Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Memahami Pengertian Nada, Jenis, dan Sifat Nada

Author : Admin Music

Article Date : 08/10/2021

Article Category : Super Buzz

Dalam mempelajari musik, ada beberapa aspek yang harus diketahui terlebih dahulu salah satunya pengertian nada. Selain nada, tentu saja aspek-aspek lain seperti chord atau kunci, hingga mempelajari instrumen tidak kalah penting untuk dipahami.

Pengertian nada adalah istilah yang erat hubungannya dengan musik. Nada juga yang sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari. Maksud dari pengertian nada adalah bunyi yang beraturan, serta memiliki frekuensi tunggal tertentu.

Dalam teori musik, pengertian nada merupakan sebuah bunyi yang memiliki frekuensi tunggal dan normal atau bunyinya beraturan. Setiap tone atau nada akan memiliki nada tala juga nada tinggi. Dimana akan ditentukan berdasarkan jarak relatif nada juga frekuensi dalam kaitannya. Frekuensi sendiri dikenal sebagai keynote musikal dalam tone.

Hampir semua alat musik memiliki nada dan ada beberapa contoh alat musik umum yang dikenal luas oleh masyarakat. Beberapa di antaranya adalah gitar, piano, seruling, harmonika, dan masih banyak lagi.

Mengenal Tinggi Rendah Nada

Dalam mempelajari pengertian nada, kalian juga harus memahami bahwa di dalam nada terdapat dinamika yang dinamakan nada tinggi dan nada rendah atai dikenal dengan istilah pitch. Pitch juga berkaitan erat dengan frekuensi ataupun banyak sedikitnya getaran setiap sekon. Frekuensi yang lebih cepat dan besar nantinya akan menghasilkan nada tinggi. 

Sementara jika frekuensinya semakin lambat maka akan menghasilkan nada rendah. Setiap nada memang akan memiliki frekuensi yang berbeda beda. Apabila getaran atau besaran frekuensinya tidak pas lebih ke kurang, maka nada akan terdengar sumbang.

Baca juga: Seni Musik: Pengertian, Unsur, dan Mediumnya

Jenis Nada dan Contohnya

Setelah memahami tinggi dan rendahnya nada, pengertian nada selanjutnya dapat dipahami melalui jenis-jenis nada. Jika membahas pengertian nada, tidak hanya menyoal do re mi fa so la si do saja.

Pasalnya, terdapat juga tangga nada yang merupakan susunan nada bertingkat. Artinya nada bisa dari yang paling rendah hingga yang paling tinggi juga sebaliknya. Tanpa adanya nada, suara akan sulit untuk dipahami. 

  • Nada Minor

    Jenis tone yang pertama adalah Minor yang merupakan 8 nada yang mana salah satunya masuk dalam skala diatonis diatur. Sehingga menciptakan ruang antara 1 maupun ½ catatan. Jika menggunakan nada minor, maka nada tidak berubah tapi juga lebih rendah. Unsur nadanya ini lebih sedih, sehingga pembagiannya cocok untuk nada yang gunakan not kecil.

    Seperti yang disebutkan dalam pengertian nada, frekuensi setiap nada akan berbeda. Begitu juga dengan minor, nada akhir dan awal pada nada minor akan dimulai dari la atau kunci A dan nantinya juga diakhiri dengan nada yang sama. Nada ini bisa ditemukan pada lagu lagu seperti Indonesia Pusaka, Mengheningkan Cipta hingga lagu Kasih Ibu. 

  • Nada Mayor

    Bisa dikatakan jika Nada Mayor hampir sama dengan nada minor. Yang membedakan adalah skala diatonis dengan jarak not 1 atau ½. Jika melihat pola intervalnya nada mayor dimulai dari do dan diakhiri juga di nada do. Dimana nada ini akan memberi kesan semangat, kuat dan menggebu gebu. Contohnya bisa ditemukan pada lagu sperti Maju Tak Gentar, Bintang Kecil atau Balonku.

  • Kromatik dan Mol

    Jenis yang selanjutnya adalah Kromatik atau Krois yang terjadi pada nada dasar dengan kenaikan 1 atau ½ nada. Jika terjadi penurunan 1 atau ½ nada maka dikenal dengan teknik mol. Setiap nada ke nada, akan ada tempo yang harus dipatuhi. Jenis nada satu ini akan membuat semakin paham perihal nada bukan hanya pengertian nada saja.

Tangga Nada/ Struktur/ Notasi

Dalam memahami pengertian nada selanjutnya adalah tangga nada atau struktur yang merupakan urutan berbagai nada yang disusun membentuk tangga. Terdapat dua tangga nada, yaitu tangga nada diatonik yang terdiri dari 7 nada dengan 2 jenis jarak (1/2 dan 1) dan tangga nada pentatonik yang terdiri dari 5 nada pokok.

Satu tangga nada memiliki satu nada dasar yang diikuti oleh nada lainnya yang lebih rendah atau tinggi dengan pola interval tertentu dan membentuk ciri khas khusus.

Harmoni

Harmoni adalah paduan nada yang ketika dibunyikan bersama-sama akan menghasilkan bunyi yang selaras/harmonis. Elemen harmoni seperti itu disebut dengan interval, terdapat elemen lain dari harmoni, yakni akor.

Akor berarti harmoni yang bekerja dengan cara mengiringi melodi. Sering diibaratkan bahwa harmoni menyusun keterpaduan seni musik secara vertikal, sementara harmoni menyelaraskan komposisi secara horizontal. Dalam seni musik, harmoni merupakan keselarasan paduan bunyi (contohnya: menyelaraskan beberapa melodi).

Sifat-sifat Nada

Tahapan selanjutnya dalam memahami pengertian nada adalah mengetahui beberapa sifat-sifat nada berikut ini:

  • Pitch: Yaitu ketepatan jangkauan nada.
  • Durasi: Durasi merupakan lamanya sebuah nada harus dibunyikan.
  • Intensitas nada: Sedangkan intensitas nada yaitu keras lembutnya nada yang harus dibunyikan.
  • Timbre: Merupakan warna suara yang berbeda pada tiap orang.

 

 

Image source: Shutterstock

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Pop #tangga nada mayor # tangga nada mayor dan minor #nada minor #pengertian nada

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /