Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Mengenal Gunung Toba yang Merupakan Satu-Satunya Supervolcano di Indonesia!

Author :

Article Date : 04/07/2019

Article Category : Wilderness

Sumatera Utara memang terkenal dengan danaunya, namun apakah hanya itu saja kawasan wisata yang indah di sana? Tentu saja tidak dong bro. Nah, apakah lo sudah tahu mengenai Gunung Toba? Yaap, gunung yang terletak tak jauh dari danaunya ini merupakan gunung api raksasa atau biasa juga disebut super volcano.

Sehingga ketika lo sedang jalan-jalan ke Pulau Samosir, maka sisa-sisa gunung ini pun akan mudah sekali untuk bisa lo lihat. Ukuran dari gunung ini juga relatif besar, bahkan juga masih aktif loh. Diperkirakan meletus terakhir sekitar 74.000 tahun yang lalu. Letusannya pun cukup dahsyat loh, bayangkan saja dari letusannya tersebut menghancurkan sebagian besar populasi manusia purba.

[readalso url=20149]

Walaupun Gunung Tambora serta Gunung Krakatau merupakan letusan yang terkenal di dunia, namun letusan dari Gunung Toba sendiri dikabarkan melebihi dari kedua gunung tersebut. Uniknya lagi letsuan Gunung Toba sama sekali tidak tercatat di dalam buku. Perlu untuk lo ketahui juga, kalau Gunung Toba merupakan satu-satunya super volcano yang ada di Indonesia.

Apa saja sih yang menjadi bukti kedahsyatan dari gunung ini? Nah, daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasi di bawah ini yang akan membahas seputar bukti-bukti tersebut. Semoga bisa berguna dan bermanfaat yaa!

Bukti Ilmiah

Bukti Ilmiah gunung toba

Mengenal Gunung Toba yang Merupakan Satu-Satunya Supervolcano di Indonesia! Credit: id.wikipedia.org

Bukti ilmiah pun menjadi salah satu dasar kuat mengenai kejayaan dari gunung ini. Tepat pada tahun 1939, geology Belanda Van Bemmelen melaporkan kalau Danau Toba yang memiliki panjang sekitar 100 kilometr dan lebarnya 30 kilometer ini dikelilingi oleh batu apung peninggalan dari letusan gunung.

Oleh sebab itu, Van Bemmelen menyimpulkan kalau Toba merupakan gunung berapi. Bahkan letusan dari Gunung Toba sendiri terlempar hingga Samudera Hindia dan Teluk Benggala. Dapat dibayangkan bukan betapa besarnya letusan dari gunung ini.

Dapat digaris bawahi kalau Toba itu sendiri memang terbentuk dari letusan gunung berapi yang sangat dahsyat, hingga hari ini penelitian mengenai hal ini pun belum berakhir. Sehingga masih banyak misteri dibalik raksasa yang sedang tidur ini.

Berada di Tiga Lempeng Tektonik

Gunung toba Berada di Tiga Lempeng Tektonik

Mengenal Gunung Toba yang Merupakan Satu-Satunya Supervolcano di Indonesia! Credit: pekanbaru.tribunnews.com

Perlu untuk lo ketahui pula kalau letak dari Gunung Toba sendiri memang rawan bencana. Hal ini terkait dengan posisi Indonesia yang terletak di pertemuan tiga lempeng tektoinik, yaitu Eurasia, Indo-Australia dan Lempeng Pasifik.

Lempeng-lempeng tersebut pun hidup, karena hampir setiap tahunnya mereka bergeser atau menumbuk lempeng lainnya dengan jarak tertentu. Contohnya saja, Lempeng Indo-Australia yang menumbuk Lempeng Eurasia sejauh 5-7 cm per tahun. Atau Lempeng Pasifik yang bergeser secara relatif terhadap lempeng Eurasia sejauh 11 cm per tahun. Biasanya proses tersebut, dinamakan subduksi atau penyusupan.

Gunung Toba sendiri merupakan gunung hasil subduksi. Meskipun sekarang tidak lagi berbentuk guung, namun sisa-sisa letusannya masih terlihat. Tahu enggak sih lo, ternyata Danau Toba sendiri merupakan kaldera yang terbentuk akibat letusan Gunung Toba sebanyak tiga kali.

Bagian yang terlempar akibat letusan dari gunung ini mencapai luas 100 km x 30 km persegi. Daerah yang tersisa kemudian membentuk kaldera. Di tengahnya kemudian muncul Pulau Samosir. Tak heran apabila lo berada di pulau tersebut, sangat terasa sekali suasana yang asri serta alami.

Letusan Super Gunung Toba

Letusan Super Gunung Toba

Mengenal Gunung Toba yang Merupakan Satu-Satunya Supervolcano di Indonesia! Credit: sains.kompas.com/

Nah, berbicara mengenai letusan super dari gunung ini, ada beberapa fakta unik yang perlu untuk lo ketahui. Ternyata gunung ini telah meletus sebanyak tiga kali. Untuk letusan pertamanya, tepat terjadi sekitar 800 ribu tahun yang lalu. Letusan ini menghasilkan kaldera di selatan Danau Toba, meliputi daerah Prapat dan Porsea.

Letusan kedua dari gunung ini memang memiliki kekuatan yang lebih kecil, tepat terjadi sekitar 500 ribu tahun lalu. Walaupun kekuatannya lebih kecil, namun letusan ini berhasil membentuk kaldera di utara Danau Toba. Tepatnya di daerah antara Silalahi dengan Haranggaol.

Akhirnya letusan ketiga dan merupakan yang paling dahsyat, tepat terjadi 74.000 tahun yang lalu. Letusan ini pun menghasilkan kaldera dan menjadi Danau Toba dengan Pulau Samosir di tengahnya. Semoga aja tidak terjadi letusan lagi dari gunung ini yaa bro.

Mengapa Tergolong Supervolcano?

Mengapa Tergolong Supervolcano?

Mengenal Gunung Toba yang Merupakan Satu-Satunya Supervolcano di Indonesia! Credit: eksposnews.com/

Selain dari letusnnya yang dahsyat, ternyata gunung ini termasuk ke dalam kategori Supervolvano dikarenakan memiliki kantong magma yang besar, sehingga memiliki output menghasilkan kaldera yang sangat besar. Bisa menyentuh hingga puluhan kilometer.

Terdapat pula hal unik yang ada di kawasan gunung ini, yaitu terjadinya anomaly gravitasi. Menurut hukum gravitasi, antara satu tempat dengan lainnya akan memiliki gaya tarik bumi sama bila mempunyai massa, ketinggian dan kerelatifan yang sama.

Kalau ada materi lain dengan massa berbeda, maka gaya tariknya pun juga berbeda, Bayangkan gunung meletus, banyak materi yang keluat, hal tersebut pun berarti kehilangan masa dan gaya tariknya berkurang, Lalu yang terjadi pengangkatan, Inilah yang menyebabkan muncul Pulau Samosir bro.

Apa yang Terjadi Kalau Gunung ini Meletus Kembali?

Apa yang Terjadi Kalau Gunung ini Meletus Kembali?

Mengenal Gunung Toba yang Merupakan Satu-Satunya Supervolcano di Indonesia! Credit: portalsains.org/

Bukan berarti kalau gunung ini sedang tidur tidak akan bangun serta menunjukkan kemampuannya. Karena suatu saat nanti pasti akan meletus juga. Namun memang belum ada yang bisa memastikan dengan akurat kapan akan meletus kembali.

Nah, hal-hal apa saja sih yang bisa terjadi apabila Gunung Toba ini meletus kembali? Pertama, jutaan ton asam belerang akan membuat dunia gelap total. Kedua, tentunya akan banyak korban berjatuhan, seakan-akan kehidupan akan mati. Ketiga, samudera menjadi sangat dingin lalu cuaca ekstrem hingga puuhan tahun.

**

[readalso url=20147]

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Gunung Toba di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo untuk lebih mengenal gunung ini yaa. Memang keindahan alam di Indonesia itu sangat beragam bukan? Gunung ini pun menjadi bukti nyatanya!

Source: /indocropcircles.wordpress.com

 

 

Featured Image: marketeers.com

 

 

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #solo-traveling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /