Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Skandal

Author : Admin Music

Article Date : 23/10/2024

Article Category : News

Kuartet alternatif asal Yogyakarta, Skandal, telah resmi merilis Melodi pada Rabu (23/10) ini. Melodi menjadi album penuh pertama Skandal setelah rutin merilis album pendek juga rentetan single dalam delapan tahun terakhir. Album ini dirilis oleh label rekaman asal Bandung, Disaster Records.

Yogha Prasiddhamukti (vokalis, tamborin), Rheza Ibrahim (gitaris), Robertus Febrian Valentino (gitaris, vokalis), dan Argha Mahendra (drummer) intens menggarap Melodi sejak pertengahan 2023. Proses penggarapan album ini merupakan komitmen baru yang terlahir dalam tubuh Skandal, sejak Siddha kembali pulang ke Yogyakarta. “Akhirnya, masing-masing dari kami berkomitmen yang sama untuk bikin album dan menjalankan band ini dengan lebih serius. Sudah terlalu lama band ini nggak punya rilisan album, padahal kami punya banyak materi yang bisa digarap,” jelas Siddha.

Hasilnya adalah 12 lagu pop yang mencampurkan ragam musik alternatif 90an – 2000an; indie rock, slowcore, powerpop, hingga kejayaan pop rock Indonesia dua setengah dekade lalu. “Pada dasarnya, semua berlangsung organik dan arah musik ini pun terasa masuk akal: straight dan effortless,” ungkap Siddha. “Dc

Eksplorasi vokal dan lirik Melodi pun masih dalam sirkuit era yang sama, menjadikan album ini – direkam di Niskala Records dan Satrio Piningit Studio, Yogyakarta – semakin solid sebagai musik berfundamen gitar dengan sensibilitas pop yang kuat.

“Melodi terinspirasi dari sekaligus bercerita tentang kehidupan dengan segala dualitasnya, pahit manis yang datang silih berganti, jika bukan beriringan,” ungkap Siddha mengenai cerita di balik lirik-lirik Melodi. “Seperti arti dari kata ‘melodi’ itu sendiri, yaitu susunan rangkaian nada (bunyi dengan rangkaian teratur) yang terdengar berurutan serta berirama dan mengungkapkan suatu gagasan pikiran dan perasaan, album ini jadi rangkaian ungkapan bermacam pikiran dan perasaan kami yang muncul dari pengalaman personal hidup kami sekarang dengan berbagai irama; naik turunnya, pasang surutnya.”

“Makin ke sini, kami sadar bahwa semua hal dalam hidup jalannya beriringan, tidak bisa selamanya senang, tidak bisa selamanya sedih, dan sebagainya. Mengalami pengalaman, mengamati keadaan, kadang dengan banyak pertanyaan; mixed feelings tentang rasa syukur dan lega berada di saat ini, kerinduan akan masa lalu, dan kecemasan soal masa depan.”

Tingkat kenyamanan dan familiaritas mendengar Melodi melunjang tinggi berkat memiliki enam nomor Skandal yang sudah pernah dirilis sebelumnya; “Percuma”, “Lemon” (feat. Amelia Vindy), “Dengar”, “Mimpi”, “Utara”, dan “Sudah”. Ada pun lagu “Terbang” (pernah dirilis di 2023) yang digubah ulang menjadi versi baru demi album ini. Ia memiliki lirik baru, durasi yang lebih padat, serta mempercepat temponya.

Sedangkan “Sakarin”, memuat vokal Clara Friska Adinda dari White Chorus, menjadi lagu dengan unsur pop yang paling kental dari Skandal. Sejak awal lagu ini ditulis oleh Rheza, Skandal sudah langsung memutuskan untuk melibatkan kolaborator musisi. Pilihannya jatuh ke Friska. Meski ia merekam bagiannya secara terpisah di Downtown Studio, Bandung, Friska tetap bereksplorasi ide dan variasi vokal di luar arahan utama Skandal. Ditambah lagi, “Sakarin” juga melibatkan Ignatius Dimas dari Pleasure Seekers untuk bagian keyboard. Hasilnya, lagu ini terdengar lebih hidup dan melankolis.

Skandal akan merencanakan berbagai inisiasi seputar perilisan Melodi; konser peluncuran album, tur, perilisan video musik single “Utara”, hingga merilis album ini dalam format fisik seperti kaset, CD, maupun piringan hitam. Sementara itu, sampai inisiasi itu tereksekusi, Melodi dari Skandal dapat didengar melalui berbagai layanan musik digital. 

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Album #Single

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Sadstory on Sunday Lepas SIngle Berjudul 'Lost in Translation'

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Texpack, Rrag, dan Swellow Siap Tur Konser 'Asbun di Jawa 2024'

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Daftar Penyanyi Indonesia yang Sukses di Kancah Internasional

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Mengenal 5 Drummer Terbaik yang Mengukir Sejarah di Dunia Musik

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Menyambut Maroon 5 di Indonesia: Ini Dia Prestasi, Lagu, dan Konsernya!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Lirik dan Chord Lagu Untungnya Hidup Harus Terus Berjalan - Bernadya

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Makna Lirik Lagu The Night We Met dan Chordnya

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

5 Rapper Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Lo Ketahui

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Die With a Smile: Makna, Lirik, dan Chord yang Menarik

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

5 Band Indonesia yang Populer Usai Berganti Vokalis

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /