Superfriends, pernah nggak sih lo membeli barang tapi ternyata barangnya rusak dan nggak bisa dipakai saat lo terima. Tapi karena barangnya baru, lo nggak bisa langsung beli yang lain dong? Nggak usah bingung, karena selama barangnya ada garansi, penjual menjamin bahwa barang tersebut bisa ditukar. Nggak hanya bagi konsumen, garansi ini juga penting bagi produsen karena bisa meningkatkan kepercayaan para pembeli. Semakin baik pelayanan garansinya, semakin meningkat juga kepercayaan pelanggan. Yuk, pelajar dulu segalanya tentang garansi!
Apa Sih Garansi?
Image source: shutterstock.com/Montri Uaroon
Merujuk KBBI, garansi adalah sebuah jaminan atau tanggungan yang diterima oleh konsumen dari produsen, atas sebuah produk barang atau jasa yang dibeli oleh konsumen itu sendiri. Aturan pemberian garansi sendiri ada dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Pasal 7E tentang Perlindungan Konsumen, dimana isinya adalah salah satu kewajiban produsen adalah memberikan kesempatan kepada konsumen untuk menguji atau mencoba produk baik barang atau jasa tertentu.
Dalam hal ini, produsen wajib memberikan jaminan atas produk yang dijual kepada konsumen dalam bentuk garansi, dan memberikan batas waktu dalam pemberian jaminan tersebut. Jaminan ini diberikan dalam beragam bentuk, seperti potongan harga, atau barang itu sendiri. Tapi ternyata nggak semua barang ada garansinya ya Superfriends, karena biasanya barang atau jasa dengan garansi ini hanya dijual di gerai atau toko resminya, dan tentunya harganya pun berbeda dari toko yang bukan resmi.
Fungsi Garansi
Image source: shutterstock.com/Rawpixel
Bagi produsen atau pebisnis, ternyata garansi ini punya peran yang cukup penting loh, Superfriends baik terhadap konsumen maupun perusahaan. Bagi konsumen sendiri, pertama bisa meningkatkan kepercayaan mereka terhadap brand lo, karena sebagian orang lebih memilih membeli barang yang dilengkapi dengan garansi, dibanding dengan yang nggak. Karena dengan adanya garansi, ada kualitas produk yang dijaga oleh perusahaan dan itu menambah nilai lebih bagi perusahaan. Kedua, dengan adanya garansi, berarti perusahaan telah memberikan perlindungan terhadap produk apabila ada kerusakan, dan bisa mendapatkan pergantian produk.
Dan ternyata, garansi nggak hanya berguna bagi konsumen, tapi juga bagi perusahaan, yaitu yang pertama adalah sebagai bahan evaluasi. Ketika perusahaan memberikan garansi, berarti mereka memberikan jaminan atas kualitas produk tersebut. Kalau konsumen suatu waktu komplain, garansi tersebut bisa digunakan dan bagi perusahaan itu akan menjadi bahan evaluasi untuk membuat produk agar lebih baik lagi.
Yang kedua, garansi bisa menentukan standar produk yang selanjutnya akan dibuat. Dengan adanya garansi, perusahaan bisa menetapkan standar yang jelas yang akan menunjukkan apa aja yang konsumen akan dapatkan. Semakin berkualitas jaminan atau garansi yang diberikan, maka akan semakin menarik juga produk tersebut untuk pelanggan.
Wah, ternyata garansi punya banyak fungsi ya Superfriends! Kalau lo sendiri, udah menerapkan garansi belum dalam bisnis lo?
ARTICLE TERKINI
1
Memilih Striker Arsenal: Mending Mikel Merino Atau Balik Ke Viktor Gyokeres?
2
10 Stadion Terbesar di Indonesia, Udah Pernah Datang Langsung?
3
Motor Street Fighter 250cc: Pengertian, Jenis, dan Rekomendasinya
4
Panduan Gunung Batukaru: Lokasi, Jalurnya dan Harga Tiket
5
15 Rekomendasi Lagu Slow Rock Barat 80–90an Bikin Nostalgia
Article Category : News
Article Date : 22/03/2023
Source:https://store.sirclo.com/blog/garansi/
0 Comments
Other Related Article
1
/
4
Daftar dan Dapatkan Point Reward dari Superlive
Please choose one of our links :