Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Keunikan Rumah Adat Papua Honai Beserta 4 Faktanya!

Author :

Article Date : 25/06/2018

Article Category : Wilderness

Bila membicarakan mengenai kebudayaan serta adat istiadat yang ada di Indonesia, tentu itu merupakan sebuah hal yang patut untuk dibanggakan bro. Bagaimana tidak, lo akan menemukan bermacam-macam kebudayaan mulai dari Pulau Sumatera hingga Papua. Dan tentnuya dengan beragam kebudayaan tersebut, tentunya terdapat beberapa rumah adat yang cukup menarik untuk dibahas bukan? Nah, di dalam artikel ini akan membahas mengenai keunikan rumah adat papua honai yang ada di Indonesia, lebih tepatnya lagi rumah adat honai Papua bro.

Dengan lokasi yang terletak di pulau paling timur yang ada di kawasan Indonesia, tentunya membuat Suku Papua ini sendiri sangatlah unik, mulai dari ada istiadatnya serta cara mereke menghidupi kehidupan mereka sehari-hari. Rumah yang mereka gunakan pun cukup unik. Bentuknya yang khas langsung membuat siapapun yang melihatnya langsung mengetahui kalau itu merupakan rumah adat orang Papua.

[readalso url=17596]

Sekilas info mengenai Papua nih bro, perlu diketahui kalau Papua itu memiliki luas wilayah mencapai 410.480.000 ha dengan lautan yang membentang sepanjang 228.000 Km2. Bisa dikatakan luasnya kurang lebih 21% dari keseluruhan wilayah Indonesia. Jadi bisa dibilang kalau Papua merupakan salah satu Pulau terbesar yang ada di Indonesia.

Dahulu daerah ini sendiri seringkali disebut juga dengan nama Irian barat pada tahun 1969 sampai 1973. Kemudian beganti nama menjadi Irian Jaya lalu terakhir berubah menjadi Papua. Kemudian Papua dibagi menjadi dua provinsi, takni provinsi Papua Barat dengan ibu kota Monokwari dan provinsi Papua dengan ibu kota Jayapura.

Di wilayah Papua sendiri sebagiannya masih tertutup oleh hutan hujan tropis yang cukup lebat. Sedangkan masyarakatnya kurang lebih 80% masih hidup di wilayah pedalaman, terkhususnya bagian Papua Tengah. Tentunya dengan wilayah yang luas dengan hutan, laut dan keanekaragaman biota menjadikan Papua termasuk wilayah yang indah.

Nah, buat lo yang belum tahu mengenai rumah tersebut, beruntung sekali karena di dalam artikel kali ini tentunya akan membahas mengenai rumah adat yang memang sudah digunakan masyarakat Papua sejak zaman dahulu. Jadi langsung simak saja informasinya di bawah ini bro.

Rumah Honai

keunikan rumah adat honai

Penampakan Rumah Hanoi. Credit: modelkursi.co

Rumah yang sudah digunakan oleh masyarakat Papua semenjak zaman nenek moyang mereka ialah Rumah Honai. Rumah Honai sendri terbuat dari katu dengan atap berbentuk kerucut yang terbuat dai jerami atau reeds. Bentuknya seperti jamur. Rumah Honai sendiri memang sengaja dibangun dengan ruangan yang semptit atau kecil dan jendela untuk menahan pegunungan dingin Papua.

Karena memang iklim di daerah Papua sendiri memang sangat dingin. Oleh sebab itu para nenek moyang orang Papua memang sengaha merancang rumah adat papua honai mereka sedemikian rupa agar mereka tetap nyaman serta tentram untuk beristirahat di rumah yang kecil namun nyaman tersebut.

Biasanya Rumah Honai dibangun setinggi 2,5 meter di tengah-tengah rumah disiapkan tempat untuk membangun api untuk menghangatkan mereka. Arsitektur dari rumah tradisional ini memiliki atap berbentuk kerucut yang terbuat dari Jerai atau gulma. Biasanya di dalam rumah ini terdapat sebuah spt dimana lo bisa membuat api unggun. Kembali lagi, kegunaannya ialah agar selalu menjaga temperature udara agar selalu tetap stabil.

3 Jenis Honai

Jenis Honai Papua

Rumah Honai yang Unik Serta Menarik. Credit: id.wikipedia.org

Ternyata rumah adat masyarakat Papua ini memiliki keunikannya lainnya loh. Yaap, siapa sangka kalau rumah adat papua honai ini memiliki atau terbagi atas tiga jenis. Yaitu ada Honai yang memang dikhususkan untuk laki-laki (Honai). Ada juga yang dikhususkan untuk wanita (Ebei) dan yang terakhir dikhususkan untuk babi (Wamai).

Honai sendiri biasanya memiliki dua tingkat lantai dihubungkan dengan tangga. Tentunya hal ini merupakan keunikan lainnya dari rumah adat ini, karena memang diperuntukkan untuk dapat menyimpan pasokan-pasokan makanan dari para masyarakat Papua itu sendiri.

Lembah-Lembah dan Pegunungan

Lembah-Lembah dan Pegunungan Rumah Honai

Proses Pembuatan Rumah Honai. Credit: bersiap.net

Sebagai orang awam tentu akan bertanya-tanya sebenarnya dimana sih lo bisa menemukan rumah adat ini dalam kondisi yang masih baik. Karena lo tidak akan menemukan Rumah Honai apabila hanya berkutat-kutit di perkotaan saja. Lo harus benar-benar masuk ke dalam kawasan pedalaman Papua untuk benar-benar bisa melihat keindahan yang terpancar dari rumah adat papua honai tersebut.

Kurang lebih lo harus mencapai ke daerah yang memiliki dataran lebih tinggi, atau lembah-lembah dan pegunungan yang ada di Papua. Di daerah tersebutlah lo baru akan melihat penampakan dari Rumah Hanoi itu sendiri. Dengan kesederhanaan arsitektur yang dipancarkan dari rumah ini pun akan mengundang banyak orang untuk memiliki rasa ingin tahu yang lebih mengenai rumah ini.

Tak menutup kemungkinan kalau lo akan menemukan rumah adat ini di Puncak Jaya yang memiliki iklim sangat dingin dengan ketinggian yang mencapai 2.500 mdpl. Kembali lagi, ini merupakan alasan mengapa Rumah Hanoi sendiri dirancanag sedemikian rupa agar mengurang angina dingin yang bertiup dari pegunungan.

Fungsi Honai

Fungsi Rumah Honai

Penampakan Rumah Honai. Credit: modelkursi.co/

Tentunya saja sebagai tempat tinggal para masyarakat Papua, Rumah Honai sendiri memiliki beberapa fungsi yang tentunya sangat vital bagi berlangsungnya kehidupan masyarakat Papua. Selain sebagai tempat tinggal, ternyata Rumah Honai sendiri seringkali digunakan orang Papua untuk menyimpan alat-alat perang mereka.

Selain itu juga sebagai tempat untuk mengajari anak-anak mereka untuk menjadi berguna di masa yang akan datang. Juga seringkali digunakan untuk sebagai tempat merencanakan atau mengatur strategi perang untuk menjadi sukses dalam pertempuran atau perang. Rumah Honai sendiri juga sering digunakan sebagai simbol masyarakat adat Papua.

[readalso url=18269]

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar keunikan rumah adat honai Papua di atas? Semoga bisa menambah pengetahuan lo mengenai budaya yang ada di dalam negara kita Indonesia yaa bro. Yang terpenting ialah untuk selalu kobarkan semangat petualang lo dan jangan berhenti bereksplorasi bro, karena dunia ini sangat luas dan masih banyak hal lainnya yang harus lo taklukan.

 

 

 

 

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /