Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Raja Ampat. Image: Pixabay

Author : Admin Adventure

Article Date : 13/01/2024

Article Category : News

Raja Ampat menyimpan pesona wisata bahari yang luar biasa. Gugusan batuan raksasa yang menyebar di laut seakan menghipnotis dan bikin nggak bisa memalingkan pandangan dari keindahannya. Belum lagi, lautnya yang biru jernih bikin nggak perlu effort buat melihat terumbu karang dan ikan-ikan hias di dalamnya.

 

Jangan cuma dibayangin aja, Bro. Kapan nih mau traveling ke Raja Ampat? Karena lokasinya yang cukup jauh, biaya untuk menuju destinasi wisata ini mungkin bisa menguras isi dompet. Namun, hal itu nggak akan terjadi kalau lo lihat perkiraan budget ini, Superfriends. Jadi, lo bisa nabung mulai sekarang dan langsung berangkat pas uangnya udah terkumpul.

 

Lantas, kira-kira berapa ya budget yang dibutuhkan buat traveling ke Raja Ampat dari Jakarta? Simak penjelasannya berikut ini, Superfriends.

 

Transportasi menuju Raja Ampat

Raja Ampat
Image: Pixabay

Untuk menuju Raja Ampat, lo harus melakukan penerbangan menuju Bandara Domine Eduard Osok, Sorong, Papua Barat. Kalau dari Jakarta, perjalanan ini bisa memakan waktu sekitar 5 – 6 jam. Harga tiketnya mulai dari Rp2,7 juta. Harga tersebut berlaku juga untuk pesawat pulang dari Sorong menuju Jakarta.

 

Setelah turun dari pesawat, lo bisa lanjut perjalanan menuju Raja Ampat. Ada dua opsi kendaraan yang bisa lo pilih, yaitu pesawat kecil atau kapal laut. Kalau pengin hemat, lo bisa pilih kapal laut dengan tarif mulai dari Rp100 ribu untuk kapal kelas ekonomi dan mulai dari Rp215 ribu untuk eksekutif. Kapal tersebut akan menuju Waisai dengan druasi 2 – 3 untuk kapal cepat dan 5 – 6 jam untuk kapal biasa.

 

Tiket Masuk Raja Ampat dan Sewa Kapal buat Island Hopping

Raja Ampat
Image: Pixabay

Sesampainya di Waisai, lo perlu bayar tiket masuk Raja Ampat seharga Rp500 ribu per orang. Emang agak mahal, Superfriends. Namun, tiket masuk tersebut ternyata berlaku selama satu tahun, lho. Jadi, lo nggak perlu bayar tiket masuk Raja Ampat lagi selama satu tahun ke depan.

 

Nah, traveling ke Raja Ampat tuh paling enak island hopping alias berkeliling pulau. Lo bisa menyewa kapal motor dengan harga berkisar Rp8 juta – 13 juta per hari. Muatannya bergantung pada ukuran kapal yang lo sewa. Untuk kapal kecil bisa diisi 6 – 8 orang, sedangkan kapal besar bisa untuk 10 – 12 orang. Lo bisa ajak temen-temen lo sebanyak itu biar bisa patungan, Superfriends.

 

Ada empat pulau besar yang bisa lo kunjungi saat island hopping di Raja Ampat, yaitu Pulau Misool, Pulau Waigeo, Pulau Batanta, dan Pulau Salawati. Lo juga bisa request pulau lain selama nggak keluar dari kawasan Raja Ampat.

 

Di tengah perjalanan, biasanya kapal akan berhenti dan lo dipersilakan buat snorkeling atau diving. Sebelum itu, lo harus pesan paket diving atau snorkeling dulu agar mereka menyediakan peralatannya, Superfriends. Tarif untuk sewa alat snorkeling mulai dari Rp150 ribu, sedangkan diving sekitar Rp800 ribu. Lo juga bisa ikut perlatihan dan sertifikasi scuba diving dengan tarif mulai dari Rp3 juta.

 

Biaya Penginapan dan Transportasi Darat

Raja Ampat
Image: Pixabay

Harga penginapan di Raja Ampat cukup bervariasi sesuai sama tipe penginapan tersebut. Untuk homestay biasa, harganya dipatok mulai dari Rp300 ribu per malam. Homestay tersebut biasanya berupa rumah sederhana yang menyatu sama rumah warga. Walaupun sederhana, lo udah dapet fasilitas layaknya penginapan pada umumnnya plus makan tiga kali sehari dengan menu bervariasi.

 

Kalau mau menginap di hotel atau resort, harga yang ditawarkan mulai dari Rp1 juta per malam. Makin lengkap fasilitas hotelnya, makin mahal pula harganya.

 

Untuk menuju penginapan, lo bisa naik taksi dengan tarif Rp100 ribu sekali jalan. Kalau mau hemat, lo bisa sewa mobil atau mini bus dengan tarif mula dari Rp700 ribu per hari. Lumayan kan bisa patungan.

 

Sementara untuk biaya makan semua tergantung sama kebutuhan dan selera lo, Superfriends. Harga makanan di rumah makan lokal cukup standar seperti daerah lain di Indonesia, yaitu mulai dari Rp20 ribu. Kalau lo makan di restoran, harganya bisa lebih mahal.

 

Estimasi Biaya Traveling dari Jakarta ke Raja Ampat

Tiket pesawat PP: Rp5,4 juta

Tiket kapal menuju Waisai: Rp100 ribu

Tiket masuk Raja Ampat: Rp500 ribu

Sewa kapal untuk island hopping: Rp1 juta per orang per hari (estimasi patungan)

Penginapan: Rp300 ribu per malam (bisa lebih murah kalau patungan)

Transportasi mobil: Rp100 ribu sekali jalan

Sewa alat snorkeling: Rp150 ribu

Total: Rp7,55 juta

 

Sebagai disclaimer, semua pengeluaran kecuali tiket pesawat cuma berlaku per hari, ya. Estimasi tersebut juga belum termasuk biaya makan dan kebutuhan printilan lainnya. Angkanya bisa lebih tinggi kalau lo pilih penginapan yang lebih mahal sewa alat diving, dan berangkat dari kota lain yang lebih jauh dari Jakarta. Sebaliknya, angkanya juga bisa jadi lebih murah kalau lo berangkat naik pesawat yang jaraknya lebih dekat ke Papua.

 

Itu tadi itinerary dan estimasi budget liburan ke Raja Ampat dari Jakarta. Cukup mahal sih, tapi sebanding sama pengalaman dan pemandangan yang lo dapatkan. Jadi, kapan nih mau nge-tag tanggal buat traveling ke Raja Ampat, Superfriends? (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Destinasi Wisata #traveling #itinerary

Source:kumparan, Kompas, Detik

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Catat! Ini Tips Cegah Ngantuk saat Road Trip

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Deretan Ide Traveling Sambil Olahraga di Bali, Bisa Yoga hingga Surfing

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Rekomendasi Matras Camping yang Nyaman, Harga Mulai dari 40 Ribuan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Libur Panjang Lebaran, Ini Tips yang Wajib Lo Ikuti biar Tetap Sehat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Siap-siap! Ini Deretan Gunung yang Buka Lagi setelah Libur Lebaran 2024

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Nggak Bawa Korek, Ini Cara Alternatif Bikin Api Unggun di Alam Bebas

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Deretan Kuliner Lebaran dari Berbagai Negara, Unik dan Menggugah Selera

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Anti Stres! Ini Tips Traveling saat Libur Lebaran yang Harus Lo Ikuti

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Ragam Kue Lebaran dari Berbagai Daerah, Unik dan Menggugah Selera

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Itinerary Wisata Seharian di Cirebon, Santap Empal Gentong hingga Main ke Pantai

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /