Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

5 Fakta Pegunungan Alpen dari Hal Unik Hingga Dibalik Keindahannya!

Author :

Article Date : 26/12/2018

Article Category : Wilderness

Sebagai seorang pendaki ataupun petualang tentunya melihat keindahan alam yang alami merupakan sebuah anugerah bukan? Apalagi kalau lo bisa datang ke Swiss serta melihat pegunungan Alpen yang sangat terkenal dengan keindahannya. Di akhir tahun ini tentunya merupakan momen yang tepat untuk lo bisa berwisata ke sana serta melihat pemandangan nan indah di sana. Namun apakah lo sudah tahu kalau ada beberapa faktor yang membuat pegunungan ini begitu terkenal?

Pegunungan Alpen sendiri merupakan deretan gunung yang terletak di Eropa. Bahkan bukan hanya dilalui oleh satu negara saja loh. Namun ada beberapa negara yang dilalui oleh pegunungan ini. Sehingga tak heran apabila banyak fakta menarik seputar pegunungan ini yang membuatnya menjadi pusat perhatian banyak dari kalangan petualang.

[readalso url=19307]

Oleh sebab itu, di dalam artikel ini akan membahas beberapa fakta-fakta menarik seputar Pegunungan Alpen yang patut untuk lo ketahui. Daripada lo semakin penasaran terhadap beberapa informasi seputar fakta-faktanya, simak saja beberapa informasinya di bawah ini bro!

Fakta Unik Seputar Pegunungan Alpen – Letak Geografis

Fakta Unik Seputar Pegunungan Alpen – Letak Geografis

Suasana di Kawasan Pegunungan Alpen. Credit: nasionalisme.co

Bukan merupakan sebuah rahasia lagi kalau pegunungan ini pun memiliki wilayah yang cukup luas. Seperti apa yang sudah dijelaskan kalau gunung ini pun mencakup beberapa negara yang ada di Benua Eropa. Nah, penasarang enggak sih lo terhadap pilihan negara-negara tersebut?

Pegunungan Alpen ternyata melewati kurang lebih tujuh negara loh, diantaranya ialah Swiss, Italia, Jerman, Slovenia, Perancis, Austria dan Liechtenstein. Bukan hanya itu saja, pegunungan nan indah ini juga dibagi menjadi 2 wilayah yaitu Alpen Timur dan Alpen Barat.

Namun menurut pakar geologi, kawasan dari Pegunungan Alpen ini dipisah menjadi 3 bagian wilayah, yaitu Helveticum di utara, Penninicum dan Pegunungan Austro-Alpen di bagian tengah lalu Pegunungan Alpen Selatan di bagian selatan dan sebagian dari Alpen Dinari.

Fakta Unik Seputar Pegunungan Alpen – Titik Tertinggi

Pegunungan Alpen – Titik Tertinggi

Suasana Mont Blanc di Pegunungan Alpen. Credit: de.wikipedia.org

Seperti pegunungan pada umumnya, Alpen juga memiliki titik tertinggi yang tentunya patut untuk lo taklukan loh bro. Namun memang jam terbang serta peralatan yang lengkap menjadi sebuah kelengkapan yang harus ada sebelum melakukan pendakian di gunung ini.

Namun apakah lo sudah tahu mengenai puncak tertinggi yang ada Pegunungan Alpen? Yaap, puncak tertinggi yang ada di sana ialah Mont Blanc. Puncak tertinggi ini pun berada di perbatasan antara Italia dan Perancis yang terdapat pada ketinggian 4.807 mdpl.

Selain itu ada pula puncak yang terkenal dari pegunungan ini, ialah Matterhorn yang terdapat pada ketinggian 4.478 mdpl dan ada pula Monta Rosa yang terdapat pada ketinggian 4.634 mdpl. Bukan ini membuat lo semakin tergerak untuk melakukan perjalanan ke sana?

Fakta Unik Seputar Pegunungan Alpen – Kawasan Pedesaan

Pegunungan Alpen – Kawasan Pedesaan

Suasana di Pedesaan Pegunungan Alpen. Credit: kanalkalimantan.com

Selain dari keindahan alam beserta dengan megahnya pegunungan yang ada, Alpen sendiri juga memiliki pedesaan yang tak kalah indahnya loh. Karena memang terdapat sebuah kehidupan di pegunungan ini. Bahkan bilamana lo bisa hidup di sana, setiap hari keindahan alam menjadi teman setia lo.

Walaupun memiliki iklim yang cukup dingin, ada terdapat beberapa desa yang berdiri di Pegunungan Alpen. Juf merupakan salah satu desa yang ada di sana, dengan letak yang paling tinggi. Yaitu berada di ketinggian 2.000 mdpl dan terletak di kawasan Swiss.

Bukan hanya Juf saja yang merupkan desa yang ada di Pegunungan Alpen bro, Gimmewald juga menjadi sebuah pedesaan yang menyiampan keindahan alam yang memukau. Desa ini juga terletak di Swiss. Banyak pula yang beranggapan kalau kondisi desa ini pun sangat indah, sampai-sampai hanya warga desa dan pemilik izin yang bisa masuk ke Gimmewald.

Fakta Unik Seputar Pegunungan Alpen – Sumber Daya Alam

Fakta Unik Pegunungan Alpen – Sumber Daya Alam

Suasana Sungai di Pegunungan Alpen. Credit: .blog.tirol/

Bukan hanya keindahan alamnya saja yang menjadi daya tarik baik bagi para wisatawan atau masyarakat sekitar, namun Pegunungan Alpen juga memiliki sumber daya alam yang sangat bagus loh. Bahkan bisa mendatangkan keuntungan di lingkungannya.

Bukan hanya bagus, namun sangatlah besar sumber daya alam yang dihasilkan oleh pegunungan ini. Seperti beberapa pilihan sungai penting dan besar di Eropa. Karena terdapat 3 buah sungai yang cukup penting mengalir di kawasan pegunungan ini, yaitu Sungai Po, Sungai Rhine dan Sungai Rhone.

Sumber daya alam yang ada di pegunungan ini pun tak berhenti sampai di situ saja, masih terdapat sebuah kebun anggur terbesar di Eropa. Luas dari kebun anggur tersebut pun mampu mencapai hingga 1.500 meter. Bukankah itu merupakan perkebunan yang cukup luas?

Fakta Unik Seputar Pegunungan Alpen – Kondisi Alam yang Semakin Rusak

Pegunungan Alpen – Kondisi Alam yang Semakin Rusak

Suasana Alam di Pegunungan Alpen. Credit: welt.de

Walaupun memiliki keindahan alam yang memukau, namun tetap saja ada beberapa hal yang tidak bisa dipungkiri. Yaitu dengan kerusakan alam yang ada. Memang harus diakui kalau dunia ini sudah cukup tua dan banyak kenakalan dari manusia itu sendiri yang merugikan alam.

Hal tersebut pun juga terjadi di Pegunungan Alpen, karena lembah-lembah yang ada di pegunungan ini pun sidah banyak perkotaan yang mampu memanjakan turis untuk mendapatkan pemandangan indah dari gunung ini. Padahal membangun kota itu sendiri bisa merusak Pegunungan Alpen itu sendiri.

Bagian lereng dari pegunungan ini pun sudah mulai terkikis diakibatkan oleh kegiatan olahraga ski yang memiliki banyak sekali peminatnya. Semoga ke depannya, tidak ada lagi penambahan infrastruktur yang dapat merugikan alam di pegunungan ini yaa.

[readalso url=19274]

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Pegunungan Alpen di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestarian dari setiap tempat wisata yang sudah lo kunjungi yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti bereksplorasi!

Source

 

 

Featured Image: id.wikipedia.org

 

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Hiking #solo-traveling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /