Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Soccer

Article Date : 23/10/2023

Article Category : News

Sekarang ini ada banyak beberapa sebutan untuk pemain di sepakbola, sebelumnya lo juga pasti pernah mendengar Deep Lying Playmaker, False Nine, dan masih ada beberapa sebutan lainnya. Hadirnya itu juga yang membuat ada beberapa bagian yang dulunya sempat terkenal mulai tersisihkan, salah satunya itu adalah libero dalam sepak bola.

Era modern sekarang ini mungkin sudah asing dan tidak mengenal kembali sebutan tersebut karena libero sendiri terkenal pada tahun 60 hingga 80an. Kata libero sendiri berasal dari Italia yang diambil dari kata liberos yang berarti bebas atau mempunyai kebebasan dalam bermain. Nah, buat lo yang penasaran tentang libero, yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Mengenal Posisi Libero Dalam Sepak Bola

Dulunya, libero itu mempunyai tugas sebagai tambahan ekstra untuk memberikan perlindungan lebih kepada pemain posisi bek. Karena posisinya yang langsung berada di tengah lapangan, libero bisa memberikan perlindungan yang lebih maksimal sebelum pemain lawan masuk ke titik penalti. Jadi, peranannya sendiri mampu untuk menyapu dan menutupi ruangan di bek belakang.

Menariknya lagi, libero pun juga memiliki sudut pandang yang paling luas dibandingkan dengan pemain lainnya, sehingga peranannya untuk mengatur dan memberikan arahan atau instruksi kepada tim lainnya akan lebih maksimal. Tidak hanya itu saja, pada tahap ini juga libero mampu untuk menjaga bola dan second balls dari pemain lawan.

Posisi libero juga dituntut untuk bisa membaca permainan dengan baik karena semuanya harus dilakukan secara jeli dan jelas. Tugasnya pun sangat bervariasi, mulai dari memberikan operan, penetrasi, dan menggiring bola hingga sampai ke tengah lapangan. Sehingga, dulunya klub sangat membutuhkan sosok libero agar bisa menjaga ritme permainannya.

Di tengah perkembangan dan kemajuan sepak bola modern sekarang, peranan dari libero tidak lagi strategis seperti dulu kala. Hal ini dipengaruhi oleh aturan offside yang semakin canggih dan strategi 3 penyerang yang selalu dilakukan. Tapi, menurut beberapa pengamat sepak bola terkait libero itu tidak mengalami kematian, namun maknanya berganti saja dan berevolusi menjadi ball playing defender.

Apa Saja Tugas Sang Libero?

Jika mengambil dari beberapa sumber, ada beberapa hal yang menarik dari sang libero. Nah, apa saja itu? Yuk, simak penjelasan lengkapnya.

1. Memiliki Dua Gaya Permainan

Hal paling menarik dari seorang libero adalah mampu memutus operan dari lawan ke timnya dan mampu menutupi gerakan dari lawan dari klub lainnya. Sisi menarik lainnya, peranan libero itu jauh lebih bebas dibandingkan dengan pemain lainnya. Terutama sangat membangun serangan balik, seorang libero biasanya berada di tengah untuk membangun semangat dan menyerang.

2. Punya Tujuan yang Kuat

Dalam bermain seorang libero tidak bisa hanya bermain saja. Tentunya, dia harus memiliki visi dan misi yang kuat karena tujuannya untuk bisa memberikan perlawanan dan penetrasi ke pihak lawan, sehingga selain bermain secara maksimal namun otaknya juga harus membangun bagaimana bisa menghasilkan skor yang maksimal.

3. Skill yang Mumpuni

Tugas selanjutnya dari libero yaitu mampu menggiring bola dengan baik karena tindakan itu akan memberikan dampak yang besar kepada klub dan mampu memberikan dampak yang signifikan. Skill tersebut sangat berguna dan bermanfaat untuk bisa menciptakan serangan balik yang luar biasa dan tidak disangka sebelumnya oleh pihak lawan.

4. Otak Kunci Permainan

Menariknya lagi, tujuannya adalah bisa memberikan perlawanan kepada pihak musuh. Libero inilah yang membangkitkan semangat tersebut. Seorang libero harus mampu membagi bolanya dan bisa mendistribusikannya dengan baik, sehingga mampu menciptakan peluang gol-gol dan kemenangan buat timnya.

Pemain Libero Terbaik

1. Franz Beckenbauer

Lo mengenal sosok pemain satu ini? Jika lo tidak mengenalnya, rasanya sudah sewajarnya. Karena sosok pemain ini yang berhasil mendapatkan Ballon d’Or pada tahun 1972 dan 1976. Tidak tanggung-tanggung, pada masa itu dia mampu mendapatkan dua gelar dan termasuk prestasi yang memukau.

Franz Beckenbauer adalah sosok pemain emas karena pada masa itu libero benar-benar diperebutkan dan disegani oleh banyak orang. Perannya pun sangat sukses sebab mampu membawa timnas Jerman mendapatkan Piala EURO 1972 dan langsung mendapatkan kemenangan pada piala dunia setelah dua tahun berikutnya.

2. Franco Baresi

Selanjutnya, mungkin bergeser sedikit ke Italia. Libero satu ini memiliki postur tubuh yang mungil, tetapi memiliki pergerakan yang lincah dan mampu mengecoh pemain lawan. Pemain yang bernaung di AC Milan ini banyak memberikan kemenangan atau penghargaan kepada klub tersebut, bahkan mampu mendapatkan 6 kali gelar Serie A.

Bukan hanya itu saja, bersama timnas Italia Franco Baresi berhasil menyumbangkan dan mendapatkan piala dunia pada tahun 1982.

3. Harry Maguire dan Virgil Van Djirk

Libero sendiri memang sudah tidak ada lagi, namun konsep dan darahnya masih terus mengalir hingga sekarang. Sekarang, mungkin libero telah mengalami evolusi dan dikenal pada era sekarang adalah Ball Playing Defender. Jika mengacu pada kata tersebut, maka era modern bisa melihat dari permainan Harry Maguire dan Virgil Van Djirk.

Maguire berasal dari klub Manchester United ini memiliki tipikal umpan yang to the point, umpannya pun bisa dibilang sangat akurat dan mampu memberikan banyak peluang untuk pemain penyerang bisa menyamakan posisi atau memenangkan permainan. Selanjutnya, Virgil Van Djirk yang memperlihatkan serangan permainan dari bawah, sosok satu ini sangat menakjubkan.

 

Sebutan libero dalam permainan sepak bola mungkin sudah tidak ada lagi, tetapi perkembangannya masih terus berevolusi dan terus memberikan efek yang memukau dalam permainan sepak bola.

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Soccer

Source:Supersoccer

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Resmi, AC Milan Tunjuk Paulo Fonseca Sebagai Pelatih Baru

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tolak Manchester United, Bintang Fulham Ini Lebih Tertarik ke Bayern Munchen

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Juventus Siapkan Tawaran Buat Mason Greenwood, Segini Nilai Transfernya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Cristiano Ronaldo Umbar Tanda-tanda akan Gantung Sepatu

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Juventus Capai Kesepakatan dengan Giovanni Di Lorenzo

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Manchester United Coret Mauricio Pochettino dari Daftar Pengganti Erik Ten Hag

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tegas! Carlo Ancelotti Sebut Real Madrid Akan Menolak Piala Dunia Antarklub 2025

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Kata Eks Liverpool Arne Slot Selevel dengan Jurgen Klopp, Serius?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Como 1907 Bisa Makin Kuat! Fabregas Mau Bajak Alexis Sanchez dari Inter Milan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Terhimpit Salary Cap, Barcelona Belum Bisa Daftarkan Total 9 Pemain

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /