Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Menjelajahi Punk Rock: Definisi, Sejarah, dan Musisi Ikonik

Author : Admin Artikel Superlive

Article Date : 23/04/2024

Article Category : News


Superfriends! Siapa di sini yang penasaran sama aliran musik yang penuh semangat dan keberanian?

Punk rock, genre musik yang nggak cuma menggebrak, tapi juga membawa semangat pemberontakan dan perubahan. Artikel ini akan membahas apa itu punk rock, asal usulnya, dan musisi-musisi ikonik dari luar dan dalam negeri.

 

Apa Itu Punk Rock?

Lahir di tahun 70-an sebagai bentuk perlawanan terhadap keadaan sosial dan politik saat itu. Bayangin aja, era penuh kekacauan dan ketidakadilan. Punk rock hadir sebagai suara bagi mereka yang merasa terpinggirkan dan ingin mendobrak batasan.

Genre ini memiliki ciri khas musik yang unik dan gaya hidup yang berbeda. Dilahirkan dari kegelisahan sosial dan politik, genre musik ini membawa semangat pemberontakan dan kritik terhadap norma-norma yang mapan.

 

Ciri Khas Musik Punk Rock

Lo tau gak Superfriends? Ciri khas musik punk rock dilihat dari penggunaan akord gitar yang sederhana, tempo yang cepat, serta lirik yang mencerminkan ketidakpuasan terhadap keadaan sosial dan politik. Musik ini seringkali dianggap sebagai bentuk protes terhadap tatanan sosial dan politik yang ada. Jadi, tiap kali denger lagu punk rock, lo bisa langsung ngerasain emosi yang mereka tuangkan lewat musiknya. 

 

Perbedaan antara Punk Rock dan Pop-Punk

Lo mungkin sering denger orang ngomongin punk rock sama pop-punk, kan? Tapi sebenernya, mereka itu beda banget. Berikut merupakan perbedaan antara punk rock dan pop-punk

 

Aspek

Punk Rock

Pop-Punk

Tempo

Cepat dan energik

Lambat dan melodis

Melody

Sederhana dan mudah diingat

Kompleks dan catchy

Lirik

Tema pemberontakan, kritik sosial, dan individualisme

Tema cinta, remaja, dan kehidupan sehari-hari

Gaya visual

Kasar dan provokatif

Moody dan trendy

Komunitas

Fokus pada DIY dan solidaritas

Fokus pada fandom dan kesenangan

 

Asal Usul Punk Rock

Berawal di Amerika Serikat dan Inggris pada akhir 1970-an, punk rock terinspirasi dari berbagai genre seperti rock and roll, garage rock, dan proto-punk. Gerakan punk rock dipicu oleh ketidakpuasan dan sebagai simbol perlawanan terhadap budaya mainstream dan norma-norma sosial yang mapan. Jadi, gak heran kalau musiknya beda dan berani banget.

Punk rock berkembang pesat di berbagai negara, terutama Amerika, Inggris, dan Eropa. Di Amerika, band-band punk rock kayak Ramones, Blondie, dan Black Flag jadi ikon pemberontakan. Di Inggris, ada Sex Pistols, The Clash, dan The Damned yang bikin geger dunia musik. Di Eropa, Dead Kennedys dan The Damned juga bikin genre musik ini makin terkenal.

 

Perkembangan Punk Rock di Indonesia

Siapa sangka, punk rock yang penuh pemberontakan ini ternyata udah ada di Indonesia sejak awal tahun 90-an. Band-band kayak Superman Is Dead, Taring, dan Burgerkill jadi pionir yang bawa genre ini ke tanah air.

Awalnya, punk rock sempat ditolak sama masyarakat dan pemerintah. Mereka dianggap provokatif dan bikin keributan. Tapi, genre musik ini bukan cuma tentang musik yang keras, Superfriends. Di balik itu semua, punk rock adalah suara bagi mereka yang muak dengan ketidakadilan sosial dan politik.

Seiring waktu, punk rock makin diterima dan berkembang di Indonesia. Banyak band-band baru bermunculan dengan musik yang lebih beragam dan lirik yang kritis. Genre musik ini, bukan lagi tentang mohawk dan tato, tapi tentang semangat perlawanan dan solidaritas.

Punk rock Indonesia bukan cuma genre musik, tapi juga gerakan sosial yang punya pengaruh besar. Punk rocker Indonesia berani ngomong apa yang mereka mau dan memperjuangkan apa yang mereka percaya. Hal ini merupakan bukti bahwa musik bisa menjadi alat untuk perubahan!

 

Band Punk Rock Indonesia

Superman Is Dead

Siapa sih yang nggak kenal Superman Is Dead, atau biasa disapa SID? Band punk rock legendaris asal Bali ini udah jadi ikon musik Indonesia sejak tahun 90-an.

Musik SID emang beda dari yang lain. Paduan punk rock klasik, rock alternatif, dan ska bikin musik mereka energik banget. Bayangin aja, gitar yang distorsi, drum yang kenceng, dan suara Bobby Kool yang khas.

Lagu-lagu SID juga keren abis. Dari "Sunset di Tanah Anarki" yang penuh semangat, "Kuat Kita Bersinar" yang ngasih inspirasi, sampe "Jadilah Legenda" yang bikin lo pengen ngejar mimpi.

 

Stand Here Alone

Stand Here Alone (SHA) adalah band asal Bandung, Indonesia yang dibentuk pada tahun 2004. Beda sama Superman Is Dead yang lebih ke punk rock klasik, SHA tuh lebih melodis dan liriknya juga lebih relatable sama anak muda kayak lo.

Lagunya SHA mostly ngomongin tentang keseharian anak muda, kayak cinta, patah hati, persahabatan, dan mimpi. Sampai sekarang, SHA udah ngerilis beberapa album dan single yang sukses, kayak album "Hilang Harapan" di tahun 2012 dan "Indah Tak Sempurna" di tahun 2016.

 

Rocket Rockers

Superfriends! Tau gak sih sama Rocket Rockers? Band punk rock legendaris dari Bandung yang udah eksis sejak tahun 1999. Mereka dikenal dengan musik energik yang memadukan elemen punk rock, rock, dan pop punk, serta lirik yang penuh semangat.

Walaupun beberapa kali ganti personel, Rocket Rockers gak pernah berhenti berkarya. Mereka terus bereksperimen dan mengikuti tren musik terbaru, tanpa meninggalkan ciri khas punk rock yang menjadi identitas mereka.

Kalo lo suka lagu yang catchy dan relatable, lo wajib dengerin "April" dan "Dia". Dijamin lo bakal langsung suka!

 

Band Punk Rock Barat

Green Day

Dibentuk pada tahun 1986 di East Bay, California, oleh Billie Joe Armstrong (vokal, gitar), Mike Dirnt (bass), dan John Kiffmeyer (drum, kemudian dikenal dengan Tré Cool), band ini awalnya bernama Sweet Children.

Green Day terkenal banget dengan lagu-lagunya yang catchy dan penuh energi, kayak "American Idiot" dan "Basket Case". Musik mereka tuh berhasil ngebawa punk rock ke ranah mainstream, lho! Green Day udah ngejual jutaan album di seluruh dunia dan dapet banyak penghargaan, termasuk Grammy Awards. Keren banget kan?

 

BLINK-182

Blink-182 adalah band pop punk seru dari California, Amerika yang udah eksis sejak tahun 1992. Mereka dikenal dengan musiknya yang catchy, humoris, dan penuh energi, serta lirik yang relatable tentang cinta, persahabatan, dan kehidupan remaja.

Mereka memiliki banyak album yang terkenal banget, seperti "Dude Ranch" (1997) dan "Enema of the State" (1999). Namun album "Enema of the State" yang bikin Blink-182 meledak dan jadi terkenal banget. Album ini sukses besar dan membawa genre pop punk ke mainstream.

 

SUM 41

Lagir di Kanada, kota Ajax, Ontario pada tahun 1996, mereka terkenal dengan lirik yang kritis dan gaya panggung yang penuh kegilaan. Band ini terdiri dari vokalis/rhythm guitarist Deryck Whibley, lead guitarist Dave Baksh, bassist Cone McCaslin, dan drummer Frank Zummo.

Sum 41 terkenal banget di awal tahun 2000-an dengan album debut mereka "All Killer No Filler" (2001). Album ini ngehasilin beberapa hits kayak "Fat Lip" dan "In Too Deep", yang jadi lagu ikonik.

Album-album mereka selanjutnya juga gak kalah keren, kayak "Does This Look Infected?" (2002) dan "Chuck" (2004), yang ngehasilin lagu-lagu hits kayak "The Hell Song" dan "Pieces".


Sekarang lo udah tahu betapa keren dan berpengaruhnya punk rock dalam dunia musik dan sosial. Jadi, jangan ragu untuk terus mendukung dan mengeksplorasi lebih banyak lagi tentang genre musik yang penuh semangat ini. Keep rocking and stay rebellious!

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#punk #Punk Rock

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Neev Umumkan Rilis Single Baru Berjudul Dianne

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Moongazing and Her Lepas Maxi-Single Berjudul Beranjak

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Shirath Kembali dengan Karya Barunya Berjudul Egosentris

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Bagegar Kembali dengan Single Terbaru Berjudul Delima

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

WACUWACU Rilis Single Perdana Berjudul Dinamika Ibukota

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Adhitia Sofyan Rilis Lagu Baru Berjudul Ujung Andromeda

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Monica Karina Rayakan Kebebasan Lewat Single Terbaru, Pon It

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Marion Jola Rilis Single Baru yang Super Seksi Berjudul Aku Takdirmu

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Ardhito Pramono Cerita Perjalanan Kariernya di Album Terbaru Betajuk Roadtrip

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Chingkrank Holiday Umumkan Peluncuran Single TerbaruBerjudul Pinned!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /