Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

sepatu panjat tebing

Author : Admin Adventure

Article Date : 12/10/2021

Article Category : Places & Gears

Aktivitas panjat tebing yang terbilang ekstrem mengharuskan para pemanjat buat memerhatikan segala peralatan yang digunakan, termasuk sepatu panjat. Biasanya, jenis pemanjatan yang dilakukan bakal berpengaruh sama sepatu yang dibutuhkan.

Perlu diketahui, sepatu panjat berbeda dari sepatu outdoor jenis lainnya. Sepatu panjat sendiri bakal memungkinkan banyak kepekaan dan menempel pada permukaan tanpa tergelincir. Makanya, lo harus menggunakan sepatu panjat yang benar-benar sesuai dengan kaki serta lokasi melakukan aktivitas panjat tebing tersebut.

Sebelum lo memilih dan membeli sepatu panjat, ada beberapa hal yang mesti dipertimbangkan, Superfriends. Entah itu untuk panjat dalam ruangan, panjat olahraga, dan menangani rute tebing yang panjang di alam. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Seberapa Ketat Sepatu Panjat yang Pas?

Image source: shutterstock.com/juananbarros

Kalau lo masih pemanjat pemula, lo harus memilih sepatu yang pas dan nyaman. Sepatu yang nyaman adalah sepatu yang bisa lo pakai hampir sepanjang hari, dan lo bisa berjalan kaki dalam jarak pendek tanpa terpincang-pincang.

Namun kalau untuk pemanjat yang udah mahir, biasanya lebih menginginkan sepatu panjat yang lebih ketat dan memiliki kinerja bagus. Karena dengan sepatu yang lebih ketat ini, jari kaki lo mungkin bakal menekuk tapi harus tetap merasa nyaman.

Idealnya, para pemanjat bakal berpikir tentang seberapa tinggi yang bisa dicapai, bukan tentang seberapa menyakitkannya kaki dan jari kaki. Untuk itu, lo bisa melepas sepatu secara teratur sesaat setelah melakukan pemanjatan supaya jari-jari kaki meregang dan rileks.

Bentuk dan Konstruksi

Image source: shutterstock.com/Rubanov Vladimir

Kekakuan dan bentuk profil dari sepatu panjat pun bakal bervariasi, tergantung pada jenis panjat yang dimaksudkan. Misalnya, kalau lo melakukan pemanjatan di tebing alam tinggi dengan intensitas yang lama, lo bakal menginginkan sepatu yang tahan lama bukan sepatu yang menggunakan hooked-toe. Berikut ini beberapa rincian dari berbagai pilihan dalam memilih kekakuan dan profil sepatu:

1. Kekakuan

Kekakuan sepatu panjat emang bakal memengaruhi aktivitas memanjat itu sendiri. Sepatu dengan karet soft cenderung lebih sensitif, ini bagus buat penempatan kaki yang tepat pada batu/poin yang sulit atau merasakan retakan halus pada rute lempengan. Namun, sepatu yang lebih soft ini bakal lebih cepat terkikis. Cocoknya sepatu soft digunakan buat memanjat di tebing buatan atau kebanyakan dipakai buat berkompetisi.

Sedangkan sepatu panjat yang hard sangat bagus buat dipakai di tebing alam sepanjang hari. Karena karet yang lebih tebal pada sepatu ini bakal membuatnya jadi lebih tahan lama, namun bisa jadi jauh lebih sensitif daripada sepatu soft.

2. Bentuk profil

Bentuk profil sepatu panjat bakal membantu menentukan jenis medan yang cocok buat sepatu tertentu. Secara umum, bentuk profil sepatu panjat dipisahkan menjadi tiga kelompok:

Flat-lasted. Ini menjadi sepatu panjat yang paling nyaman dan nggak perlu terlalu pas. Sepatu bentuk flat-lasted nyaman dipakai sepanjang hari, dan biasa dipakai kebanyakan Gym panjat tebing sebagai sepatu rental mereka. Karena kenyamanannya, sepatu bentuk ini cocok dipakai sama pemanjat pemula.

Cambered-last. Sepatu ini dipakai untuk pemanjatan dengan kinerja yang sedikit lebih tinggi, jadi memungkinkan untuk mentransmisikan lebih banyak daya ke pijakan yang lebih kecil. Sepatu dengan bentuk melengkung ini harus terasa pas, dan dimaksudkan untuk digunakan pada celah yang curam, permukaan tebing yang rata, dan beberapa medan yang menggantung.

Hooked-toe. Untuk bentuk profil satu ini dirancang buat memanjat dengan kinerja tinggi pada permukaan vertikal atau medan yang miring. Ujung sepatu hooked-toe ini berbentuk seperti paruh, sehingga memungkinkan lo buat mendorong dan menarik pijakan terkecil dan terjal.

Nah, itu tadi beberapa pertimbangan yang mesti dilakukan sebelum memilih dan membeli sepatu panjat tebing. Udah siap mencoba aktivitas ekstrem ini, Superfriends?

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Extreme #Beginner #Wilderness #Hiking #Gear

Source:https://thinkclimbers.com/cara-memilih-sepatu-panjat-tebing/

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Places & Gears

Adventure ke Sulawesi Utara, Ini Deretan Destinasi Wisata yang Bisa Lo Explore

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Rekomendasi Tempat Bukber di Jakarta Pusat, Luas dan Nyaman!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Menantang Maut di Tiger Beach Bahama, Bisa Diving Bareng Sekelompok Hiu

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Hiking Santai di Bukit Trunyan Bali, Nikmati Pemandangan Sunrise dan Gunung Batur

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Mau War Takjil di Semarang? Ini Rekomendasi Tempat yang Bisa Lo Serbu

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Serunya Explore Pantai Paal, Spot Sunrise Terbaik di Sulawesi Utara

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Punya View Pantai! Ini Rekomendasi Restoran untuk Bukber di Jakarta Utara

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Adventure ke Blue Corner, Spot Diving Terbaik di Dunia yang Ada di Palau

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Mau Ngabuburit Sambil War Takjil di Surabaya? Ini Rekomendasi Tempatnya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Unik Banget! Ini Deretan Pantai Berpasir Pink yang Ada di Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /