Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Soccer

Article Date : 01/12/2023

Article Category : News

Beberapa orang menganggap strategi ini sebagai anti tesisnya Tiki Taka. Yap, yaitu Counter Attack. Counter attack atau serangan balik bisa jadi senjata rahasia bagi tim untuk menghadapi lawan-lawannya. Lo tentunya bisa bayangin seberapa deg degan lo, ketika tim lo kena counter dari tim lawan. Momen ketika lawan berubah dari bertahan menjadi menyerang, merayap di lapangan dengan kecepatan, dan menciptakan peluang bahkan gol. Nah, agar kita bisa lebih paham mengenai counter attack ini dan mungkin juga bisa belajar sedikit-sedikit, berikut adalah penjelasannya.

Apa itu Counter Attack dalam Sepak Bola?

Image source: totalfootballanalysis.com

Serangan balik itu kayak serangan kilat. Jadi, pas lagi transisi, itu saatnya satu tim nyolong bola dari tim lawan di tengah-tengah permainan. Nah, serangan balik ini nggak ribet, lebih ke umpan-umpan yang simpel. Tujuannya buat bisa cepat bikin peluang dan mencetak gol sebelum lawan sempet bangun pertahanannya lagi.

Biasanya, dalam serangan balik, tim yang mencuri bola akan berusaha membawa bola agar bisa dengan cepat berada di daerah pertahanan lawan. Tanpa banyak gaya dan upaya untuk bisa memegang bola dengan lama, tim dengan strategi ini akan langsung fokus untuk mencetak gol. Gak ada tuh, kebanyakan umpan-umpan ketika udah sampai depan gawang lawan.

Strategi serangan balik ini bisa sangat efektif karena memanfaatkan momen-momen di mana lawan masih belum stabil secara defensif setelah melakukan serangan. Lo bayangin, gimana kagetnya tim yang lagi fokus nyerang, tiba-tiba bola yang mereka kuasai sebelumnya, udah nyampe di gawang mereka. Tim yang melancarkan serangan balik ini biasanya memiliki kecepatan, kelincahan, dan kecepatan berpikir yang tinggi untuk memanfaatkan celah yang ada di pertahanan lawan.

Prinsip Utama Counter Attack

Image source: totalfootballanalysis.com

Ya, bisa dibilang kunci utama dalam strategi ini yaitu kemampuan transisi yang luar biasa. Karena pada dasarnya serangan balik dalam sepak bola itu punya aturan mainnya sendiri. Pertama, tim harus klop dalam bertahan biar bisa cepet nyolong bola dari lawan. Nah, begitu udah dapet bola, penting banget buat langsung oper bola ke depan dengan umpan yang presisi ke pemain yang udah siap di depan sana. Ini butuh kerjasama dan komunikasi yang mantap antar pemain, lho.

Hal lain yang nggak kalah penting buat suksesin serangan balik di sepak bola itu urusan bertahan dengan rapi. Jadi, pas lagi bertahan, tim harus siap cepetan beralih dari bertahan jadi menyerang begitu udah dapet bola lagi. Dua bagian penting dalam urusan pertahanan ini adalah soal posisi dan ngejagain pemain lawan. Jadi, kalau tim bisa klop dalam dua hal ini, peluang serangan balik yang sukses pun makin besar, nih!

Tips dan Cara Berlatih Counter Attack dengan Tim

Beberapa tips ini bisa lo coba untuk berlatih menerapkan strategi counter attack:

1. Pergantian mindset

Pelajari cara untuk dengan cepat beralih dari pola pikir bertahan ke menyerang ketika mereka kembali menguasai bola. Ini bisa lo awali dengan belajar proses komunikasi yang baik antar tim.

2. Penentuan posisi dan penandaan

Tekankan pentingnya penempatan posisi bertahan dan penandaan yang tepat untuk memastikan transisi yang cepat ke serangan. Pada latihan ini, lo harus bisa mengetahui di mana posisi teman-teman lo pada saat sudah berhasil mencuri bola.

3. Coba cari formasi terbaik

Lo tentunya pasti tau, gak semua jenis formasi cocok dengan strategi counter attack. Formasi dengan bentuk posisi pemain saling berdekatan, dinilai kurang cocok. Karena posisi tersebut biasanya lebih sering digunakan tim dengan strategi ball positioning.

Jadi cari formasi yang kekuatan lini tengahnya dapat fleksibel dalam bertahan dan menyerang. Ini bisa lo coba dengan memfokuskan tim dan rekan-rekan lo untuk bermain cepat di kedua lini yaitu pertahanan dan tengah. Beberapa formasi, seperti 4-1-4-1 atau 4-3-3 lebih kondusif untuk serangan balik karena keseimbangan antara bertahan dan menyerang.

4. Latihan untuk melatih serangan balik

Coba gabungkan latihan yang fokus pada transisi cepat dari bertahan ke menyerang.

5. Transisi cepat dan umpan akurat

Latihlah untuk menggerakkan bola ke depan dengan kecepatan dan akurasi, serta memanfaatkan ruang di belakang garis pertahanan. Ini bisa lo coba pelajari untuk seluruh anggota tim. Mulai dari penyerang, bek, hingga kiper.

Karena pada saat bertahan, hampir semua pemain akan membantu pertahanan dan mungkin penyerang lo bisa di plot untuk bantu turun hingga tengah lapangan. Adapun tujuannya ketika rekan lo berhasil merebut bola, dia udah tau harus kemana mengumpan agar bola tersebut bisa dengan cepat berada di daerah pertahanan lawan.

6. Berlatih meningkatkan kecepatan

Untuk rekan tim atau lo yang berposisi sebagai gelandang dan penyerang, wajib memiliki kecepatan. Mulai dari lari, drible, hingga kemampuan mencari posisi yang tepat.

7. Gerakan off-the-ball yang cerdas

Sejalan dengan kecepatan, lo dan tim harus berlatih untuk melakukan lari dan gerakan cerdas untuk menciptakan peluang mencetak gol. Ini bisa disebut juga dengan bergerak tanpa bola ketika melakukan transisi menyerang,

8. Fokus umpan bola akhir

Fokuslah pada upaya untuk mengumpan bola akhir dengan akurat, agar gol bisa tercipta. Maksudnya, lo atau tim bisa memastikan bahwa umpan terakhir lo bisa sampai ke kaki pemain yang akan melakukan tendangan ke arah gawang.

Tim yang Terkenal dengan Strategi Serangan Baliknya dalam Sepak Bola

Salah satu tim yang dikenal banget karena serangan baliknya yang mematikan adalah Real Madrid. Waktu di bawah komandonya Jose Mourinho pas musim 2011-2012, mereka pecahin rekor 100 poin di La Liga dan diakui sebagai salah satu skuad Real Madrid yang mematikan dalam satu dekade terakhir.

Selain itu, ada juga timnas Rumania di tahun 1994, yang punya keahlian khusus banget dalam serangan balik. Mereka tuh tipe tim yang konsen banget dan punya strategi jelas pas ada peluang buat serang lawan.

Jadi sebenarnya serangan balik bisa dibilang aspek penting dalam sepak bola yang dapat menentukan kesuksesan sebuah tim. Counter attack bisa dijadikan strategy atau hanya sebagai pola serangan. Dengan memahami prinsip-prinsip kunci serangan balik yang sukses, lo dapat meningkatkan performa tim lo di lapangan.

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Industri Sepakbola #Highlight Sepakbola #Soccer

Source:Supersoccer

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

3 Tim yang Paling Banyak Memiliki Wonderkid Mahal, Nomor 1 Ada Barcelona!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Di Tangan Hansi Flick, Barcelona Bakal Mirip Era Guardiola dan Cruyff

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Julian Alvarez Mau Cabut? Manchester City Langsung Patok Harga Tinggi!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Meski Berstatus Bintang, Para Pemain Ini Gak Pernah Ikutan di Olimpiade

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Ambil Gak? Inter Milan Ditawari Jasa Memphis Depay dan Domenico Berardi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mulai Bergerak, Barcelona Siapkan Kontrak Menggiurkan Buat Dani Olmo

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Guardiola dan Klopp Bakal Bosan Kalau Jadi Pelatih Inggris, Kenapa?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

3 Transfer Pemain yang Mungkin Lo Lewatkan karena Pesta Bola Eropa

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Digosipkan Jadi Pelatih Timnas Inggris? Begini Respon Josep Guardiola

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Liverpool Siap Tebus Klausul Rilis Takefusa Kubo, Segini Nilainya

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /