Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

thumbnail

Author : Admin Soccer

Article Date : 07/09/2023

Article Category : News

Bagi kamu pecinta sepak bola, piala dunia bukan hanya sekedar pergelaran turnamen dunia biasa.  Piala Dunia telah menjadi panggung spektakuler untuk melihat para tim dan pemain kelas dunia beradu kemampuan untuk mendapatkan trofi berlapis emas tersebut. Pada setiap 4 tahun sekali, kamu tentunya disuguhkan momen-momen luar biasa yang memancarkan semangat. Mulai dari gol-gol indah hingga strategi brilian yang akan menjadi sejarah kedepannya. Oleh karena itu, untuk mengingat dan menambah pengetahuan tentang event yang satu ini, berikut adalah daftar juara Piala Dunia dari tahun ke tahun.

Daftar Negara yang Pernah Juara Piala Dunia

 

Berbagai tim nasional telah mengukir sejarah dengan menjadi juara Piala Dunia. Berikut adalah daftar negara-negara yang telah meraih gelar juara sepanjang sejarah turnamen ini:

 

1. Uruguay (1930 & 1950)

 

Pemenang pertama turnamen ini yaitu Uruguay yang sekaligus merupakan tuan rumah pertandingan perdana Piala Dunia pada tahun 1930. Pada tahun 1950, mereka juga mengulangi keberhasilan setelah mengalahkan Brasil dengan skor 2-1. 

 

2. Italia (1934, 1938, 1982, & 2006)

 

Italia bisa dibilang sebagai salah satu negara yang memiliki jumlah trofi piala dunia terbanyak. Sepanjang sejarah mereka telah menjadi juara sebanyak empat kali. Tim Azzurri memenangkan turnamen pada tahun 1934, 1938, 1982, dan terakhir pada tahun 2006.

 

3. Brasil (1958, 1962, 1970, 1994, & 2002)

 

Dikenal sebagai negara dengan jumlah gelar juara terbanyak, Brasil telah meraih trofi Piala Dunia sebanyak lima kali. Prestasi mereka termasuk kemenangan pada tahun 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002.

 

4. Jerman (1954, 1974, 1990, & 2014) 

 

Jerman memiliki sejarah gemilang di Piala Dunia, dengan empat gelar juara yang diperoleh pada tahun 1954, 1974, 1990, dan 2014.

 

Sebelum menjadi Jerman yang kamu kenal sekaran, Jerman memiliki dua tim ketika mengikuti piala dunia yaitu Jerman Barat dan Jerman Timur. Adapun ini terjadi karena kondisi politik pada saat itu. Namun, untuk status sebagai juara piala dunia, umumnya dimenangkan oleh Jerman Barat pada tahun 1954, 1974, dan 1990. 

 

5. Argentina (1978, 1986, 2022)

 

Argentina telah mengangkat trofi Piala Dunia sebanyak 3 kali, yakni pada tahun 1978 ketika mereka menjadi tuan rumah, pada tahun 1986 pada saat dipimpin oleh legenda Diego Maradona dan yang terakhir pada saat Messi berhasil memenangkan Piala Dunia 2022. 

 

Piala Dunia 1986 di Meksiko dianggap sebagai "Piala Dunia Maradona." karena Diego Maradona berhasil memimpin timnya dengan kemampuan dan kreativitas yang luar biasa. Dalam turnamen ini, Maradona mencetak gol-gol legendaris, termasuk "Gol Tangan Tuhan" dan "Gol Abad" yang menjadi sorotan dunia



6. Prancis (1998 & 2018)

 

Prancis telah mencapai puncak kesuksesan di Piala Dunia dengan menjadi juara pada tahun 1998 dan 2018. Pada tahun 1998, Prancis menjadi tuan rumah Piala Dunia untuk pertama kalinya. Dipimpin oleh pelatih Aimé Jacquet, tim nasional Prancis berhasil memenangkan turnamen tersebut setelah mengalahkan Brasil 3-0 di final yang diadakan di Stade de France, Saint-Denis. 



7. Inggris (1966)

 

Tidak jauh berbeda dengan Piala Dunia yang sebelumnya, pada tahun 1966 Inggri berhasil menjadi juara dan sekaligus berstatus sebagai Tuan Rumah. Ini merupakan pertama kalinya Piala Dunia diadakan di Britania Raya. Momentum menjadi lebih spesial karena Inggris akhirnya berhasil meraih gelar juara setelah mengalahkan Jerman Barat. 

 

Namun, kemenangan Inggris ini tidak lepas dari kontroversi. Salah satu gol yang diciptakan oleh Geoff Hurst dianggap banyak orang tidak sah karena bola pantulan dari mistar tidak melewati garis gawang sepenuhnya. 

 

8. Spanyol (2010)

 

Keluarnya Spanyol sebagai juara Piala Dunia pada tahun 2010 adalah momen yang sangat bersejarah bagi sepak bola Spanyol. Karena kemenangan mereka harus melalui perjuangan yang keras di partai final melawan Belanda. Gol tunggal yang dicetak oleh Andrés Iniesta pada perpanjangan waktu menjadi pembeda dan membawa kemenangan bagi Spanyol 1-0. 

 

Selain itu, yang tidak boleh dilupakan dari tahun ini yaitu bagaimana Spanyol menampilkan gaya permainan Tiki-Taka yang mengagumkan. Penguasaan bola dengan sirkulasi bola yang cepat membuat permainan Spanyol sangat menarik untuk disaksikan. 

 

Negara dengan Gelar Juara Piala Dunia Terbanyak

 

Dalam sejarah Piala Dunia, beberapa negara telah meraih gelar juara lebih dari sekali. Di antara mereka, Brasil berdiri sebagai yang terdepan dengan lima gelar juara. Prestasi gemilang ini mengokohkan posisi Brasil sebagai salah satu kekuatan utama dalam dunia sepak bola. Disusul oleh Italia dan Jerman dengan empat gelar juara. 

 

Keberhasilan tiga negara ini, tidak terlepas dari usaha dan permainan yang efektif yang mereka tunjukkan. Brasil dengan Samba, Jerman dengan kekuatan fisik, dan Italia Catenaccio-nya. Ini adalah beberapa khas sepakbola yang sering kita lihat dan tentunya akan terus berkembang. 

 

Fakta Menarik Seputar Piala Dunia

 

Selain menyajikan pertandingan berkualitas tinggi, Piala Dunia juga menyimpan fakta-fakta menarik yang mendalam di balik sorotan lapangan hijau.

 

1. Piala Dunia Pertama 

 

Piala Dunia pertama kali diadakan pada tahun 1930 di Uruguay. Hanya 13 tim yang berpartisipasi dan tuan rumah Uruguay berhasil meraih gelar juara pertamanya. 

 

2. Tidak Ada Piala Dunia pada 1942 dan 1946

 

Piala Dunia yang dijadwalkan untuk tahun 1942 dan 1946 tidak diadakan karena dampak dari Perang Dunia II.

 

3. Pertandingan Terbanyak

 

Franz Beckenbauer dari Jerman dan Paolo Maldini dari Italia adalah pemain yang tampil dalam pertandingan terbanyak di Piala Dunia. Masing-masing pemain bermain dalam lima turnamen Piala Dunia.

 

4. Kiper sebagai Pemain Terbaik

 

Pada Piala Dunia tahun 2002, Oliver Kahn menjadi penjaga gawang pertama yang dianugerahi Bola Emas sebagai pemain terbaik turnamen tersebut.

5. Teknologi VAR

 

Piala Dunia 2018 menjadi turnamen pertama yang menerapkan Teknologi Asisten Wasit Video (VAR), memungkinkan wasit untuk memeriksa keputusan mereka menggunakan rekaman video untuk situasi-situasi krusial.

 

 

Itulah pembahasan mengenai daftar pemenang piala dunia dan juga beberapa fakta unik di dalamnya. Perhelatan turnamen ini akan terus menjadi bagian yang hidup di dalam hati para pecinta sepak bola di seluruh dunia.

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Soccer #Football History

Source:Supersoccer

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Manchester United Terancam Tak Bisa Ikut Europa League Musim Depan, Kenapa?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Jangan Tinggalkan Como, Cesc! Eden Hazard Tebar Kode Bahwa Fabregas Bisa Latih Chelsea

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Thiago Motta Datang, 3 Pemain Juventus Ini Tak Boleh Dijual

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Akhirnya Buka Suara, Pemilik Baru Inter Milan Tebar Pesan ke Fans

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Xavi Hernandez: Pelatih Barcelona yang Baru akan Menderita

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Josep Guardiola Tinggalkan Manchester City Tahun 2025?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Katanya Sudah Fix: Manchester United Bakal Pecat Erik ten Hag Usai Final FA Cup

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Setelah 5 Tahun, AC Milan dan Stefano Pioli Resmi Berpisah

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Sepakat Gabung Juventus? Thiago Motta Umumkan Perpisahan dari Bologna

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Sudah Mantap, Thiago Motta Bersedia Gabung Juventus

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /