Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Sungai Terpendek di Dunia

Author : Admin Artikel Superlive

Article Date : 30/09/2024

Article Category : News

Lo pernah nggak sih kepikiran, sungai terpendek di dunia itu kayak gimana? Panjangnya berapa meter ya? Ternyata, ada beberapa sungai yang pendeknya nggak masuk akal. Dan yang lebih seru lagi, salah satunya ada di Indonesia!

Bagi Superfriends yang pengen cari tahu lebih lanjut tentang sungai-sungai terpendek ini, simak artikel ini sampai akhir! Karena dalam artikel ini, gue akan bahas 5 sungai terpendek di dunia!

Tamborasi - Indonesia

Pernah dengar sungai paling pendek di dunia? Ternyata, Indonesia punya lho! Namanya Sungai Tamborasi, dan lo bisa nemuin sungai unik ini di Tamborasi, Kolaka, Sulawesi Tenggara. Bayangin aja, panjangnya cuma 20 meter doang! Padahal biasanya sungai kan panjangnya berkilometer-kilometer. Tapi inilah yang bikin Sungai Tamborasi jadi spesial banget.

Walaupun pendek, jangan salah, Sungai Tamborasi punya pesona tersendiri. Lebarnya aja sekitar 15 meter, dan alirannya langsung nyambung ke laut Flores di Teluk Bone. Nah, yang bikin makin menarik, tepian sungainya itu berbatu-batu gitu, terus di sekelilingnya ada hutan yang adem banget.

Kovasselva - Norwegia

Bukan cuma di Indonesia aja, tapi juga ada di Eropa Utara, tepatnya di Norwegia! Namanya Sungai Kovasselva. Panjang sungai ini cuma 22 meter doang! Padahal Norwegia terkenal banget sama fjord-fjordnya yang panjang dan dalam.

Asal usul air di sungai ini ternyata dari Danau Kovassvatnet. Danau ini lokasinya agak terpencil gitu, jauh dari keramaian kota-kota di Norwegia. Meski begitu, aliran airnya nggak cuma berhenti di situ aja, tapi nyambung terus sampai ke laut lepas Norwegia

Reprua - Georgia

Terletak di Georgia, Sungai Reprua memiliki panjang sekitar 27 meter. Tapi jangan salah, meski pendek, kedalaman sungai ini lebih dari 2.300 meter. Dengan debit air yang cukup deras, sekitar 2.000 liter per detik, muara sungai ini mengalir ke Laut Hitam, yang terletak di sebelah timur laut dan utara Georgia.

Ombla - Kroasia

Sungai Ombla dari Kroasia adalah sungai yang masuk dalam daftar sungai terpendek di dunia. Panjangnya sekitar 30 meter, dan mencakup area seluas 600 kilometer persegi. Air dari Sungai Ombla ini berasal dari mata air karst, yang merupakan batuan kapur berpori terbesar di Kroasia, dan termasuk salah satu yang paling besar di Dinarides atau Pegunungan Alpen Dinari. Dengan debit air yang cukup mengesankan, sekitar 23,9 meter kubik per detik, sungai ini mengalir hingga ke teluk Rijeka Dubrovačka di laut Adriatik. Jadi, meski kecil, Ombla tetap punya cerita menarik!

Jezernica - Slovenia

Sungai Jezernica adalah sungai ke-lima terpendek di dunia. Dengan panjang 55 meter, sumber airnya berasal dari Wild Lake, yang merupakan danau sekaligus mata air karst dengan sumber di bawah tanah. Jezernica ini termasuk salah satu dari 59 sungai di Slovenia, dan dia juga anak Sungai Idrija yang lebih gede, yang akhirnya mengalir ke Laut Adriatik. Bisa dibilang, Jezernica adalah sungai terpendek kedua di Slovenia, dengan debit air yang cukup keren, sekitar 8,34 meter kubik per detik.

Jadi, gimana menurut lo? Nggak nyangka kan kalau ada sungai yang pendek banget? Ternyata, alam punya banyak kejutan ya. Meski pendek, sungai-sungai ini punya cerita dan keunikannya masing-masing.

ARTICLE TERKINI

Tags:

#sungai

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

5 Kamera Digital Terbaik untuk Momen Petualangan

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

5 Perlengkapan Tidur saat Camping, Wajib Lo Bawa!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

5 Spot Rappelling Air Terjun Indonesia, Siap Tantang Adrenalin!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Rekomendasi Kompas Orienteering Terbaik, Navigasi Akurat!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

5 Spot Diving Terumbu Karang Terbaik di Indonesia

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

5 Tempat Trail Running Terbaik di Indonesia

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Rekomendasi Sepatu Trail Running dengan Grip Terbaik untuk Medan yang Licin

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Rekomendasi Tas Trail Running Terbaik untuk Pelari Jarak Jauh

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

4 Jalur Pendakian Gunung Ungaran yang Populer di Kalangan Pendaki

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

PERSIAPAN RAFTING YANG AMAN DAN MENANTANG

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /