Dari sekian parts yang menyusun Road Bike lo, cuma satu yang benar-benar bersentuhan sama jalanan. Ban, Superfriends. Makanya, ban jadi salah satu komponen paling penting di sepeda lo, dan lo nggak bisa sembarangan memilih ban yang lo pakai. Kualitasnya harus bagus, ukurannya harus pas, dan tentunya tipe ban yang lo pilih harus sesuai kebutuhan dan spesifikasi yang lo inginkan. Biar lo nggak salah pilih, Super Challenge mau share dikit nih tentang 3 tipe ban Road Bike yang bakal lo temuin di pasaran!
1. Clincher
Ban tipe Clincher ini adalah yang paling umum ditemui di pasaran, dan hampir semua sepeda dijual dengan ban standar pabrikan tipe Clincher. Ban ini menggunakan tube atau ban dalam yang menyimpan udara di antara rim dan ban luar. Kalau lo pernah naik sepeda atau punya sepeda, most likely ban yang dipakai itu Clincher. Salah satu ciri khas ban Clincher adalah, sesuai namanya, punya semacam kawat atau kabel di tepian ban yang akan tersangkut atau clinch ke pinggiran rim atau velg. Ketika terjadi kebocoran, clinch tersebut akan dilepas biar lo bisa ngeluarin ban dalam dan periksa separah apa kebocorannya.
2. Tubular
Sama kayak tipe Clincher, Tubular juga pakai ban dalam. Tapi, pada ban Tubular, ban dalam ini terjahit dan menyatu dengan ban luar. Jadi, pemasangannya nggak bisa sesimple Clincher. Lo butuh lem atau perekat khusus ban Tubular untuk bisa memasang ban tipe ini dengan baik dan benar. Biasanya, ban tipe ini lebih banyak digunakan oleh racer profesional, karena kurang praktis kalau dipakai untuk sehari-hari atau rekreasi. Selain itu, harga ban Tubular juga lumayan tinggi. Makanya nggak begitu diminati sama cyclist kasual, dan lebih ditujukan untuk para rider profesional saat berkompetisi di kejuaraan. Kelebihan dari ban tubular adalah, karena ban dalam menyatu dengan ban luar dan pemasangan ban menggunakan lem khusus, ketika terjadi kebocoran ban akan tetap menempel ke velg. Jadi, lo tetap bisa gowes dengan relatif seimbang dan aman. Selain itu, ban ini juga menawarkan beban yang lebih ringan, dan resistensi terhadap jalanan yang lebih minim, membuat laju lo lebih cepat dengan tenaga gowes yang sama.
3. Tubeless
Sesuai namanya, ban tipe ini nggak pakai ban dalam, Superfriends. Cara memasang ban ini sama kayak ban Clincher, karena tipe ini juga punya kawat atau wire yang mengaitkan ban ke velg. Tapi, kawat atau wire untuk ban Tubeless bisa mengait lebih kuat ke velg dan nantinya dibantu juga oleh Sealant khusus supaya nggak ada lubang yang bisa dilewati udara. Kelebihan dari ban tipe ini adalah lebih kuat terhadap kebocoran, lebih nyaman, dan ngasih lo kendali lebih baik meskipun tekanan udara dalam ban lagi nggak ideal. Tapi, ada kelemahan juga untuk ban ini. Kebocoran nggak bisa ditambal atau diperbaiki sesimple Clincher. Lo bakal butuh teknik dan alat khusus untuk menangani kebocoran ban Tubeless. Selain itu, kawat atau wire khusus yang digunakan ban Tubeless berarti lo juga butuh velg yang compatible dengan jenis ban ini.
Dari 3 jenis ban ini, mana kira-kira yang paling pas sama kebutuhan lo, Superfriends?
PERSONAL ARTICLE
ARTICLE TERKINI
Source:https://www.bikeexchange.com/blog/road-bike-tires-what-to-know
Please choose one of our links :