Superfriends, meski punya banyak kemiripan antara Motor Trail Offroad dan Supermoto, tapi, lo jangan sampai salah dalam memaintenance motor-motor ini ya! Soalnya, sekali aja lo salah dalam memaintenance motor-motor ini, akibatnya bisa fatal! Bro. Mulai dari performa motor yang nggak optimal, sampai hal-hal yang nggak diinginkan.
source: ultimatemotorcycling
Jadi, apa perbedaan mendasar dalam merawat motor-motor ini? Tentu aja di maintenance yang disesuaikan dengan perbedaan lintasan, dan juga perbedaan dalam penggunaan tiap motor. Motor Trail offroad, biasa digunakan di lintasan yang berlumpur dan terjal. Daily Supermoto, biasa lo pake untuk menunjang kegiatan sehari-hari di jalan beraspal. Dan, Supermoto balap, biasa dikebut para rider di jalan berlumpur dan juga beraspal dalam kecepatan tinggi dan durasi yang lama.
So, berikut akan gue kasih sedikit tips mendasar, bagaimana merawat tiap-tiap motor ini, supaya performa motor tetap optimal, dan juga tetap ready dan safety untuk selalu digunakan. Let’s check this out!
Motor Trail Offroad
source: motorcycling
Dalam memaintenance motor trail offroad, hal wajib mendasar dan nggak boleh sampai lo kelewat, adalah penggantian oli. Penggantian oli, wajib banget lo lakukan tiap selesai beraksi menggunakan motor ini. Soalnya, untuk motor trail offroad, konsumsi dari oli dan rem, lebih tinggi daripada daily Supermoto.
source: visordown
Selain wajib untuk rajin mengganti oli, tips kedua dalam merawat motor trail offroad, adalah rajin melakukan pengecekan dan pemeriksaan berkala kondisi motor. Hal ini perlu dilakukan, karena mesin motor trail offroad, cenderung memiliki sifat yang lebih cepat panas, jika dibandingkan dengan kondisi daily supermoto. Hal ini disebabkan oleh medan jalur ekstrim berat, yang sering dilalui oleh motor trail offroad.
Daily Supermoto
source: motorcycledaily
Nah, kalau untuk merawat daily Supermoto, perawatannya cenderung jauh lebih ringan, jika dibandingkan dengan merawat motor trail offroad nih, Superfriends. Soalnya, dalam merawat daily Supermoto, lo ibarat ngerawat motor bebek atau motor matic biasa. Service berkala di dealer, ganti oli, kampas rem, dan juga pengecekan lainnya. Untuk daily Supermoto, perawatan sederhana ini udah cukup banget dalam menjaga performa motor.
Supermoto Balap
source: supermotos1gp
Untuk perawatan Supermoto balap, baru nih, agak lebih extra dan effort dibandingkan dengan daily Supermoto. Selain harus melakukan pengecekan rutin sebelum dan sesudah balapan, lo juga harus sering-sering untuk cek kondisi dari kampas rem dan kopling yang ada di Supermoto balap. Hal ini diperlukan, agar performa motor selalu optimal saat digeber di lintasan.
Jadi, itulah tips mendasar dalam merawat ketiga jenis motor tersebut, Superfriends. Memang sih, untuk perawatan motor trail di medan offroad, pasti lebih kompleks dan mahal. Intinya makin sering dipake, makin perlu maintenance ekstra. Tapi kalo udah hobi, jadinya gak masalah mau seberapa pun itu biaya maintenance ya? Setuju nggak? Atau lo punya opini lain? Coba share opini lo di kolom komentar!
Sumber:
https://www.trialgame.id/news/detail/berbedanya-perawatan-supermoto-motor-trail
ARTICLE TERKINI
Source:trialgame.id
Please choose one of our links :