Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Soccer

Article Date : 01/12/2023

Article Category : News

Lo mungkin bebas jika merasa sistem bantuan ini mengurangi keasikan dalam menonton sepak bola. Tapi lo tentunya sadar bahwa teknologi emang udah nggak bisa dipisahkan dari dunia sepak bola. VAR ini bukan cuma teknologi biasa, tapi kayak bisa sangat membantu buat wasit di lapangan.

Tapi kita semua tahu, walaupun ada VAR, tetap aja pertandingan sepak bola tidak lepas dari momen seru. Mulai dari perbedaan keputusan wasit, hingga keputusan VAR yang malah bikin heboh. VAR ini memang selalu menjadi topik seru untuk dibahas. Nah, bagi lo yang mungkin masih penasaran dengan sistem ini, yuk mari kita bahas bersama.

Apa Itu VAR?

Video Assistant Referee (VAR) adalah sebuah sistem yang membantu wasit di lapangan sepak bola. Mereka bantu wasit dengan ngecek keputusan pake video, gitu. VAR resmi dijadikan bagian penting dalam aturan permainan sepak bola sama Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) pada 3 Maret 2018, setelah banyak uji coba di turnamen besar. Sistem VAR ini dibuat untuk benerin "kesalahan yang keliatan banget" dan "kejadian penting yang kelewat", tapi prinsipnya sih pengen intervensi sekecil mungkin tapi dengan manfaat segede-gede mungkin.

Bagaimana VAR Bekerja?

Jikal lo berpikir VAR adalah monitor yang di tepi lapangan bola yang biasa diliat wasit, maka lo salah besar. VAR, yang merupakan kependekan dari Video Assistant Referee adalah tim yang terdiri dari tiga orang yang bekerja sama untuk ngecek keputusan yang udah diambil sama wasit utama.

Caranya, mereka nonton video ulang dari kejadian penting yang lagi dibahas. Tim ini punya asisten wasit video utama, yang biasanya adalah wasit sekarang atau yang udah pensiun, ada juga asisten asisten lainnya, plus operator yang ngurusin rekaman pertandingan. Mereka nongkrong di ruang khusus yang punya banyak monitor buat nonton video dari berbagai sudut. VAR tuh bisa dipake buat ngecek keputusan mengenai gol, pelanggaran, kartu merah, penalti, dan kesalahan saat ngasih kartu. Tapi, buat bisa ubah keputusan wasit utama, itu harus bener-bener kesalahan yang terang-benderang, nggak sembarangan aja bisa diubah.

Fungsi Var

VAR (Video Assistant Referee) memiliki beberapa fungsi penting. Berikut adalah beberapa fungsi VAR yang mungkin perlu untuk lo ketahui:

1. Pengecekan Keputusan Penting

VAR itu digunakan untuk meninjau keputusan penting, seperti gol, pelanggaran yang terjadi sebelum gol, kartu merah langsung, penalti, dan kesalahan identifikasi pemain saat pemberian kartu.

2. Mengurangi Terjadinya Kesalahan

Dengan menggunakan teknologi video, VAR membantu wasit mengoreksi kesalahan yang mungkin terlewatkan selama pertandingan. Ini seharusnya bisa membuat wasit bisa lebih hati-hati atau bahkan memiliki sumber dari sudut pandang lain ketika memutuskan sebuah pelanggaran.

3. Pemberian Informasi

VAR memberikan informasi kepada wasit tentang kejadian yang sedang ditinjau melalui rekaman video dari berbagai sudut pandang. Ini membantu wasit membuat keputusan yang lebih informasional dan tepat.

4. Menjamin Keadilan

Salah satu tujuan utama VAR adalah memastikan keadilan dalam pertandingan dengan memastikan bahwa keputusan yang diambil adalah yang terbaik berdasarkan bukti yang ada.

5. Mengurangi Kontroversi

Dengan adanya VAR, diharapkan bisa mengurangi kontroversi yang terjadi dalam sepak bola terkait keputusan wasit yang mungkin keliru atau tidak akurat.

Secara keseluruhan, fungsi utama VAR adalah memberikan bantuan kepada wasit untuk membuat keputusan yang lebih baik dan lebih adil dengan menggunakan teknologi video untuk meninjau kejadian penting yang terjadi selama pertandingan.

Proses Penggunaan VAR di Sepak Bola

VAR (Video Assistant Referee) diperkenalkan di kompetisi liga sepak bola papan atas Eropa oleh Bundesliga dan Serie A pada awal musim 2017-18 dan oleh La Liga pada awal musim 2018-19. Bagi lo yang mengikuti ketiga liga tersebut mungkin sudah mengetahui bagaimana proses awal hadirnya VAR.

Berbagai macam reaksi mungkin sudah lo tunjukkan ketika melihat penggunaan VAR ini. Agak terlambat dari beberapa liga di eropa, UEFA justru baru mengumumkan bahwa VAR akan digunakan pada musim Liga Champions UEFA 2019-20. Tujuan awal VAR digunakan yaitu untuk meninjau empat jenis keputusan. Pertama, gol dan pelanggaran. Kedua pemberian kartu. Ketiga ada keputusan penalti, dan keempat ada pada proses terjadinya kesalahan saat memberikan kartu.

Walaupun dengan kecanggihan yang dihadirkan oleh, keputusan akhir selalu diambil oleh wasit lapangan, baik berdasarkan informasi dari VAR maupun setelah wasit melakukan 'on-field review' (OFR).

Di samping itu, ada fakta menarik nih. Tercatat bahwa Premier League memiliki jumlah keputusan yang paling banyak ditangani oleh VAR, dengan 275 keputusan yang diambil. Namun, wasit di Premier League memiliki persentase keputusan yang dibatalkan melalui VAR yang paling rendah dibandingkan empat liga besar Eropa lainnya. Keren juga nih.

Apakah Indonesia punya VAR?

Sebenarnya penggunaan VAR di liga Indonesia sudah digagas untuk diterapkan pada musim 23/24. Namun, mungkin karena berbagai keterbatasan membuat proses dan penetapan keputusan ini masih belum diputuskan. Mungkin bagi lo yang menyukai sistem VAR ini, harus sedikit bersabar.

Tapi lo jangan sedih dulu. Pada pagelaran Piala Dunia U-17 yang diadakan di Indonesia, kita akan menyaksikan penggunaan VAR. Tentunya ini bisa menjadi peluang bagi pelaku sepak bola Indonesia khususnya di kalangan official dan komite wasit untuk mempelajari mengenai penggunaan VAR. Jadi semoga kita bisa melihat penggunaan sistem bantuan ini secepatnya ya guys.

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Industri Sepakbola #Highlight Sepakbola

Source:Supersoccer

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Setelah Dinyatakan Bersalah, Dani Alves Dijatuhi Hukuman Kurungan Beserta Denda Super Besar.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Masih Penasaran, Toni Kroos Nyatakan Akan Kembali Dari Pensiunnya Untuk Perkuat Jerman Di Euro 2024 Nanti.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Gol Semata Wayang Robert Lewandowski Berhasil Antarakan Namanya Lewati Rekor Gol Milik Lionel Messi.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Meski Tampil Gacor Bersama Getafe, Greewood Dikabarkan Masuk Daftar Jual United Musim Depan.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Setelah Dipastikan Tidak Lagi Bersama The Bavarian Musim Depan, Thomas Tuchel Rencanakan Terbang Kembali Inggris.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Kembali Mainkan Peran Sejak Menit Awal, Harvey Elliott Sukses Bayar Tuntas Kepercayaan Klopp Dengan Rekor Unik.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Ditengah Rumor Ketertarikan PSG Dan Real Madrid Terhadap Salah Satu Strikernya, Sir Jim Ratcliffe Siap Pagarai Pemain Andalanya.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Don Carlo Tawarkan Posisi Staff Kepelatihan Kepada Luka Modric Jika Gantung Sepatu Di Akhir Musim Ini.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Zinedine Zidane Masuk Bursa Rumor Pelatih Anyar Bayern Munchen Musim Depan.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Perjuangan Djarum Group Membangun Kembali Kekuatan Klub Sepakbola Dari Utara Italia.

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /