Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Air Terjun Gua Tetes, Keindahan Alam di Kawasan Lumajang yang Memukau!

Author :

Article Date : 10/09/2018

Article Category : Wilderness

Buat lo yang ingin liburan di dalam negeri tapi masih bingung tujuan lo harus ke mana? Nah, ada nih satu tujuan atau destinasi alam yang menyimpan pesona yang sangat indah dan sayangnya masih banyak dari pelancong yang belum mengetahui dimana lokasi ini berada. Lokasi yang dimaksud ialah Air Terjun Gua Tetes. Tepatnya terletak di kawasan Jawa Timur. Tentunya buat lo yang ingin merasakan suasana alam nan eksotis, kawasan ini bisa menjadi destinasi liburan lo berikutnya.

Meskipun tidak sepopuler dengan destinasi wisata alam lainnya, namun keindahan yang dimiliki oleh Air Terjun Gua Tetes sendiri bisa lo bandingkan dengan tempat-tempat lainnya. Berlokasi di Besukcukit, Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Tentunya ketika lo memiliki kesempatan untuk bisa datang ke tempat ini, keindahan alam yang mempesona akan jadi hal yang akan lo dapatkan.

[readalso url=18571]

Memang kawasan Lumajang sendiri terkenal dengan bentangan alam yang cukup unik, iklim di kawasan ini juga memiliki intensitar curah hujan yang cukup tinggi, walaupun sedang musim kemarau. Sehingga membuat alamnya cukup subur dapat ditumbuhi berbagai macam jenis tumbuhan sayur-mayur. Ditambah dengan topografi daratan yang cukup baik, sehingga Lumajang memiliki keadaan hidrologi atau pengairan yang cukup, karena di kawasan ini juga terdapat banyak sumber air yang dimanfaatkan.

Oleh sebab itu, tak heran apabila terdapat sebuah air terjun yang indah di Lumajang itu sendiri. Daripada lo semakin penasaran terhadap apa saja fakta yang ada di kawasan wisata alam satu ini, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini.

Eksotisme Air Terjun Gua Tetes – Akses Menuju Lokasi

Suasana di Air Terjun Gua Tetes. Credit: adventurewisata.blogspot.com

Sebelum membahas lebih jauh mengenai tempat wisata Air Terjun Gua Tetes ini, lebih baik untuk mengetahui lebih dulu bagaimana cara lo untuk bisa menginjakkan kaki di kawasan wisata alam eksotis ini. Lo bisa memulai perjalanan lo dari Kota Lumajang, karena itu merupakan jalur yang paling mudah untuk ditempuh.

Dari Kota Lumajang lo bisa mengarahkan kendaraan lo menuju arah selatan Lumajang menuju  Dampit-Pronojiwo. Nah, buat lo yang dari arah Jember dan sekitarnya, lo bisa menuju Pronojiwo melalui Piket Nol dengan rute Jember-Kencong-Jombang-Tempeh-Dampit-Pronojiwo. Kondisi jalannya pada titik ini sedikit berkelok-kelok sehingga lo harus lebih berhati-hati yaa.

Pada saat lo tiba di Pronojiwo sudah banyak terdapat beberapa pilihan papan rute petunjuk untuk lo dapat mencapai titik dimana air terjun ini berada. Dengan letaknya yang bersebelahan dengan Tumpak Sewu, maka oleh sebab itu paling mudah lo lewati jalan dimana Tumpak Sewu itu berada lalu teruskan perjalanan lo hingga turun ke dasa sungai, kemudian menyusuri sungai kembali sekitar 10 menit untuk tiba di Air Terjun Gua Tetes. Dengan cara ini pun, lo sudah tidak perlu lelah untuk bolak-balik dan lebih menghemat waktu lo juga bro.

Eksotisme Air Terjun Gua Tetes – Mengenal Lebih Dalam

Keindahan di Kawasan Air Terjun Gua Tetes. Credit: alamindonesia68.blogspot.com

Apakah lo sudah tahu bro mengenai asal-usul dari Air Terjun Gua Tetes itu sendiri? Gua ini dinamakan demikian karena letaknya yang berada tepat di bawah sebuah air terjun, sehingga banyak tetesan air di dalam gua yang berasal dari resapan air yang menetes dari langit-langit gua.

Suasana indah langsung terpancar ketika masuk ke dalam kawasan gua ini. Tetesan air yang jatuh mengalir melalui stalaktit. Nah, untuk kapan gua ini pertama kali ditemukan, menurut warga sekitar pada tahun 1969 objek wisata ini ditemukan oleh seorang penggergaji kayu. Kemudian pada tahun 1975, barulah mulai dikunjungi orang yang sebagian besar pengunjungnya masih warga-warga atau para pecinta alam yang berasal dari sekitar kawasan Air Terjun Gua Tetes ini.

Nah, pada tahun 1982 barulah air terjun ini mulai dikelola oleh pemerintah. Dengan waktu yang tidak terllau lama, ternyata tempat wisata ini mampu memikat perhatian banyak orang loh. Jumlah wisaawannya pun melonjak naik. Sejak itulah, Air Terjun Gua Tetes ini mulai dikenal oleh banyak orang.

Eksotisme Air Terjun Gua Tetes – Keindahan yang Bisa Lo Dapatkan

Keindahan Alam di Air Terjun Gua Tetes. Credit: portraitnusantara.com

Bukan hanya dari keindahan air terjunnya saja yang bisa lo dapatkan, namun dari guanya yang indah lebih menarik banyak perhatian dari para pelancong yang sudah datang ke kawasan ini. Namun memang tidak bisa dipungkiri kalau keindahan dari air terjunnya sendiri juga dapat membuat sebuah suasana yang sangat alami.

Pada bagian dalam gua sendiri lo bisa melihat atau menemukan beragam bentuk serta ukuran dari stalaktit dan stalagmit. Nah, buat yang belum tahu mengenai stalaktit ataupun stalagmit, bilamana stalaktit ialah sejenis mineral sekunder yang menggantung pada langit-langit pada gua kapur. Sedangkan stalagmite sendiri merupakan pembetukan gua vertikal dan terbentuk dari kumpulan kalsit yang berasal dari air yang menetes. Secara umum stalagmite bisa lo temukan dilantai gua dan tepat berada di bawah stalaktit.

Dengan keindahan dari stalagmite dan stalaktit yang ada, tentunya sebagai orang yang memiliki hobi fotografi tentunya bisa memanfaatkan momen ini untuk bisa mendapatkan hasil gambar yang memuaskan. Warna serta ukuran dari stalaktit dan stalagmite yang ada serta bentuk gua yang termasuk unik menjadi sebuah bahan yang layak untuk lo abadikan bro.

[readalso url=18569]

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Air Terjun Gua Tetes di atas? Semoga bisa menjadi panduan lo ketika berkunjung ke sana yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestarian dari tempat wisata yang sudah lo kunjungi yaa. Karena kalau bukan lo siapa lagi yang akan memulainya. Semangat selalu bro!

 

Source

 

 

Featured Image: dolandolen.blogspot.com

ARTICLE TERKINI

Tags:

#air-terjun #Beginner #travelling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /