Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi hewan ternak. Image: svklimkin/Pixabay

Author : Admin Adventure

Article Date : 28/08/2023

Article Category : News

Di era modern kayak sekarang ini, bisnis peternakan mungkin jadi salah satu bisnis yang kurang diminati. Apalagi sama orang-orang di perkotaan. Selain butuh lahan yang luas, bisnis di bidang peternakan pun butuh ilmu khusus buat merawat hewan-hewan ternak biar daging atau telurnya bisa bernilai tinggi.

 

Kalau lo tertarik berbisnis di bidang peternakan, simak nih beberapa hewan ternak yang paling menguntungkan berikut ini, Superfriends.

 

Ayam

Ilustrasi ayam
Image: Pixabay

Udah bukan rahasia lagi kalau kebanyakan rumah makan tuh pasti nyediain makanan berbahan dasar daging atau telur ayam. Karena banyaknya permintaan tersebut, bisnis ternak ayam masih jadi bisnis peternakan paling menguntungkan di era modern ini, Bro. Jenis ayam pedaging terbaik yang bisa lo budidaya yaitu ayam Cornish. Ayam betinanya bisa tumbuh sampai 2,57 kg, sedangkan ayam jantannya bisa tumbuh sampai 3,86 kg. Buat makanannya, lo bisa ngasih dedak padi, biji jagung, dan pellet pabrikan yang harganya masih cukup terjangkau.

 

Lele

ilustrasi lele
Image: Pixabay

Sama kayak ayam, lele juga jadi salah satu sumber protein hewani yang sering dijual di rumah makan. Salah satu jenis lele yang paling menguntungkan yaitu lele dumbo (Clarias gariepinus) yang beratnya bisa sampai 2 kg per ekor dalam 18 – 26 bulan. Nah, kalau lo tertarik ternak lele, ada beberapa hal yang haru lo perhatiin, yaitu suhu kolam, papak ikan, keseimbangan pH, kualitas air, kepadatan kolam, dan kesehatan ikan. Suhu ideal buat kolam lele yaitu antara 28 – 30 derajat celcisu, sedangkan pH airnya yaitu 6,5 – 9,0.

 

Bebek

Ilustrasi bebek
Image: Pixabay

Permintaan bebek di beberapa kota besar, seperti di Jakarta dan Surabaya, lumayan tinggi. Soalnya, cukup banyak rumah makan yang nyediain menu bebek, Nggak cuma dagingnya aja, telur bebek juga punya nilai tinggi karena bisa dijadiin telur asin atau bahan martabak telur. Beberapa jenis bebek yang bisa lo budidaya yaitu bebek Mojosari dan bebek Tegal yang bisa ngehasilin sampai 250 butir telur per tahun. Ada pula bebek Magelang yang cocok jadi bebek pedaging. Buat makanannya, lo bisa pakai dedak, ampas tahun, dan bekicot yang harganya terjangkau.

 

Burung Puyuh

Ilustrasi burung puyuh
Image: Pixabay

Unggas lain yang cocok dibudidaya yaitu burung puyuh. Hasil dari burung puyuh yang paling diminati masyarakat yaitu telurnya. Hewan ini bisa ngehasilin telur sampai 150 – 300 telur per hari. Nah, karena ukuran burung puyuh kecil, lo nggak butuh lahan terlalu luas buat membudidayakannya. Satu meter persegi aja udah cukup banget buat 6 – 8 ekor. Udah hemat tempat, menguntungkan pula.

 

Kelinci

Ilustrasi kelinci
Image: Pixabay

Di beberapa daerah di Indonesia, makan daing kelinci merupakan hal yang lazim. Salah satunya di sekitar Gunung Lawu, Jawa Timur. Jadi, hewan menggemaskan ini potensial banget kalau lo budidaya, Superfriends. Apalagi, kelinci bisa beranak-pinak lumayan cepat, yaitu sekitar 2 – 8 ekor sekali melahirkan. Selain dijual sebagai bahan masakan, lo juga bisa beternak kelinci buat dijual ke pet lovers.

 

Itu tadi beberapa hewan ternak yang paling menguntungkan buat dibudidaya. Tertarik beternak, Superfriends? (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#hewan #Bisnis Investasi #ide bisnis

Source:IDN Times

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

MAKANAN WAJIB UNTUK PENDAKI YANG AMAN UNTUK PERUT!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

GLAMPING BISA MENJADI ALTERNATIF ESCAPE, INI REKOMENDASINYA!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Surga Surfing di Kepulauan Mentawai, Patut Dicoba!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Keindahan Bawah Laut indonesia, Keajaiban Yang Wajib Kalian Jelajahi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mengenal Komunitas SIKSOROGO, Apa Itu?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Masih Asing Dengan Rock Climbing? Ini Sejarahnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Gak Perlu Jauh-Jauh! Ini 5 Wisata Perbatasan Indonesia dan Malaysia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

7 Alat Navigasi Penting yang Wajib Lo Bawa Saat Hiking

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

7 Teknik Mendayung saat Rafting, Hadapi Arus Gak Pake Panik!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

MITOS MEMANCING DI RANU KUMBOLO, APAKAH BENAR?

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /