Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Artikel Superlive

Article Date : 12/02/2024

Article Category : News

Gunung Rinjani, sebuah megahnya lanskap alam yang berdiri kokoh di pulau Lombok, menyimpan sejumlah cerita mistis dan tradisi yang menarik. Sebagai salah satu gunung tertinggi di Indonesia, Rinjani bukan hanya destinasi pendakian yang menantang, tapi juga tempat yang sarat dengan mitos dan pantangan.

FYI, buat lo yang belum tahu, Gunung Rinjani, dengan ketinggian puncak mencapai 3.726 meter di atas permukaan laut, menjadi gunung tertinggi ketiga di Indonesia.

Terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, gunung ini juga merupakan salah satu gunung berapi aktif tertinggi di Indonesia. Salah satu daya tarik utama dari Gunung Rinjani adalah keberadaan danau kaldera yang terletak di puncaknya.

Gunung Rinjani juga termasuk dalam daftar Indonesia Seven Summits dan sering dikunjungi oleh pendaki baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Dibalik keindahannya ini, ternyata banyak menyimpan mitos dan cerita mistis yang beredar. Mitos ini beredar secara turun temurun dan dari mulut ke mulut. Mulai dari disebarkan oleh masyarakat setempat, hingga para pendaki. Apa saja mitos Gunung Rinjani?

  1. Mitologi Dewi Anjani yang Menyamar sebagai Gunung

Mitologi Dewi Anjani yang Menyamar sebagai Gunung menjadi salah satu cerita mistis yang melekat pada Gunung Rinjani di Pulau Lombok. Menurut legenda setempat, Dewi Anjani diyakini menjelma menjadi bentuk fisik gunung yang megah ini, dengan tujuan menjaga keseimbangan alam dan memberikan berkah kepada para pendaki yang berani menaklukkan puncaknya.

Dewi Anjani sendiri merupakan figur dewi yang dipercaya memiliki kekuatan dan kebijaksanaan yang luar biasa. Konon, ia memilih Gunung Rinjani sebagai tempat persembunyian atau wujudnya sebagai bentuk pengabdian untuk menjaga keharmonisan alam di sekitarnya. Mitos ini menjadi bagian dari kaya budaya lokal yang diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi di sekitar wilayah Gunung Rinjani.

Dalam cerita tersebut, Dewi Anjani bukan hanya sekadar batu atau bentuk geografis, tetapi suatu entitas yang hidup dan memiliki peran aktif dalam menjaga keamanan serta keindahan Gunung Rinjani. Para pendaki diyakini mendapatkan berkah dan perlindungan dari Dewi Anjani ketika mereka dengan penuh rasa hormat dan kesadaran mendaki gunung tersebut.

  1. Legenda Sembilan Desa di Puncak Rinjani

Mitos Gunung Rinjani yang ini berkisah tentang sembilan desa yang konon terdapat di puncaknya. Menurut cerita setempat, puncak tertinggi Gunung Rinjani, yang meliputi wilayah puncak dan kawah, diyakini menyimpan rahasia sembilan desa yang tidak terlihat oleh mata manusia biasa.

Sembilan Desa tersebut konon menjadi pusat kehidupan masyarakat yang tersembunyi dari pandangan dunia luar. Meskipun tidak terlihat oleh mata manusia, legenda ini menyebutkan bahwa masyarakat desa-desa tersebut hidup dalam keharmonisan dan kedamaian yang utuh di puncak Rinjani. Masyarakat ini diyakini menjalani kehidupan mereka dengan tata nilai dan norma yang tinggi, menjaga keseimbangan alam di sekitar mereka.

Sayangnya, akses ke Sembilan Desa ini sangat sulit untuk ditemukan dan dijangkau oleh pendaki atau manusia biasa. Beberapa penduduk setempat bahkan meyakini bahwa desa-desa ini hanya bisa ditemukan oleh orang-orang terpilih atau mereka yang mendapatkan anugerah khusus dari alam.

  1. Mitos Hantu Gunung Rinjani Lombok

Gunung Rinjani juga dikaitkan dengan berbagai cerita tentang keberadaan hantu dan makhluk halus. Beberapa pendaki melaporkan pengalaman melihat atau mendengar suara aneh yang dikaitkan dengan keberadaan hantu di sekitar gunung ini. Mitos ini menambah aura misteri dan menantang bagi para pendaki yang ingin menjelajahi keindahan Gunung Rinjani.

  1. Batu Batara Guru

Batu Batara Guru merupakan batu besar yang dipercaya sebagai saksi bisu keheningan malam di puncak Rinjani. Lokasinya sering dijadikan tempat berdoa dan merenung oleh para pendaki. Mitos ini menciptakan atmosfer magis yang memikat bagi mereka yang mencari kedamaian di ketinggian.

Batu ini juga sering dianggap sebagai tempat untuk berkomunikasi dengan roh halus atau entitas spiritual yang melingkupi Gunung Rinjani. Beberapa masyarakat setempat bahkan melakukan ritual atau upacara keagamaan di sekitar Batu Batara Guru sebagai bentuk penghormatan terhadap kehadiran spiritual yang diyakini mendiami gunung tersebut.

  1. Pantangan Mencuri Batu di Gunung Rinjani

Seiring dengan mitos-mitos yang memperkaya kisah Gunung Rinjani, terdapat juga pantangan yang harus dihindari oleh para pendaki. Salah satunya adalah pantangan mencuri batu di gunung ini. Diyakini bahwa mencuri batu dapat mendatangkan sial dan gangguan roh-roh halus yang berada di sekitar Rinjani.

  1. Pantangan Membunyikan Alat Musik

Salah satu pantangan Gunung Rinjani yang dihormati oleh pendaki adalah larangan membunyikan alat musik di sekitar gunung. Hal ini disebabkan kepercayaan bahwa suara musik dapat mengganggu keseimbangan alam dan mengganggu para dewa yang tinggal di gunung ini. Oleh karena itu, pendaki diharapkan untuk menjaga ketenangan dan kesakralan area sekitar.

  1. Mitos Air Suci di Danau Segara Anak

Danau Segara Anak, sebuah danau indah di puncak Gunung Rinjani, diyakini memiliki air suci yang dapat membersihkan diri dari energi negatif. Beberapa pendaki bahkan mencoba merendam tubuh mereka di danau ini sebagai bentuk ritual spiritual.

Mitos air suci ini menciptakan kepercayaan bahwa Danau Segara Anak bukan hanya sebagai objek wisata alam yang indah, tetapi juga sebagai tempat suci yang dihormati. Air danau ini diyakini memiliki kekuatan penyembuhan dan memberikan perlindungan kepada mereka yang dengan tulus mencari kehadirannya.

  1. Mitos Pohon Beringin di Puncak Rinjani

Di puncak Gunung Rinjani terdapat sebuah pohon beringin yang diyakini memiliki kekuatan mistis. Mitosnya, pendaki yang menyentuh atau berada di dekat pohon ini akan mendapatkan keberuntungan dan perlindungan selama pendakian mereka. Pohon beringin ini menjadi salah satu tujuan penting bagi para pendaki yang ingin mendapatkan energi positif.

  1. Pantangan Membangun Api di Puncak Rinjani

Salah satu pantangan yang dihormati secara ketat adalah larangan membangun api di puncak Gunung Rinjani. Hal ini disebabkan kepercayaan bahwa api dapat mengganggu kehidupan makhluk halus yang tinggal di sana. Pendaki diharapkan untuk menjaga kesucian dan kesejukan puncak gunung dengan tidak membuat api di area tersebut.

Demikianlah beberapa mitos dan pantangan yang terkait dengan Gunung Rinjani di Lombok. Gunung Rinjani bukan hanya destinasi pendakian yang menantang, tetapi juga memiliki latar belakang mitos dan kepercayaan yang memperkaya pengalaman pendakian.

Meskipun mitos dan pantangan ini tidak dapat diukur secara ilmiah, mereka memberikan nuansa magis dan keunikan tersendiri bagi para pendaki yang menjelajahi keajaiban alam Gunung Rinjani. Jadi, jika lo berencana untuk mendaki Gunung Rinjani, jangan lupa menghormati dan menghargai mitos dan pantangan yang ada, ya. Selamat menjelajahi keindahan Gunung Rinjani di Pulau Lombok!

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#rinjani

Source:Superadventure

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Wajib Dipatuhi! Ini Aturan Nggak Tertulis Soal Makan di Pesawat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Nggak Cuma Seru, Ini Manfaat Berjalan Menanjak saat Naik Gunung

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Istilah Slow Bar dan Fast Bar pada Coffee Shop, Apa Itu?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Ragam Kuliner Khas Palangkaraya, Ada Makanan Ekstrem Hingga Keripik Unik

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Jangan Sampai Salah! Ini Cara Tepat Pakai Trekking Pole saat Naik Gunung

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Remaja Jompo Wajib Tau! Ini Latihan untuk Cegah Sakit Lutut saat Turun Gunung

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Jangan Sampai Hilang! Ini Tips Simpan Paspor dan Tiket Pesawat dengan Aman

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tipe-tipe Orang saat Wild Camping, Lo yang Mana Nih?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Itinerary 3 Hari 2 Malam di Labuan Bajo dan Pulau Komodo, Let’s Go!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Pertama Kali Naik Pesawat? Simak Dulu Tips Ini, Superfriends!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /