk Hindu di Bali melakukan upacara Melasti untuk penyucian diri. Penyucian diri tersebut mereka lakukan dengan mendatangi sumber-sumber air yang disakralkan.

Sumber-sumber air yang disakralkan seperti danau, mata air, hingga laut yang konon atau mereka percaya menyimpan mata air keabadian atau Amerta. Dalam upacara ini – pemangku Hindu akan memercikan air suci ke kepala setiap orang yang datang.

Tujuan pemercikan ini adalah untuk meluruhkan semua kotoran dan hal buruk di dalam tubuh agar jiwa dan raga kembali suci. Nah, kalau lo ingin menyaksikan upacara adat di Bali ini, lo bisa datang 3 atau 4 hari sebelum Nyepi.

Begitu sampai di sana, lo bisa menginap di hotel-hotel yang berdekatan dengan kuil Hindu yang cukup besar di berbagai wilayah seperti Kuta atau Uluwatu. Dengan begitu, lo tidak mudah untuk ketinggalan upacara adat Bali tersebut.

Upacara Adat di Bali – Saraswati

5 Upacara Adat di Bali Menarik yang Ga Bisa Lo Lewatkan Begitu Saja, Nih! credit photo: student.unud.ac.id

Upacara selanjutnya yang bisa lo temui jika tengah berada di Bali adalah Saraswati. Berbeda dengan Ngaben yang merupakan upacara untuk kematian, Saraswati adalah sebuah upacara untuk merayakan ilmu pengetahuan.

Upacara ini dilakukan untuk memuja atau mengagungkan Dewi Saraswai yang dipercaya membawa ilmu pengetahuan di Bumi, sehingga membuat orang di dunia ini menjadi pintar dan terpelajar. Oleh karena itu, di upacara ini – semua hal yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan, seperti buku dan kitab akan di didoakan.

Dalam upacara Saraswati ini, juga berisi pentas seni seperti tarian, pembacaan cerita, hingga malam sastra selama semalam suntuk. Biasanya, upacara Saraswati akan diadakan setiap 210 hari seali pada hari Sabtu Umanis Watugunung.

Upacara Adat di Bali – Omed-Omedan

5 Upacara Adat di Bali Menarik yang Ga Bisa Lo Lewatkan Begitu Saja, Nih! credit photo: boombastis.com

Nah, upacara adat di Bali yang ini cukup unik lho bro. Buat lo yang ingin menyaksikannya, datanglah sehabis Nyepi. Biasanya, ada upacara adat yang bernama Omed-Omedan yang akan berlansung di kawasan Banjar Kaja, Sesetan, Denpasar Bali.

Upacara ini biasanya dimulai dengan melakukan persembahyangan massal di Pura, dan selanjutnya, dua kelompok pemuda dan pemudi belum menikah dengan rentang usia 18-30 tahun akan mulai berhadapan.

Kemudian, biasanya aka nada satu pemuda dan pemudi yang maju lalu diguyur air, mereka akan saling berusaha bertarung dan kadang diakhiri dengan saling berciuman. Tradisi unik ini sudah ada sejak puluhan tahun silam dan masih dipertahankan hingga sekarang.

Nah, buat lo yang mau mencari jodoh, eh – ikut menyaksikan upacara adat di Bali yang bernama Omed-omedan ini, jangan lupa menginaplah di hotel-hotel sekitaran Denpasar, Bali, ya!

Upacara Adat di Bali – Mekare-kare

5 Upacara Adat di Bali Menarik yang Ga Bisa Lo Lewatkan Begitu Saja, Nih! credit photo: kintamani.id

Upacara adat di Bali yang ini tentu akan membuat diri lo berkaca seberapa tangguh lo sebagai laki-laki nih. Pasalnya, upacara adat di Bali yang dikenal dengan Mekare-kare ini adalah sebuah ajang di mana para lelaki menunjukan kehebatannya.

Mereka, para pemuda dan laki-laki dewaa akan bertarung dengan menggunakan pandan berduri sebagai senjatanya, dan sebuah tameng bulat yang dibuat dari rotan dan sejenisnya. Upacara adat ini adalah sebuah acara untuk menghormati Dewa Indra, yang merupakan dewa perang dalam Hindu.

Buat lo yang ingin menyaksikan upacara adat ini, pastikan lo datang di awal Juni ya. Oh iya, upacara adat ini juga dilakukan tiap tahun kok. Jadi, jangan khawatir akan ketinggalan ya.

[readalso url=19065]

Wah bagaimana nih bro? Semakin penasaran dong dengan berbagai upacara adat di Bali dan tidak sabar untuk berpetualang ke Bali? Kalau iya, langsung saja siapkan waktu untuk cuti dan libur dari rutinitas, berkemas dan berangkat!

 

Source

Feature Image - infobudaya.net

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#bali #Beginner #solo-backpacker #solo-traveling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /