Segala strategi pemasaran sudah dipelajari, tapi penjualan masih segitu-gitu aja, Superfriends? Mungkin ada yang salah sama target audiens lo. Target audience menjadi hal yang paling penting dalam memaksimalkan penjualan, karena lo berhadapan langsung dengan siapa orang yang akan mengenal brand lo, dan juga orang yang membeli produk lo. Supaya gak salah lagi, coba deh pahami dulu siapa target audience lo.
Apa sih Target Audience?
Image source: shutterstock.com/iLixe48
Secara mudahnya, target audience adalah kelompok orang-orang yang akan lo jadikan target penjualan barang atau jasa lo. Tentunya, dengan memiliki target audience yang tepat, akan menjadikan strategi marketing lo berjalan dengan baik, karena menentukan target audience merupakan langkah awal dari menentukan strategi marketing yang sesuai. Kalau lo salah menentukan target audience, maka segala rencana pemasaran bisnis tentu gak berjalan dengan baik dan hanya akan menjadi sia-sia.
Baca juga : Elevator Pitch, Gaya Presentasi Bisnis Singkat dan Akurat
Pakai Konsep STP
Image source: shutterstock.com/Mameraman
Segmentation, Targeting and Positioning yang disingkat STP ini adalah konsep dasar untuk menentukan sasaran pasar lo. Di fase segmentation, lo harus membagi pasar atau target lo, dan cari keunikan pasar dan hal pembeda pasar tersebut dengan yang lainnya. Di fase ini, segmentasi terbagi dalam 3 tipe, yaitu demografi, behavioral dan psikografi. Detail seperti umur, pendapatan, gender, tingkat pendidikan, agama, kesukaan dan gaya hidup bisa lo gunakan dalam menentukan segmen target audience lo.
Di fase kedua yaitu targeting, dimana lo harus menentukan kelompok pasar yang akan jadi sasaran strategi lo. Pilihlah target yang potensial, dan juga yang sesuai dengan brand guideline lo. Dan di fase ketiga adalah positioning, yaitu menentukan apa yang membuat produk atau brand lo berbeda dan unik dibanding produk lain atau milik kompetitor. Di fase ini, lo harus menunjukkan bahwa apa yang lo jual, memiliki nilai manfaat yang luas, dan mengurangi permasalahan dari target audience.
Kenali Juga Kompetitor
Image source: shutterstock.com/Constantin Stanciu
Dengan memahami kompetitor, lo akan tau apa yang sedang mereka kerjakan dan langkah apa yang selanjutnya sedang mereka persiapkan. Dari sini, lo bisa tau apa yang harus dilakukan dengan mencari celah dari apa yang tidak dilakukan oleh kompetitor. Apalagi kalau target audience lo dengan kompetitor terlihat serupa (similar), maka lo akan lebih mudah untuk membuat konten yang bisa langsung menyasar target audience.
Baca juga : Referensi Bisnis Menarik buat Para Pencinta Drone
ARTICLE TERKINI
Article Category : Tips
Article Date : 04/09/2022
Source:https://www.jurnal.id/id/blog/tips-memaksimalkan-strategi-pemasaran-pada-bisnis/
0 Comments
Daftar dan Dapatkan Point Reward dari Superlive
Please choose one of our links :