Customer Lifetime Value atau CLV merupakan suatu metrik atau perhitungan yang penting dalam sebuah bisnis. Dengan adanya CLV, lo bakal terbantu dalam mengetahui biaya untuk setiap usaha yang menggaet customer.
Sayangnya, beberapa orang masih menganggap bahwa CLV bukan suatu hal penting. Padahal, jika sampai melupakan Customer Lifetime Value, maka akan memberikan konsekuensi negatif pada persaingan bisnis.
Lantas, apa pengertian Customer Lifetime Value beserta manfaat dan cara meningkatkannya? Lo bisa simak ulasan lengkapnya di bawah ini.
Pengertian Customer Lifetime Value
Image source: elements.envato.com/borodai
Melansir dari berbagai sumber, Customer Lifetime Value merupakan suatu metrik penting agar dapat mengukur pertumbuhan perusahaan. Selain itu, ada juga yang menyebutkan jika CLV adalah jumlah rata-rata uang yang dikeluarkan oleh customer untuk bisnis lo sepanjang hubungannya dengan bisnis lo sendiri.
Sederhananya, CLV ini merupakan prediksi atas nilai keseluruhan pendapatan yang bisa lo dapatkan dari para pelanggan.
So, CLV bakal membantu lo untuk mengetahui nilai finansial dari setiap customer serta pentingnya menjaga hubungan secara strategis dengan para pelanggan tersebut.
Please choose one of our links :