Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Pilihan Jalur Pendakian Menuju Puncak Jaya atau Carstensz Pyramid

Author :

Article Date : 07/09/2020

Article Category : Extreme Action

Puncak Jaya merupakan puncak gunung tertinggi di Indonesia yang terletak di barisan Pegunungan Sudirman, Papua. Oleh dunia internasional puncak gunung ini mungkin lebih populer dengan sebutan Carstensz Pyramid karena pertama kali ditemukan oleh Jan Carstensz, seorang penjelajah Belanda sekitar tahun 1623.

Akan tetapi, karena memiliki medan pendakian yang sangat sulit, Puncak Jaya baru dapat didaki pada tahun 1962, dalam sebuah ekspedisi yang dipimpin oleh pendaki Austria, Heinrich Harrer. Yup, puncak gunung berselimut salju di wilayah tropis ini memang terkenal dengan rute dan jalur pendakiannya yang sangat extreme.

Jika lo ingin mencoba menjelajahi puncak gunung yang termasuk ke dalam daftar tujuh puncak gunung tertinggi di dunia ini, maka lo harus tahu beberapa jalur dan rute pendakian menuju Puncak Jaya atau Carstensz Pyramid berikut ini, bro!

[readalso url=22020]

Rute Perjalanan via PT Freeport Indonesia

Image source: guratankaki.com

Perjalanan menuju Carstensz melewati kawasan pertambangan PT Freeport Indonesia ini terbilang cepat dan hanya memakan waktu hitungan jam saja. Pertama-tama, lo bisa menuju ke Timika. Dari Timika, lo bisa lanjut dengan naik mobil selama dua jam ke Tembagapura, bro.

Setelah itu, naik trem menuju Grasberg dan dilanjutkan dengan naik mobil selama 20 menit menuju Bali Dump. Bali Dump ini merupakan batas akhir wilayah PT Freeport Indonesia, bro. Terakhir, lo harus jalan kaki selama kurang lebih dua jam dari Bali Dump agar bisa sampai di Basecamp Danau-Danau dan melanjutkan pendakian ke Puncak Jaya atau Carstensz Pyramid.

Namun, jalur disebut-sebut sangat berisiko bagi kesehatan. Pasalnya, ketinggian di Timika hanyalah beberapa ratus meter diatas permukaan laut, sedangkan basecamp Danau-Danau berada di ketinggian 4261 mdpl.

Perubahan ketinggian secara mendadak ini sangat berisiko memicu Acute Mountain Sickness atau yang akrab disebut AMS, bro. Oleh karena itu, sebaiknya lakukanlah aklimatisasi dengan melakukan perjalanan secara bertahap, bro.

Rute Perjalanan via Sugapa

Image source: radiohmsfakfak.com

Sugapa merupakan salah satu Kecamatan atau Distrik yang juga merupakan ibukota dari Kabupaten Intan Jaya. Distrik Sugapa sebenarnya memiliki potensi destinasi wisata tersendiri karena potensi keindahan alamnya.

Untuk mendaki Carstensz via Sugapa, lo harus menempuh perjalanan menuju Timika atau Nabire, bro. Baru kemudian dilanjutkan dengan menggunakan pesawat perintis menuju Bandara Bilogai di Kelurahan Bilogai, Distrik Sugapa. Pasalnya, belum ada jalur darat untuk menuju distrik tersebut, bro. Setelah itu, lo bisa memilih melanjutkan perjalanan melalui Ugimba atau Soagama.

Perjalanan menuju Ugimba dari Sugapa bukan hal yang mudah. Diperlukan waktu berjam-jam berjalan kaki naik-turun bukit serta menuruni lembah yang dilintasi Sungai Kemabu yang deras. Setelah sampai di New Zealand Pass, lo harus melanjutkan perjalanan kurang lebih setengah hari untuk mencapai Basecamp Danau-Danau dan melanjutkan pendakian ke Puncak Jaya atau Carstensz Pyramid.

Jika lo memilih jalur Soagama, maka dari Sugapa lo harus naik mobil atau motor dari Sugapa, bro. Setelah itu, lo harus berjalan kaki ke Desa Soagama di Distrik Hitadipa. Dari Soagama perjalanan dilanjutkan ke Camp Zambuga yang terletak di ketinggian 2181 mdpl. Kemudian, menuju ke Camp Inda Tsiga (3222 mdpl), Ebay Camp (3580 mdpl), Nasidome Camp (3726 mdpl), New Zealand Pass, dan akhirnya sampai di Basecamp Danau-Danau (4261 mdpl).

[readalso url=22188]

Rute Perjalanan via Ilaga

Selain via Sugapa di Kabupaten Intan Jaya, rute lain menuju Puncak Jaya atau Carstensz Pyramid yaitu melalui Ilaga di Kabupaten Puncak. Kabupaten Puncak ini merupakan hasil pemekaran Kabupaten Puncak Jaya dan terletak di sebelah timur Kabupaten Indah Jaya.

Agar bisa sampai kesana, lo harus menaiki pesawat kecil dari Timika atau Nabire ke Bandara Ilaga selama 25 menit. Jumlah penerbangan menuju Ilaga biasanya mencapai setidaknya 20 kali per hari, tergantung dengan kondisi cuaca dan ketersediaan armada, bro.

Dari Ilaga, lo bisa berjalan kaki melewati Desa Pinapa lalu menembus hutan untuk kemudian sampai di Danau Larson, Danau Biru, New Zealand Pass, lalu akhirnya sampai di Basecamp Danau-Danau. Persiapkan fisik dan daya tahan tubuh lo bro, sebab total perjalanan diperkirakan mencapai enam hari perjalanan dari Ilaga!

So, itulah beberapa jalur dan rute pendakian menuju Puncak Jaya atau Carstensz Pyramid. Berani ke sini, bro?

 

Referensi : https://penjelajah.com/opsi-rute-perjalanan-dan-jalur-pendakian-puncak-jaya-atau-carstensz-pyramid/

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Extreme #solo-traveling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Extreme Action

Tentang Highlining, Olahraga Ekstrem yang Menantang Maut

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Extreme Action

Tantangan Berat Gowes Sepeda dalam Kondisi Hujan

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Extreme Action

Atraksi Wisata Ekstrem yang Bisa Dilakukan di Wilayah Perairan

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Extreme Action

Tentang Zipline yang Populer di Kalangan Penggemar Olahraga Ekstrem

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Extreme Action

Profil dan Cerita Tentang Chris Sharma Legenda Pendakian

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Extreme Action

5 Makanan Paling Ekstrem di Dunia, Berani Coba?

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Extreme Action

Mengenal Bushcraft, Aktivitas Outdoor yang Beda dengan Survival

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Extreme Action

5 Jalur Pendakian Gunung Salak Favorit Pendaki Indonesia

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Extreme Action

Info Pendakian Gunung Merbabu via Suwanting, Pemula Wajib Tahu!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Extreme Action

Penyebab Pendaki Tersesat Saat Naik Gunung, Perhatikan!

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /