Superfriends, pernah denger soal brand storytelling dalam sebuah bisnis? Konsep ini termasuk dalam strategi marketing baru yang masih jarang dipake sama perusahaan atau bisnis, lho. Sesuai sama namanya, poin utama dari strategi ini yaitu storytelling atau penceritaan dalam ngepromosiin produk.
Brand storytelling ini fokus buat ngebangun kedekatan sama konsumen, terutama dari segi psikologis dan emosional. Poin inilah yang jadi salah satu kelebihan dari brand storytelling sebagai strategi marketing di era saat ini.
Kalau mau tau lebih lanjut tentang brand storytelling, simak penjelasan selengkapnya berikut ini, Superfriends.
Apa Itu Brand Storytelling?
Brand storytelling ini menggunakan cerita buat menciptakan hubungan yang emosional dan didasarkan pada nilai antara konsumen dan brand tersebut. Cerita yang paling kuat itu adalah cerita yang otentik dan terhubung sama value brand. Biasanya, narasi ini menceritakan soal orang, peristiwa, tempat, dan pengalaman yang berhubungan sama brand dan relate sama pelanggan.
Konsumen yang terpengaruh sama cerita yang lo bawa akan menjadikan brand lo sebagai top of mind di antara produk-produk sejenis lainnya. Soalnya, mereka merasa punya ikatan emosional sama brand lo setelah mendengar atau melihat cerita tersebut.
Berdasarkan isi kontennya, ada beberapa jenis brand storytelling yang bisa lo terapin buat bisnis lo, yaitu sebagai berikut.
1. Brand storytelling berdasarkan data,
2. Visual brand storytelling,
3. Brand storytelling yang berpusat pada audiens secara umum,
4. Brand storytelling yang berfokus pada misi brand,
5. Brand storytelling berupa berita,
6. Brand storytelling tentang visi brand dalam jangka panjang,
7. Brand storytelling tentang sejarah brand,
8. Brand storytelling yang berfokus pada kehidupan orang-orang di balik layar dari brand,
9. Brand storytelling tentang seseorang, baik itu real atau fiksi,
10. Brand storytelling yang berfokus pada komunitas pengguna brand,
11. Brand storytelling yang berfokus pada produk atau servis dari brand,
12. Brand storytelling musiman (sesuai dengan apa yang terjadi pada saat itu),
13. Brand storytelling yang berfokus pada konten edukatif,
14, Brand storytelling yang berfokus pada konsumen.
Seberapa Penting Brand Storytelling?
Salah satu kelebihan strategi marketing brand storytelling ini adalah dapat menghubungkan brand dengan sisi emosional konsumen. Poin inilah yang jadi dasar kenapa brand storytelling penting banget buat lo terapin di bisnis lo, Superfriends. Dengan membangun ikatan sama konsumen, mereka jadi nggak ragu lagi buat beli dan pakai produk dari brand lo.
Selain itu, ada beberapa manfaat lain yang bakal lo dapetin dengan menerapkan brand storytelling, yaitu sebagai berikut.
1. Meningkatkan engagement dari audiens,
2. Bikin brand lo mudah diingat,
3. Meningkatkan brand awareness,
4. Bikin brand lo beda dari brand lain yang punya produk sama,
5. Meningkatkan penjualan dan pendapatan,
6. Value brand lo bisa ter-highlight,
7. Meningkatkan loyalitas konsumen,
8. Membangun sisi humanity dari brand lo.
Itu tadi penjelasan tentang brand storytelling dan alasan ini penting banget buat bisnis lo. Yok, share pengalaman lo yang udah pernah nerapin strategi marketing ini di kolom komentar, ya. (arpd)
ARTICLE TERKINI
Source:Indeed, Acquia
1 Comments
Daftar dan Dapatkan Point Reward dari Superlive
Yohanes Hariono
07/04/2025 at 08:52 AM